-->

Type something and hit enter

Posted by On

MateriOlahraga akan membagikan artikel tentang MMA, mulai dari pengertiannya, sejarah MMA, teknik dasar, jenis, dan peralatan serta sarana yang digunakan.


MMA singkatan dari Mixed Martial Arts adalah seni beladiri modern yang teknik dan serangannya merupakan kombinasi dari seluruh elemen gerakan beladiri lain.


Jenis beladiri yang sering digunakan dalam MMA yakni Kickboxing, Muay Thai, Karate, Taekwondo, Judo, Jujitsu dan Wrestling.


Pengertian MMA 

semua tentang MMA


Kepanjangan MMA berasal dari bahasa Inggris yaitu Mixed Martial Arts


Apa itu MMA? 


MMA adalah olahraga beladiri campuran yang menggabungkan beberapa teknik seperti teknik memukul, menendang, membanting dan mengunci dari beberapa jenis bela diri yang ada.


Sejarah MMA


MMA sebagai olahraga modern berhubungan dengan sejarah kemunculan kompetisi beladiri, salah satunya adalah UFC.


MMA dipromosikan oleh kompetisi global bernama Ultimate Fighting Championship atau disingkat UFC pada tahun 1993, yang dikembangkan oleh Rorion Gracie, John Millius, dan Art Davie.


Kepanjangan UFC yaitu Ultimate Fighting Championship yang merupakan perusahaan promosi seni bela diri campuran Amerika (MMA) yang berpusat di Las Vegas, Nevada yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan induk William Morris Endeavour.


UFC memproduksi acara di seluruh dunia yang menampilkan 12 divisi berat (8 divisi pria dan 4 divisi wanita) dan mematuhi peraturan Unified of Mixed Martial Arts. Pada 2020, UFC telah mengadakan lebih dari 500 pertarungan.


Peserta diperbolehkan menggunakan seragam sesuai dengan disiplin bela diri yang didalaminya, bahkan juga diperbolehkan untuk menggunakan satu sarung tinju saja. 


Pertandingan akan diberhentikan apabila seorang lawan menyerah atau anggota petarung mengibarkan handuk untuk menghentikan pertarungan.


Seorang wasit akan hadir dalam pertarungan tetapi keikutsertaan sangat minim dan keselamatan petarung tidak terjamin. Tanpa adanya peraturan yang cukup, olahraga UFC dianggap sebagai ajang olahraga brutal yang sempat dilarang di banyak negara bagian Amerika Serikat.


Teknik Dasar MMA

kuncian MMA


Teknik MMA pada dasarnya memiliki 3 gerakan yang umum digunakan oleh para atlet (petarung).  Teknik tersebut merupakan teknik dasar sebagai serangan seperti pukulan, tendangan, dan bantingan. 


Berikut adalah penjelasan dari jenis-jenis teknik beladiri MMA:


1. Teknik Pukulan


Teknik ini merupakan teknik yang digunakan oleh sebagian besar seni bela diri terutama tinju maupun MMA. Dalam MMA, sarung tangan digunakan untuk melindungi atlet, fighter dari cedera. 


Penggunaan  teknik pukulan bervariasi dari berbagai jenis bela diri salah satunya yaitu Muay Thai dan Kickboxing. Ada berbagai jenis pukulan, dari berbagai gaya yang berbeda dan lebih spesifik yaitu Uppercut, Elbow dan Hook.


2. Teknik Tendangan


Teknik tendangan adalah serangan menggunakan kaki, biasanya bersamaan dengan area lutu atau lebih rendah menggunakan kaki, tumit, tulang kering, bola kaki, bilah kaki, jari kaki atau lutut.


Tendangan berperan penting dalam beladiri seperti MMA, Taekwondo, Muay Thai, Karate, Kung Fu, Capoeira, Kickboxing, dan juga Silat. Ada berbagai jenis tendangan yaitu push kick dan knee kick.


3. Teknik Bantingan


Teknik bantingan adalah bagian dari pertarungan berdiri di mana para petarung di dalam meraih, biasanya menggunakan grapple. Menempel lawan untuk menghindari dari beberapa tendangan, pukulan atau serangan jarak dekat lawan. 


Bantingan juga digunakan sebagai metode untuk berdiri ke pertarungan darat dengan menggunakan takedowns, throws, atau sweep.


Jenis-Jenis Beladiri di MMA

kickboxing


Berikut jenis-jenis beladiri yang biasanya ada di MMA:

  1. Muay Thai
  2. Boxing/Tinju
  3. Judo
  4. Brazillian Jiujitsu
  5. Wrestling/Gulat, dll.


Peralatan dan Sarana MMA


MMA sendiri memiliki peralatan dan sarana untuk kompetisi guna keselamatan dan aturan yang telah berlaku. Berikut adalah perlatan yang umum dan harus digunakan oleh petarung MMA:


Peralatan MMA


1. MMA gloves


Sarung tangan MMA merupakan bagian dari seragam inti tempur MMA. Sarung tangan MMA dirancang agar ringan dengan jari terbuka. Dirancang dengan grappling yang memungkinkan pemakaianya untuk memulai grapple atau pegangan. Menggunakan bahan sintetis dengan busa yang cukup tebal agar mengurangi tumpuan serangan.


2. Gum Shield


Karet pelindung mulut adalah salah satu alat yang wajib guna melindungi gigi karena cidera gigi adalah salah satu yang paling sering dilaporkan di dalam dunia olahraga, dan khususnya seperti MMA.


Alat ini adalah salah satu pencegahan terhadap kerusakan gigi dan juga rahang. Menggunakan bahan karet yang halus agar ramah terhadap gigi namun juga cukup kuat agar dapat menahan tumpuan dari serangan ke kepala.


3. Droin Protector


Pelindung kemaluan/alat vital merupakan bagian dari pengaturan pelindung yang penting karena pangkal paha dan juga sekitar alat vital adalah salah satu peraturan di MMA yang harus dijaga guna mengurangi resiko terserangnya alat vital.


4. MMA pants


Celana pendek MMA adalah celana pendek yang memilik kenyamanan, daya tahan, dan fleksibilitas yang diperlukan untuk berkembang dalam olahraga MMA.


Celana pendek tersebut biasanya juga digunakan selain dari MMA yakni seperti Muay Thai dan Kickboxing.


Sarana MMA


Sarana atau arena MMA adalah berbentuk Octagon atau segi 8, ada juga yang berbentuk persegi layaknya ring tinju. 


Pada ukuran area pada ring octagon MMA adalah berukuran 9 meter dengan tinggi 1,8 meter. Sedangkan ring persegi memiliki luas 7,3  meter di setiap sudutnya dan tali pembatas setinggi 1,3 meter.


Untuk amatir, pertandingan MMA biasanya menggunakan ring persegi, sedangkan untuk professional biasanya menggunakan Octagon.


***


Perbedaan MMA dan UFC, MMA adalah olahraga modern yang menggabungkan beberapa teknik bela diri. Sedangkan UFC adalah perusahaan promosi sena bela diri campuran Amerika (MMA).


Demikianlah artikel kali ini tentang MMA mulai dari pengertian, sejarah, teknik dasar MMA, jenis beladiri yang sering digunakan dan peralatan MMA serta sarana nya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Referensi:

Unikom Dony Sudrajat.

0 komentar

 
close