-->

Type something and hit enter

Posted by On
Kamu akan mempelajari segala hal tentang bela diri Muay Thai, mulai dari pengertiannya, teknik dasar muay thai, peraturan, peralatan, perlengkapan serta manfaat yang akan kamu dapatkan jika mempraktekkannya.

Pengertian Muay thai merupakan bela diri yang sangat terkenal di seluruh dunia dan bahkan di Indonesia sudah banyak peminat bela diri ini. Muay thai berasal dari negara Thailand dengan Muay berarti tinju bela diri dan thai adalah suku thai dari thailand. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai seni beladiri muay thai.

Muay Thai

Pengertian Muay Thai


Pertama-tama kita harus mengetahui apa itu muay thai. Muay thai adalah salah satu cabang olahraga bela diri berasal dari Thailand yang mengandalkan tendangan, lutut, siku, serta pukulan yang kuat dengan tujuan untuk menjatuhkan lawan.

Sejarah Muay Thai


Asal muasal muay thai berawal dari abad ke – 12 M, tepatnya di kerajaan thai. Pada saat itu, adanya peperangan yang menyebabkan kerajaan thai kekurangan senjata. Lalu para prajurit berinisiatif untuk mempelajari bela diri muay boran.

Kemudian, bela diri yang tadinya bernama muay boran, diganti menjadi muay thai. Gerakan – gerakannya pun sedikit berubah. Muay thai dulu dipakai untuk berperang serta hal kekerasan lainnya. Tapi seiring perkembangan zaman, muay thai dijadikan sebagai media hiburan dan olahraga. Olahraga ini pun sering dipertontonkan di kerajaan thailand.

Bagaimana muay thai bisa berkembang hingga ke seluruh dunia? Pada saat perang dunia II, pasukan Thailand banyak dikirim untuk berperang ke luar negri, disana mereka berbaur dengan negara – negara lain dari Eropa. Para prajurit dari Eropa melihat bela diri yang dilakukan prajurit Thailand dan merekapun tertarik ingin mempelajarinya.

Seiring berjalannya waktu, muay thai semakin berkembang hingga ke seluruh dunia hingga dibentuknya IFMA (International Federation of Muaythai Amateur) pada tahun 1993 yang bermarkas di Bangkok, Thailand. Tujuan dibentuknya organisasi ini karena untuk mengatur seluruh masalah tentang muay thai di dunia.

Teknik Dasar Muay Thai


Kamu juga harus mempelajari beberapa teknik dasar muay thai ini.

1. Teknik Memukul


Memukul adalah teknik yang biasa bagi seluruh bela diri. Begitu juga dengan muay thai, ada 4 teknik memukul dalam bela diri ini.
  • Jab, teknik memukul dengan cara meninju secara lurus ke daerah wajah atau bagian tubuh lainnya.
  • Hook, teknik ini dilakukan dengan cara meninju daerah wajah atau bagian tubuh bagian samping lawan.
  • Strike, Teknik ini sebenarnya mirip dengan jab, tapi pukulan yang dihasilkan lebih bertenaga. Pukulan ini dilakukan dengan cara melancarkan tinjuan secara lurus setelah melakukan hook.
  • Upper cut, berbeda dengan jab, hook, dan strike. Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan tinjuan dari bawah ke atas dengan sasaran dagu.

2. Teknik Memiting


Apa itu teknik memiting? Dalam olahraga Muay Thai, gerakan mengunci dilakukan dengan cara memiting sebagai upaya menjatuhkan kepala lawan sebelum melemparkannya.

Cara melakukan teknik memiting adalah dengan memegang badan lawan, dan leher serta kepalanya. Setelah lawan tak lagi seimbang, barulah serangan dapat dilancarkan dengan berbagai variasi.

3. Teknik Menendang


Ada beberapa teknik - teknik menendang dalam muay thai yang harus anda ketahui, yaitu.
  • High kick, adalah teknik menendang yang digunakan untuk menyerang daerah kepala lawan.
  • Low kick, adalah teknik menendang yang dilakukan untuk menyerang daerah pinggang ke bawah.
  • Middle kick, adalah teknik menendang yang dilakukan untuk menyerang daerah pinggang ke atas.
  • Push kick, adalah teknik menendang yang dilakukan untuk menjatuhkan lawan serta mengambil jarak.

4. Teknik Mendengkul


Selain teknik menendang dan memukul, muay thai juga memiliki teknik mendengkul yang harus anda ketahui.
  • Hook knee, teknik ini dilakukan dengan cara mendengkul daerah tubuh bagian samping lawan.
  • Upper cut knee, teknik ini dilakukan dengan cara mendengkul lawan dengan mengambil ancang – ancang dari bawah ke atas dengan dagu sebagai target.
  • Circle knee,  teknik ini dilakukan dengan cara memutar anggota tubuh dan tenaga dipusatkan pada area lutut atau dengkul. Selanjutnya lakukan serangan pada tubuh bagian samping. Target serangan yang diperbolehkan adalah rusuk serta kaki musuh bagian paha.

5. Teknik Menyikut


Teknik terakhir dari muay thai dan tidak kalah penting dari yang lain adalah teknik menyikut. Ada 4 teknik menyikut dalam muay thai, yaitu.
  • Sikutan vertikal, adalah teknik yang dilakukan dengan cara menyikut dari atas ke bawah.
  • Sikutan horizontal, adalah teknik yang dilakukan dengan cara menyikut dari samping.
  • Flying smashing elbow, adalah teknik yang dilakukan dengan cara melakukan lompatan terlebih dahulu sebelum menyikut.
  • Upper cut elbow, adalah teknik yang dilakukan dengan cara menyikut dari bawah ke atas.
  • Smashing elbow, adalah teknik yang dilakukan dengan cara melakukan sikutan dari atas ke bawah.

6. Teknik Dorongan Kaki


Selain menggunakan tangan, dalam seni beladiri Muay Thai juga sangat diperlukan dorongan kaki atau jab kaki dan ini merupakan salah satu teknik yang sering digunakan untuk bertahan dari serangan lawan.

Dalam setiap beladiri, ada namanya defensif, dan dalam Muay Thai teknik inilah yang dipakai demi dapat mengontrol jarak dengan musuh maupun melakukan tangkisan.

Saat ingin melakukan dorongan kaki, harus dilakukan dengan cepat tetapi tidak boleh berlebihan. Tujuannya membuat lawan kehilangan keseimbangannya. Apabila lawan sudah kehilangan keseimbangan, maka ia akan mudah terjatuh.

7. Teknik Block


Teknik ini juga harus dipelajari, karena teknik ini bertujuan untuk menangkis serangan tendangan lawan yang biasanya diarahkan ke bagian rusuk. Teknik ini juga membantu kita melindungi bagian rahang, saat lawan menyerang bagian itu.

Block biasanya dilakukan dengan kaki, tangan dan ada juga istilah block out yang seluruhnya dapat dilatih demi gerakan muay thai yang sempurna.

Peraturan Muay Thai


Adapun peraturan-peraturan olahraga muay thai adalah sebagai berikut.
  • Jika dalam sebuah ronde pada pertandingan dinilai seimbang, kedua petarung akan memperoleh nilai 10.
  • Jika dalam sebuah ronde pada pertandingan dimenangkan seseorang dengan tipis, petarung akan memperoleh nilai 10 : 9.
  • Jika dalam sebuah ronde pada pertandingan dimenangkan seseorang secara telak, petarung akan memperoleh nilai 10 : 8.
  • Jika dalam sebuah ronde pada pertandingan dimenangkan seseorang dengan tipis, dan mendapat penghitungan oleh wasit, petarung akan memperoleh nilai 10 : 8.
  • Jika dalam sebuah ronde pada pertandingan dimenangkan seseorang secara telak, dan mendapat penghitungan oleh wasit, petarung akan memperoleh nilai 10 : 7.
  • Jika dalam sebuah ronde pada pertandingan seseorang mendapatkan dua kali penghitungan wasit, petarung akan memperoleh nilai 10 : 7.

Peralatan dan Perlengkapan Tarung Muay Thai


Berikut ini beberapa perlengkapan dan peralatan latihan Muay Thai. Pertama kita mulai dengan apa saja perlengkapan dalam muay thai.
  1. Gloves (sarung tinju)
  2. Mouth guard (pelindung gigi)
  3. shorts (celana)
  4. Handswrap (pembalut tangan)

Sedangkan peralatan latihannya:
  1. Heavy bags (samsak)
  2. Head guard (pelindung kepala)
  3. Shin guard (pelindung kaki)
  4. Muay Thai pads (pad tendangan)
  5. Belly pads (pad tendangan perut)
  6. Low kicks pad (pad untuk tendangan sapuan)
  7. Muay Thai jump rope (lompat tali untuk Muay Thai)

Manfaat Muay Thai


Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan seni beladiri muay thai ini.

1. Membakar lemak


Selain menjadi bela diri, muay thai adalah olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan melakukan latihan secara rutin dengan giat.

2. Menambah stamina


Bela diri muay thai memerlukan tendangan, pukulan, sikut, serta dengkulan untuk menjatuhkan lawan. Dengan melakukan latihan seperti itu secara rutin, akan meningkatkan massa otot dan menambah stamina.

3. Membuat kulit lebih cerah dan sehat


Jika anda ingin mengeluarkan keringat, muay thai sangat cocok untuk itu. Karena teknik – teknik yang dipelajari akan mengeluarkan banyak tenaga yang menyebabkan keluarnya keringat dalam jumlah besar. Keringat akan keluar bersama dengan racun dalam tubuh yang akan melancarkan metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme pada tubuh, akan membuat kulit anda semakin sehat dan tampah cerah.

4. Menguatkan tulang


Sebenarnya, banyak tulang – tulang kita yang sangat sensitif jika terkena benturan yang keras, tetapi anda bisa memperkuatnya dengan melakukan latihan muay thai secara rutin. 

5. Terhindar dari penyakit berbahaya


Muay thai diyakini bisa menekan kolestrol jahat dan menekan darah tinggi jika dilakukan dengan latihan rutin setiap hari.


Baca juga: Seni Bela Diri Judo

Demikianlah artikel hari ini ini tentang seni beladiri muay thai meliputi pengertiannya, sejarah muay thai, teknik dasarnya, peraturan beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi anda.Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close