Type something and hit enter

Posted by On
Pada uraian berikut, kamu akan mempelajari macam-macam gaya renang dan penjelasan cara melakukannya yaitu: jenis-jenis gaya renang yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu bagi kamu yang akan belajar renang.

Ternyata dalam perkembangannya, macam-macam gaya dalam renang yang sebaiknya dipelajari lebih dahulu berubah dari masa ke masa. Pernah dalam suatu masa, bahwa untuk belajar renang sebaiknya dimulai dari belajar renang gaya dada dahulu.

Hal ini sesuai dengan pandangan Thevenot bangsa Perancis dalam bukunya Seni Berenang atau TheArt Swimming. Dia menjelaskan dan menggambarkan gaya renang yang dimaksud adalah semacam gaya dada. Gaya renang tersebut dia katakan tidak menganggu pandangan. Karena mulut dan hidung di atas permukaan air, sehingga dapat bernafas bebas.

Berikut macam-macam gaya renang beserta gambarnya yang akan kita bahas adalah sebagai berikut:
  1. Gaya Renang Bebas (crawl)
  2. Gaya Renang Punggung (back crawl)
  3. Gaya Renang Dada (breaststroke)
  4. Gaya Renang Kupu-Kupu (dolphin
  5. Gaya Renang Samping
  6. Gaya Renang Anjing 

Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya beserta Gambarnya


1. Gaya Renang Bebas

Gambar Renang Gaya Bebas
Gambar Renang Gaya Bebas

Gaya renang bebas disebut juga dengan renang free style diambil dari gaya berenang seekor binatang. Oleh karena itu gaya ini juga disebut gaya crawl, yang berarti merangkak, nama lain gaya ini adalah "renang anjing" (dog style) dan "renang rimau" (harimau).

Cara melakukan renang gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara itu kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

Dibandingkan gaya renang lainnya, gaya bebas ini merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di dalam air.

Baca selengkapnya: semua hal tentang Renang Gaya Bebas

2. Gaya Renang Punggung

Gambar Renang Gaya Punggung
Gambar Renang Gaya Punggung

Gaya renang punggung adalah gaya favorit bagi para perenang pertandingan maupun rekreasi. Renang gaya ini disebut juga dengan back crawl.

Teknik dasar cara melakukan renang gaya punggung adalah gaya renang di mana bagian wajah dan mulut untuk kita bernafas berada di atas permukaan air. Posisi tubuh telentang; dataran punggung mengapung lebih luas, pengambilan nafas bukan masalah, karena muka menghadap ke atas; sehingga pengambilan nafas lebih leluasa.

Baca selengkapnya: semua hal tentang Renang Gaya Punggung

3. Gaya Renang Dada

Gambar Renang Gaya Dada
Gambar Renang Gaya Dada

Gaya renang dada disebut juga dengan renang gaya katak, hal ini disebabkan karena kesamaan pada gerakan tungkainya.

Gerakan tungkai renang gaya dada adalah membentangkan tungkai kebelakang sama dengan gerakan kaki katak pada saat berenang, yang membedakannya adalah pada kaki katak yang digunakan untuk mendorong air kebelakang hanya menggunakan telapak kaki sedangkan pada renang gaya dada selain telapak kaki juga kaki bagian atas.

Cara melakukan gaya renang dada adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.

Baca selengkapnya: semua hal tentang Renang Gaya Dada

4. Gaya Renang Kupu-Kupu


Gambar Renang Gaya Kupu-Kupu
Gambar Renang Gaya Kupu-Kupu

Gaya renang kupu-kupu disebut juga gaya dolphin kick atau The Dolphin Butterfly Stroke. Gaya ini menggunakan gerakan tungkai menirukan lecutan ekor ikan lumba-lumba.

Cara melakukan gaya renang kupu-kupu yaitu kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan.

Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor lumba-lumba.

Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Baca selengkapnya: semua hal tentang Renang Gaya Kupu-Kupu

5. Gaya Renang Samping

Gambar Renang Gaya Samping
Gambar Renang Gaya Samping

Gaya renang samping kurang begitu dikenal karena gaya renang ini tidak termasuk yang dijadikan kompetisi atau lomba.

Renang gaya samping merupakan gaya renang dengan mengguakan bagian sisi samping dari tubuh.

Cara melakukan renang gaya samping dengan melakukan gerakan menyampingkan tubuh di permukaan air dengan cara mengayunkan tangan di antara tangan kanan ataupun tangan kiri dan melakukan dorongan seperti halnya meloncat yang dapat mengatur nafas jika terjadi kelelahan dalam berenang.

6. Gaya Renang Anjing

Gambar Renang Gaya Anjing
Gambar Renang Gaya Anjing

Gaya renang anjing adalah gaya renang dengan melakukan gerakan menendangkan kedua kaki ke dalam air seperti halnya anjing yang sedang berenang dan posisi tangna mengayuh ke dalam air melakukannya secara bergantian.

Itulah tadi beberapa jenis macam gaya renang dan fungsinya yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Demikianlah artikel tentang macam-macam gaya renang dan tekniknya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar