Type something and hit enter

Posted by On
Teknik dasar tinju beserta gambarnya - Cabang olahraga tinju adalah seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan satu atau tiga menit yang disebut ronde.

Kata tinju adalah terjemahan dari bahasa Inggris boxing atau pugilism. Kata pugilism berasal dari kata latin, pugilatus atau pinjaman dari kata Yunani Pugno, Pignis, Pugnare, yang menandakan sesuatu yang berbentuk kotak atau "box" dalam bahasa inggrisnya.

12 Teknik Dasar Tinju Beserta Gambarnya


Tinju manusia, kalau terkepal, berbentuk seperti kotak. Kata Yunani pugno berarti tangan terkepal menjadi tinju, siap untuk pugnos, berkelahi, bertinju.

Teknik dasar tinju terbagi dua yaitu sikap petinju dan teknik dasar pukulan tinju. Berikut penjelasannya.

Teknik Dasar Tinju dan Penjelasannya


a. Sikap


Sikap Petinju Tangan Kanan


Sikap ini berlaku untuk petinju yang menggunakan tangan kanan lebih dominan yang disebut orthodox. Petinju berdiri dengan kaki kanan setengah langkah di belakang kaki kiri.

Tinju kiri (lead) sekitar enam inci di depan wajah di tingkat mata. Tinju kanan (rear) diletakkan di samping dagu dan siku diposisikan di depan tulang rusuk untuk melindungi tubuh. Dagu diposisikan ke dada untuk menghindari pukulan ke arah rahang yang sering menyebabkan knockout. Menjaga posisi tangan seperti itu dianggap sangat penting dan cukup sulit selama pertandingan.

Sikap Petinju Kidal


Sedangkan petinju kidal menggunakan tangan kanan sebagai lead, dan tangan kiri sebagai rear. Sikap kidal dapat memberikan kesulitan bagi petinju ortodox yang tidak terbiasa mendapat jab, hook, atau straight dari sisi berlawanan. Sikap kidal, sebaliknya, lemah terhadap serangan straigh right (tangan kanan lurus).

b. Teknik Pukulan dalam Tinju


1. Jab

Teknik Pukulan Jab

Apa itu pukulan jab?

Jab adalah pukulan pembuka dalam olahraga/beladiri tinju.

Bagaimana pukulan jab itu? Pukulan jab itu berupa pukulan lurus ke depan, bisa mengarah ke badan atau muka lawan.

Pukulan jab, biasanya berfungsi untuk mengganggu konsenstrasi lawan atau sekedar pukulan pembuka dalam suatu serangan, walaupun demikian tidak jarang pukulan jab bisa terlontar keras dan memukul lawan hingga KO.

2. Straight

Teknik Pukulan Straight

Apa itu pukulan straight?

Straight adalah pukulan lurus dalam olahraga/beladiri tinju.

Biasanya, pukulan straight dilontarkan setelah pukulan jab, tetapi tidak selalu begitu, karena bisa saja dikombinasikan dengan pukulan lain, sesuai strategi dan kondisi di atas ring.

3. Hook

Teknik Pukulan Hook

Apa itu pukulan hook?

Hook dalam bahasa Inggris artinya kait. Dan memang posisi seperti itu dilakukan oleh seorang petinju dalam melontarkan sebuah pukulan hook.

Pukulan hook ini dapat dilontarkan dengan kedua tangan, pukulan ini sangat mematikan dalam olahraga tinju.

4. Uppercut

Teknik Pukulan Uppercut

Apa itu pukulan uppercut?

Uppercut adalah pukulan pendek dalam olahraga tinju, biasanya ini merupakan pukulan andalan untuk mengalahkan lawan dengan KO.

Pukulan ini dilontarkan dari bawah, posisi tangan dan siku petinju membentuk hurur "V" dengan membidik perut, ulu hati dan dagu lawan.

5. Cross

Teknik Pukulan Cross

Apa itu pukulan cross?

Cross bukan merupakan pukulan standar dalam tinju seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan ini adalah pukulan modifikasi.

Cross adalah gabungan antara pukulan straight dan upper cut, dengan menargetkan rahang atau perut lawan.

6. Long Hook


Apa itu pukulan long hook?

Long hook merupakan pukulan hook yang dilontarkan dari jarak jauh.

Pukulan ini juga bukan merupakan pukulan standar, melainkan pukulan modifikasi. Long hook adalah gabungan antara pukulan straight dan hook.

7. Rabbit Punch

Teknik Rabbit Punch

Apa itu pukulan rabbit punch?

Rabbit punch adalah salah satu pukulan dalam tinju yang sangat terlarang dan berbahaya bagi lawan.

Cara melakukan rabbit punch adalah dengan melontarkan dari arah atas ke arah bawah, terutama saat lawan sedang dalam posisi merunduk.

Pukulan ini dilarang karena mengincar ubun-ubun atau tengkuk lawan yang sangat berbahya.
Target utama pukulan ini adalah bagian kepala lawan, tetapi juga bisa perut. Tergantung situasi dan posisi sang petinju.

8. Bolo Punch

Teknik Bolo Punch

Apa itu bolo punch?

Bolo punch adalah sebuah pukulan berayun panjang dalam tinju. Namun, pukulan ini bukanlah trik sebab tindakan ini bisa dilihat dan tampak jelas oleh pandangan lawan.

Cara melakukan pukulan bolo punch adalah ketika melancarkan pukulan yang mengelabui lawan, pastikan mengeluarkan sedikit tenaga dan saat lawan berhasil dikecoh, kemudian keluarkan tenaga maksimal untuk mendaratkannya ke arah wajah lawan secara cepat.

9. The Haymaker

Teknik The Haymaker

Apa itu the haymaker?

Pukulan ini cocok digunakan untuk lawan yang sudah kehilangan tenaga yang cukup banyak. Ketika lawan menjadi lemah, pancinglah agar ia membalas memukul dan saat tangan lawan bersiap melakukan pukulan. Anda bisa dengan cepat memukul ke arah wajahnya secara cepat.

Pada teknik the haymaker ini, Anda perlu gerakan cepat karena saat lawan mencoba memukul, bagian wajahnya sedang tidak dilindungi oleh tangannya sehingga ini menjadi celah untuk Anda melancarkan pukulan dengan cepat.

10. Check Hook

Teknik Pukulan Check Hook

Apa itu pukulan check hook?

Pukulan ini merupakan alternatif jikalau merasa sulit untuk mencari titik lemah lawan, saat lawan memiliki pertahanan yang kuat, pukulan ini akan sangat membantu. Pukulan yang lurus adalah cara terbaik untuk dilakukan sebagai cara mengelabuinya.

Sebelum melakukan pukulan ini, terlebih dahulu kelabui lawan dengan pukulan lurus secara terus menerus. Inilah titik lemah lawan dan Anda bisa mengambil kesempatan dengan melancarkan serangan dari bawah mengarah pada wajah lawan yang tak sempat ia lindungi.

11. Jab and Grab

Teknik Pukulan Jab and Grab

Apa itu jab and grab?

Jab and grab dalam tinju memiliki arti menusuk dan mengambil, yang mana tujuannya adalah gerakan campuran antara melakukan penyerangan dan bertahan disaat yang bersamaan.

Demikianlah artikel tentang teknik dasar tinju. Semoga apa yang kami (Tim Materi Olahraga) sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar