Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes Bagian Bela Diri - Artikel kali ini membahas tentang Kung Fu. Meliputi: pengertian, sejarah, teknik, dan manfaat.

Siapa yang tidak mengenal kung fu? salah satu seni bela diri yang sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Kung fu mulai dikenal di Indonesia sejak munculnya film yang dibintangi sebuah aktor terkenal yang hebat dalam hal kung fu. Dia bernama Bruce Lee. Ingin tahu lebih detailnya mengenai kung fu? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Kung Fu [LENGKAP]: Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat


Pengertian Kung Fu

International Kung Fu Federation
Kung fu adalah bela diri yang berasal dari negara Tirai Bambu, yaitu China. Sebenarnya, kung fu bukan hanya berarti sebagai suatu bela diri semata. Namun bisa juga diartikan dengan seseorang yang mempunyai keahlian khusus dalam suatu bidang, contohnya seperti seorang chef terkenal. Chef itu dianggap mempunyai kung fu yang hebat.

Jika di atas merupakan penjelasan kung fu secara luas, beda halnya dengan arti secara umum. Berikut pengertian kung fu secara umum.
Kung fu adalah salah satu cabang olahraga bela diri menggunakan tangan kosong ataupun senjata berupa tongkat, pedang, dan sebagainya dengan tujuan untuk mempertahankan diri, menyerang, dan juga sebagai ajang pertunjukan.

Sejarah Kung Fu

Sejarah Kung Fu
Bodhi Dharma, adalah tokoh utama dari terbentuknya seni bela diri kung fu. Dia adalah seorang pendeta beragama budha yang berasal dari Tianzhu atau sekarang disebut dengan India. Bodhi Dharma pergi berkelana ke beberapa negara dan sampai lah dia di China, tepatnya di kuil Siauw Liem sekitar tahun 500 M. Beliau kemudian menetap di kuil itu dan mengajarkan agama budha kepada para bhiksu.

Pada suatu ketika, Bodhi Dharma melihat bhiksu – bhiksu di kuil tersebut lemas dan merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. Bodhi Dharma mempunyai ide untuk membuat para bhiksu terlihat bugar dan semangat, yaitu dengan melakukan dan mengajarkan kepada mereka senam asal India yang disebut dengan 18 jurus senam penyehat tubuh.

Akhirnya, dengan semakin bertambahnya umur, Bhodi Dharma kemudian meninggal. Lalu 18 jurus senam penyehat tubuh sudah jarang dilakukan bahkan hampir tidak pernah sama sekali. Tidak lama setelah itu, datang seorang bhiksu ahli bela diri yang masih sangat muda tinggal di kuil Siauw Liem. Dia menggabungkan dan mengembangkan 18 jurus senam penyehat tubuh dengan bela diri miliknya yang bertambah menjadi 72 jurus, hingga tersebutlah nama Shaolin Kung fu.

Seiring berjalannya waktu, shaolin kung fu semakin berkembang dan populer di China. Para ahli shaolin kungfu mulai mempraktekkan bela diri tersebut sampai dibuatlah tempat – tempat khusus untuk latihan. Kung fu semakin berkembang hingga di seluruh dunia, sampai dibentuknya IKF (International Kung Fu Federation) pada tahun 2003.

Teknik Dasar Kung Fu


1. Jet Kune Do

Jet Kune Do
Jika anda pernah menonton bruce lee, dia sering menggunakan teknik kung fu ini. Dalam film – filmnya, bruce dapat mengalahkan lawannya dengan sangat mudah dengan menggunakan teknik – teknik bela diri nya, salah satunya jet kune do.

2. Tendangan Tanpa Bayang

Tendangan Tanpa Bayang
Teknik ini tidak asing lagi bagi anda jika pernah menonton film once upon a time. Film tersebut dibintangi oleh seorang aktor terkenal yang ahli dalam bela diri kung fu. Tendangan tanpa bayang adalah teknik andalannya yang dapat mengalahkan lawan dengan waktu singkat.

3. Jurus Mabuk

Jurus Mabuk
Jurus mabuk adalah teknik yang sangat fenomenal pada tahun 90-an. Karena pada saat itu jackie chan memperkenalkan teknik ini dalam film yang ia bintangi.

4. Tapak Budha

Tapak Budha
Ada yang tahu film kung fu hustle? Ya, film yang satu ini memang sangat terkenal di dunia. Stephen Chow, adalah pemeran utama dalam film laga tersebut. Dia menggunakan teknik tapak budha pada film tersebut dan alhasil, teknik tersebut kemudian menjadi sangat terkenal hingga seluruh dunia per kung fuan.

5. Wing Chun

Wing Chun
Ip Man atau nama aslinya adalah Donnie Yen, adalah aktor terkenal asal negara Tirai Bambu, tepatnya adalah China. Teknik Wing Chun ini dipopulerkan olehnya dalam debut filmnya yaitu Ip Man.

Manfaat Kung Fu


1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Meningkatkan Kekuatan Otot
Banyak manfaat yang anda dapat jika berlatih bela diri ini. Dalam berlatih kung fu, latihan – latihan yang dilakukan cukup berat. Dengan berlatih kung fu secara rutin, dapat meningkatkan kekuatan otot terutama otot tangan dan kaki.

2. Menambah Tingkat Fokus

Menambah Tingkat Fokus
Pada saat melakukan latihan kung fu, anda diharuskan untuk lebih fokus dalam menghadapi lawan. Itu akan sangat membantu dalam kehidupan sehari – hari,jika tingkat fokus anda tinggi, akan lebih mempermudah dalam melakukan suatu pekerjaan.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Bela diri kung fu, membuat anda bergerak terus menerus dan membuat anda mengeluarkan banyak keringat yang akan membakar lemak. Dengan terbakarnya lemak dalam tubuh, akan menurunkan berat badan anda secara cepat.

4. Menjadi Lebih Fleksibel

Menjadi Lebih Fleksibel
Percaya atau tidak, dalam melakukan teknik – teknik dalam kung fu, akan membuat tubuh anda menjadi lebih lentur. Dengan tubuh yang lentur, akan mengurangi resiko cedera dalam melakukan pekerjaan berat.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Jika anda mempelajari ilmu bela diri kung fu, akan bisa menambah rasa percaya diri, Kenapa? Karena mental anda akan bertambah dan tidak akan takut dengan siapapun kecuali dengan tuhan yang maha esa.

Baca juga: Muay Thai [LENGKAP]: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat


Demikianlah artikel hari ini tentang Kung Fu [LENGKAP]: Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang. Kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://www.duniaku.net/2018/05/29/beli-diamond-mobile-legends-murah/
https://www.boombastis.com/belajar-kung-fu/48841
https://id.wikipedia.org/wiki/Kungfu
http://sejarahilmubeladirikungfu.blogspot.com/2011/10/asal-mula-kung-fu.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR