-->

Type something and hit enter

Posted by On

Seni bela diri paling populer di dunia - Olahraga bela diri pada awalnya dikembangkan sebagai alat pertahanan diri yang meliputi kekuatan mental dan fisik dan telah dilakukan oleh jutaan orang di seluruh dunia.


Meskipun mayoritas olahraga beladiri ini berasal dari Asia, juga sangat populer di seluruh dunia. Berikut adalah 10 seni bela diri yang populer di dunia.


Seni Beladiri Terpopuler di Dunia

bela diri populer dunia


10. Judo


Judo berasal dari jepang yang diciptakan oleh Kano Jigoro pada tahun 1860-an hingga 1870-an. 


Ia mengambil keterampilan dasar dari seni beladiri lain dan kemudian menambahkan teknik bantingan yang ia ciptakan untuk menghasilkan seni beladiri Judo modern. 


Judo sendiri merupakan seni bela diri yang menggunakan kekuatan lawan untuk melindungi diri.


Baca selengkapnya: Materi Olahraga Bela Diri Judo


9. Aikido 


Diciptakan di Jepang pada awal 1900-an, pengikut Aikido belajar bagaimana menggunakan kekuatan lawan untuk membela diri, hampir mirip dengan Judo. Pendirinya adalah Morihel Ueshiba mengatakan bahwa pengikut Aikido harus bersedia menerima 99 persen serangan lawan.


8. Krav Maga


Beladiri ini digunakan secara khusus oleh pasukan keamanan Israel. Seni bela diri ini tidak cocok untuk dijadikan ajang olahraga karena sifatnya yang mematikan. Bela diri ini menekankan serangan langsung ke daerah vital lawan, seperti selangkangan dan mata, dan menggunakan berbagai benda yang ada sebagai senjata.


Baca selengkapnya: Beladiri Kravmaga


7. Jijutsu


Beladiri ini berasal dari Jepang yang diciptakan ketika penggunaan senjata oleh samurai dilarang, maka lahirlah Juijutsu, seni bela diri yang menekankan pada teknik jepitan, kuncian, melempar, dan berguling.


Baca selengkapnya: Seni Bela Diri Juijutsu


6. Ninjutsu


Beladiri ini juga berasal dari Jepang yang populer melalui acara "Teenage Mutant Ninja Turtles", kenapa populer? karena kerahasiaan para penggunanya.


Ninjutsu dikembangkan untuk membunuh, baik dengan tangan kosong maupun berbagai senjata rahasia, seperti pedang dan bintang.


Selain kaki, tangan, dan berbagai senjata yang diajarkan juga, termasuk teknik menyelinap dan melarikan diri secara efektif.


Bela diri ini digunakan oleh kaum pembunuh dan para pejuang gerilya Jepang. Ninjutsu mengajarkan cara untuk mengejutkan lawan dan mengalahkan alwan.


5. Taekwondo


Beladiri ini berasal dari Korea yang identik dengan tendangan. Taekwondo memiliki arti "jalan kepalan dan kaki".


Taekwondo berkembang setelah Perang Dunia II, ketika Jepang mengakhiri pendudukannya atas Korea. 


Bela diri ini terkenal atas tendangannya yang mencengangkan, dan menggabungkan antara kemampuan fisik dan kekuatan mental.


Taekwondo dianggap seni bela diri yang populer di dunia. Beladiri ini dipraktikkan di lebih dari 100 negara dan memiliki 30 juta pengikut dengan 3 juta diantaranya telah sabuk hitam.


Baca selengkapnya: Bela Diri Taekwondo


4. Kung Fu


Seni bela diri asal Cina ini salah satu bela diri tertua di dunia, diperkirakan telah ada sejak 2000 SM. Diperkenalkan oleh Kaisar Huangti, saat ini telah berkembang puluhan ribu aliran kung fu.


Seni beladiri ini bukan hanya latihan fisik tetapi juga mengajarkan filosofi dan moralitas yang penting bagi para praktisi seni bela diri ini, seperti kerendahan hati, rasa hormat, kepercayaan, dan kesabaran.


 Inti Kung Fu sendiri terletak pada manfaat kesehatan dan pengetahuan diri.


Baca selengkapnya: Olahraga Kung Fu


3. Karate


Karate berasal dari bahasa Jepang yang berarti "tangan kosong", adalah seni bela diri yang tidak menggunakan senjata. 


Gaya awal Karate diyakini berasal pada awal 1300-an, tapi bapak Karate modern, Anko Itosu menulis "10 Sila Karate" atau "10 Precepts of Karate" pada 1908, melahirkan kode seni bela diri Karate yang baru.


"Karate adalah teknik yang mengubah tangan dan kaki menjadi tombak" demikian tulis Anko.


Baca selengkapnya: Bela Diri Populer Karate


2. Brazillian Jiujitsu


Walaupun didirikan di Brazil, tetapi sebenarnya pendiri bela diri ini berawal dari seorang petarung asal Jepang bernama Mitsuyo Maeda, yang telah memenangkan lebih dari 2.000 pertandingan dan dianggap sebagai manusia paling tangguh.


Maeda bertemu dengan keluarga Gracie di Jepang pada 1914, dan semenjak itu juga keluarga Gracie dianggap sebagai keluarga pertama bela diri ini.


1. Muay Thai


Beladiri asal Thailand ini mirip dengan kickboxing, tetapi tidak seperti olahraga tersebut, pukulan di bawah pinggang, menggunakan siku dan lutut semuanya (hampir seluruh bagian tubuh bisa digunakan) diperbolehkan kecuali menyerang alat vital. 


Beladiri ini populer di Thailand pada akhir 1800, tetapi mengalami lonjakan popularitas yang signifikan di seluruh dunia dalam satu dekade terakhir.


Secara tradisi, bela diri ini sangat tersruktur, dengan berbagai ritual yang menunjukkan penghormatan kepada lawan.


Sekarang, bela diri ini lebih berfokus ke penggunaan badan sebagai senjata, kepalan, tulang kering, siku, lutut dan berbagai hal lain untuk mengalahkan lawan.


Inilah yang membuat Muay Thai berharga, karena semua bagian tubuh dapat digunakan sebagai senjata.


Baca juga: Beladiri Terpopuler Dunia Muay Thai


Demikianlah artikel tentang sepuluh olahraga seni bela diri paling populer di dunia. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close