Type something and hit enter

Posted by On
10 macam jenis permainan bola kecil - Sebelumnya kita telah mempelajari macam-macam permainan bola besar. Tahukah kalian apa itu permainan bola kecil? Olahraga bola kecil adalah jenis permainan yang memainkan bola atau benda tertentu yang umumnya dengan bantuan alat.

Macam-macam permainan bola kecil ada 10 jenis, yaitu tenis meja, tenis lapangan, golf,  baseball, softball, bola kasti, kriket, billiar, sepak takraw, bulu tangkis.

Berikut merupakan macam jenis olahraga bola kecil dan gambarnya.

Macam-Macam Permainan Bola Kecil

Macam Jenis Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

1. Tenis Meja


Tenis meja adalah salah satu cabang olahraga dalam permainan bola kecil yang dilakukan di atas meja. Bola dipukul dengan raket yang disebut bet.

Penemu olahraga tenis meja adalah E.C Goode. Pada tanggal 15 Januari 1925 dibentuk organisasi tenis meja Internasional atau International Table Tenis Federation (ITTF) untuk mengatur segala masalah tentang tenis meja di dunia.

Sedangkan di Indonesia, organisasi tenis meja didirikan pada tahun 1939 dengan nama Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI). Kemudian pada tahun 1958, PPPSI diganti menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).

Ada 5 teknik dasar tenis meja yaitu teknik memegang bet, posisi tubuh, posisi kaki, teknik pukulan tenis meja, dan teknik servis.

Ukuran lapangan tenis meja terbuat dari kayu keras yang dapat memantulkan bola dan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 2,74 m dan lebar 1,52 m.

Bola harus berbentuk bulat dan terbuat dari bahan seluloid putih dengan berat 24,0 - 25,3 gram dan diameternya 37,2 - 38,2 mm.

Satu set pertandingan dalam tenis meja berakhir apabila salah satu pemain telah mencapai 11 poin, baik tunggal maupun ganda.

Baca selengkapnya: Tenis Meja: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran & Manfaat

2. Tenis Lapangan


Tenis lapangan adalah olahraga yang menggunakan raket untuk memukul bola, sehingga bola memantul ke lapangan. Tujuan permainan ini adalah memukul bola dengan raket sehingga lawan tidak dapat mengembalikan bola dan untuk mempertahankan daerah sendiri dari serangan lawan untuk memenangkan pertandingan.

Olimpiade pertama olahraga tenis lapangan diselenggarakan pada tahun 1986. Dengan perkembangan tenis yang begitu pesat, dibentuklah ITF (International Tennis Federation).

Teknik dasar tenis lapangan ada 3 yaitu teknik memegang raket, teknik servis, dan teknik pukulan.

ITF menetapkan ukuran standar lapangan tenis internasional yaitu panjang lapangan tenis 23,77 meter dan lebar untuk permainan tunggal 8,2 meter sedangkan untuk permainan ganda 10,97 meter.

Baca selengkapnya: Tenis Lapangan - Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasar

3. Golf


Golf adalah salah satu macam permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Pada tahun 1958 dibentuklah International Golf Federation (IGF) untuk mengatur seluruh masalah golf di dunia.

Ada 3 teknik dasar golf yaitu teknik memegang, mengayun dan memukul. Sedangkan perlengkapan dan peraturan golf ada 12 yaitu tas, stick golf, bolanya, tee, sarung tangan, shaft, sepatu, topi, pakaian, kaus kaki, sunblock, dan celana golf.

Baca selengkapnya: Golf - Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat

4. Baseball


Baseball atau disebut juga bisbol adalah salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang terdiri dari 2 regu yang saling berlawanan, dengan setiap regu beranggotakan 9 pemain.

Tujuan olahraga baseball adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi batting (pemukul bola) agar memperoleh angka supaya dapat memenangkan pertandingan.

Pada tahun 1938 dibentuklah International Baseball Federation (IBAF) dengan tujuan untuk mengatur seluruh permasalahan mengenai bisbol di seluruh dunia.

Adapun teknik dasar bisbol ada 4 yaitu teknik melempar bola, memegang stik, memukul bola, dan teknik menangkap bola.

Ukuran lapangan permainan baseball profesional berukuran kira-kira 0,8 hektar. Di salah satu ujung lapangan dibentuk belah ketupat.

Bentuk lapangannya hampir mirip dengan lapangan softball, akan tetapi perbedaan terletak pada jaraknya. Lapangan bisbol mempunyai jarak dari home base dan pitcher plate sepanjang 18,45 meter. Jarak tiap-tiap base adalah 27,45 meter dan pitcher plate berukuran 60 x 15 centimeter.

Kayu pemukulnya berukuran panjang 1,06 meter, penampang bergaris tengah 7 cm, pembungkus pegangan 46 cm. Dan ukuran bola baseball memiliki berat 145 gram dan keliling 23 cm.

Lama permainan baseball berlangsung selama (dalam) 9 inning.

Baca selengkapnya: Baseball - Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

5. Softball


Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu baseball, hanya saja memiliki ukuran bola lebih besar berdiameter 28-30,5 cm dan tidak terlalu keras.

Softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing sebanyak 7 kali. Pergantian dilakukan apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dan regu penyerang sebanyak 3 orang.

Permainan ini diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di Amerika Serikat dan pertama kali dimainkan di Chicago.

Dengan berkembangnya permainan ini di berbagai tempat, maka diperlukan peraturan-peraturan. Maka dibentuklah Federasi Softball Internasional (ISF).

Adapun teknik dasar softball ada 7 yaitu teknik memegang bola, melempar bola, menangkap bola, memegang alat pukul (bat), teknik memukul softball, teknik berlari ke base atau antar base dan teknik meluncur atau sliding.

Baca selengkapnya: Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan

6. Bola Kasti


Permainan bola kasti adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 12 orang. Permainan kasti termasuk dalam permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga.

Teknik dasar bola kasti ada 5 yaitu teknik memegang bola, teknik melempar bola, menangkap bola, memukul bola, dan teknik berlari.

Ukuran lapangan kasti yang terbesar adalah 30 x 60 m, dengan ruang pemukul dan ruang bebas 30 x 65 m. Sedangkan ukuran terkecil 30 x 45 m, dengan ruang pemukul dan ruang bebas 30 x 50 m. Tinggi tiang bendera sekurang-kurangnya 1,50 m dari tanah.

Selain menggunakan lapangan, peralatan dalam bermain bola kasti juga diperlukan agar proses dalam permainan bola kasti dapat berjalan baik. Peralatan yang digunakan adalah:
  • Bola kecil dengan keliling 20 cm dan berat 60 - 70 gram.
  • Tiang hinggap tinggi 150 cm di atas tanah.
  • Tongkat pemukul, bergaris tengah 5 cm dan panjang 50 - 60 cm.
  • Patok tali, dan
  • Nomor dada berukuran 25 x 25 cm, berwarna putih.

Lama pertandingan bola kasti sekurang-kurangnya 2 x 20 menit dan selama-lamanya 30 menit, tidak terhitung waktu istirahat 10 menit.

Baca selengkapnya:  Permainan Bola Kasti: Pengertian, Teknik, Peraturan, Peralatan, Ukuran Lapangan Kasti

7. Kriket


Kriket atau cricket adalah permainan yang menggunakan alat pemukul kayu dan bola. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak run (angka) dibandingkan tim lainnya. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim. Lamanya permainan kriket tidak dibatasi oleh waktu, tetapi menggunakan over (perpindahan).

Kriket adalah olahraga tim yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain.

Bola kriket mempunyai lingkar antara 224 - 229 mm dan beratnya antara 156 - 163 gram.

Lapangan kriket biasanya berbentuk lingkaran atau oval, ukuran mulai dari sekitar 90 - 100 meter (100 - 160 meter).

Baca selengkapnya: Kriket (Cricket): Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan

8. Billiard


Billiar dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari berbagai jenis antara lain: carom, English billiard dan pool.

Billiard dapat dimainkan secara perorangan maupun tim. Ada 3 macam peralatan yang merupakan peralatan utama dalam bermain billiard yaitu: stik billiar, cue ball, dan meja billiard.

Ukuran stik billiar bervariasi dengan rata-rata panjangnya sekitar 58-60 inchi (147-152 cm). Cue ball billiard berwarna putih polos biasa disebut juga sebagai bola gaco memiliki beragam jenis dan mempunyai berat berbeda.

Ukuran meja billiar biasanya disebutkan dalam satuan kaki atau foot yang dimulai dari ukuran 7 kaki, 8 kaki, 9 kaki. (1 kaki = 30,48 cm).

Baca selengkapnya:  Olahraga Billiard: Sejarah, Teknik, Jenis, Peraturan, Peralatan

9. Sepak Takraw


Menurut Sudrajat Prawirasapura (2000:5), sepaktakraw ialah permainan yang dilakukan oleh dua regu yang berhadapan di lapangan yang dipisahkan oleh jaring (net) yang terbentang membelah lapangan menjadi dua bagian.

Permainan ini menggunakan bola yang terbuat dari rotan, dimainkan di atas lapangan yang datar berukur panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Ditengah-tengah dibatasi oleh jaring net setinggi 1,55 m.

Ada 7 teknik dasar sepak takraw antara lain: teknik sepakan, sepak kura, sepak cungkil, menapak, sepak simpuh, teknik servis, dan teknik bertahan.

Baca selengkapnya: Sepak Takraw: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

10. Bulu Tangkis


Permainan bulu tangkis merupakan olahraga menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul. Olahraga ini bertujuan memukul shuttlecock melewati jaring ke tempat lawan untuk mendapatkan angka.

Pada tahun 1934, dibentuklah International Badminton Federation (IBF). Seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 2006 IBF diganti namanya menjadi Badminton World Federation (BWF).

Ukuran lapangan bulu tangkis adalah 13,40 m dan lebarnya 6,10 m. Panjang net 6,10 m dan lebar 0,75 m, tinggi 1,525 m.

Shuttlecock adalah bola dalam permainan bulu tangkis yang terbuat dari bulu angsa, bulu ayam, dan sebagainya. Panjang bulu 60 - 70 mm, diameter gabus 25 - 28 mm, jumlah bulu 14 - 16 helai, berat bola 4,7 - 5,5 m.

Baca selengkapnya: Permainan Bulu Tangkis: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan, Manfaat

Demikianlah artikel tentang macam jenis permainan bola kecil dan penjelasannya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar