Type something and hit enter

Posted by On

Apakah Anda pernah mendengar tentang Krav Maga? Seni bela diri yang kini populer di masyarakat, khususnya yang menginginkan teknik bela diri untuk menjaga dirinya dari kejahatan.


Dalam kesempatan ini MateriOlahraga akan membagikan materi tentang krav maga, mulai dari pengertian, sejarah, prinsip, dan teknik dasarnya.


Karena gerakan krav maga yang sederhana namun efektif melumpuhkan lawan, sehingga bisa dijadikan alat pertahanan diri saat menghadapi tindak kriminal yang mengancam nyawa dan harta.

KRAV MAGA


Belakangan ini semakin banyak kita temukan jenis-jenis seni bela diri dari luar masuk ke Indonesia. Sebagian dari beladiri itu asing di telinga masyarakat.


Tujuan mempelajari beladiri sekarang ini bukan hanya untuk mempertahankan/membela diri, melainkan sekedar melatih kebugaran jasmani.


Salah satunya yaitu Krav Maga yang berasal dari Israel. Salah satu orang yang ikut mempopulerkan seni bela diri ini di Indonesia adalah Randy Tumewa melalui organisasi Unicombat berbasis di Surabaya yang juga memperkenalkan Muay Thai.


Pengertian Krav Maga


Apa itu krav maga?


Krav maga atau dikenal sebagai contact combat adalah seni bela diri militer yang dikembangkan oleh Israel. 


Tepatnya oleh Israel Defense Forces (IDF). Jurus-jurusnya diadopsi dari berbagai teknik bela diri yang telah ada seperti Karate, Judo, Aikido, dan Tinju adalah beberapa di antaranya.


Sistem pertahanan diri yang digunakan oleh tentara Israel untuk menghadapi pertarungan jarak dekat. 


Sistem ini pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-19 dan terus berkembang hingga menemukan bentuk pakemnya pada 1940-an


Tujuan beladiri ini adalah untuk mempertahankan diri dalam perkelahian jalanan. Krav maga dikembangan untuk kebutuhan dunia sekarang yang melibatkan pertarungan jalanan.


Krav maga sebagai seni bela diri paling efisien dan brutal yang merupakan gabungan dari tinju, muay thai, jiu jisu, wing chun, dan gulat. 


Teknik perkelahian krav maga ini mengakhiri suatu perkelahian secepat mungkin dengan menyerang titik terlemah tubuh musuh.


Teknik bela diri krav maga sering disebut sebagai bela diri paling mematikan dan berbahaya. Karena wing chun sebagai dasar perlindungan terhadap senjata, teknik gulat dari judo dan jiu jitsu untuk menjatuhkan musuh dengan cepat, dan muay thai untuk menyerang titik lemah musuh.


Prinsip Krav Maga


Tidak ada aturan baku dalam krav maga sebagai teknik membela diri dalam pertarungan, tapi pada dasarnya menekankan keselamatan diri penggunanya sambil berusaha melumpuhkan lawan dengan cara apa pun yang bisa dilakukan secepat mungkin.


Adapun beberapa prinsip umum dalam krav maga, yakni:

  1. Jangan terluka
  2. Menetralkan penyerang secepat mungkin
  3. Melakukan transisi dari teknik bertahan ke teknik menyerang secepat mungkin
  4. Lakukan serangan secara terus menerus tanpa memberi lawan kesempatan
  5. Eksploitasi semua refleks alami dalam tubuh
  6. Eksploitasi semua bagian tubuh yang mudah diserang (termasuk mata, tenggorokan, selangkangan, dan lain-lain)
  7. Penggunaan semua benda yang ada sebagai bantuan.


Seperti yang Anda lihat di atas, konsep-konsepnya tidak sesuai dengan olahraga, bahkan beberapa ada teknik berbahaya yang menyerang organ vital untuk menimbulkan rasa sakit pada lawan dan melukainya, bahkan kematian.


Sejarah Krav Maga


Krav maga menjadi cikal bakal beladiri campuran yang digunakan kalangan militer, diciptakan oleh pria bernama Imi Lichetenfeld. Yang bertujuan menciptakan gaya super efesien dalam perkelahian.


Ia lahir di Budapest tahun 1910. Ayahnya adalah seorang polisi sekaligus pelatih bela diri. Jadi, ia sudah mengenal teknik bertarung sejak kecil. Di tempat latihan ayahnya, ia melihat berbagai jenis gaya bertarung.


Pada 1940-an, ia melarikan diri dari serangan Nazi. Nasib membawanya ke Palestina. Di sana, ia bergabung ke Haganah. Grup militer di komunitas Yahudi. Di sana, ia diminta untuk mengembangkan fighting technique baru. Hasilnya adalah Krav Maga.


Imi Lichetenfeld mengajarkan gaya pertempuran ini kepada pasukan militer Israel sehingga mereka bisa efisien dalam misi (bisa satu lawan satu atau banyak orang, bersenjata atau tidak bersenjata)


Krav maga tidak termasuk dalam olahraga dan seni bela diri meskipun terinspirasi oleh banyak bela diri yang ada seperti Kung Fu, Juijutsu, Judo, kebanyakan berasal dari Jepang.


Beladiri ini sangat brutal sehingga berbahaya mengalahkan lawan dengan teknik yang tidak lazim dengan cara mencekik, menusuk mata, dan memukul kemaluan. 


Bela diri ini digunakan oleh sejumlah pasukan khusus dan kekuatan berbagai negara seperti Sayeret Matkal, Shayetet 17, Mossad, FBI, CIA, polisi New York, dan lain sebagainya.


Alasan Memilih Krav Maga 


1. Tidak ada istilah bertarung secara bersih


Tidak ada fair-play. Prinsip pertama untuk selamat dari konfrontasi adalah menjauhinya. Oleh karena itu, Krav Maga mengajarkan untuk membaca dan menenangkan situasi.


Namun, jika berkelahi adalah jalan satu-satunya, tidak ada fair-play. Semua boleh dilakukan. Semua bisa digunakan. Contohnya dengan moncolok mata, menyerang alat vital dan lain-lain.


Seni bela diri yang mengkombinasikan antara teknik yang indah dengan pertarungan jalanan. 


2. Ukuran bukan masalah


Di dunia nyata, kita bisa menjumpai berbagai orang. Wanita bertubuh kecil diserang pria kekar; pria kekar dikeroyok beberapa orang; kakek-kakek dibully beberapa remaja. Semua itu dapat terjadi.


Krav maga mempertimbangkan ini, kuncinya ada pada kecepatan dan serangan jitu pada titik lemah. Tak peduli seberapa besar lawanmu, kalau matanya dicolok, pasti tidak bisa apa-apa. Setidaknya ini adalah satu-satunya ilmu yang harus Anda kuasai.


3. Melatih kebugaran


Oleh karena itu krav maga diadopsi beberapa sekolah sebagai latihan kebugaran. Beberapa institusi bahkan menjadikannya sebagai program conditioning


Program latihan yang mengasah kemampuan bertahan dari serangan. Setidaknya Anda dapat kabur dari lawanmu.


Teknik Dasar Krav Maga


Jangan sesekali mencoba teknik ini secara otodidak melalui YouTube, media sosial, ataupun buku, demi menghindari terjadinya kesalahan yang mengakibatkan Anda cedera. Sebaiknya carilah kelas olahraga bela diri agar Anda dapat dibimbing oleh instruktur berpengalaman.


Berikut teknik dasar berlatih krav maga.


1. Kuda-Kuda


Kuda-kuda adalah posisi awal tubuh sebelum melakukan gerakan krav maga. Kuda-kuda yang baik akan membuat Anda memiliki keseimbangan dan pondasi untuk melancarkan serangan fatal dan ampuh merobohkan lawan.


Berikut cara melakukannya:

  1. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu.
  2. Jika Anda tidak kidal, posisikan kaki kiri di depan (jika kidal, kaki kanan di depan) berjarak lebar dilihat dari depan maupun samping.
  3. Posisikan jari-jari kaki mengarah ke depan.
  4. Tekuk lutut dan angkat sedikit tumit belakang dari lantai.
  5. Angkat tangan di depan wajah dengan siku masuk.
  6. Angkat dagu dan angkat bahu sedikit dalam postur "kura-kura".


Ketika Anda bergerak dalam posisi ini, pastikan kaki tidak menyilang maupun menyatu, sekalipun jika bergerak sangat cepat.


Untuk maju, kaki belakang mendorong dan kaki depan melangkah terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti dengan langkah kecil menggunakan kaki belakang untuk kembali ke posisi bertarung. Jika ingin mundur, melangkahlah dengan kaki belakang terlebih dahulu.


Untuk melangkah ke samping, posisikan kaki terlebih dahulu. Akhiri dengan melangkah ke kanan, gerakkan kaki kanan terlebih dahulu, tetapi selalu kembali ke posisi kuda-kuda yang seimbang.


2. Serangan Lutut


Gerakan ini yaitu menyerang lawan dengan cara menendang bagian selangkangan menggunakan lutut Anda. Cara melakukannya yaitu:

  1. Lakukan kuda-kuda, kemudian lakukan serangan lutut dengan kaki belakang (atau kaki kanan jika Anda tidak kidal).
  2. Angkat kaki dari tanah, tekuk kaki sepenuhnya dan selipkan tumit ke selangkangan lawan saat Anda mendorong lutut ke atas dan ke depan dalam garis lurus. Pusatkan kekuatan di pinggul Anda setelah serangan lutut dimulai.
  3. Segera mundurkan kaki, kemudian kembali ke posisi kuda-kuda.


3. Serangan Tumit Telapak Tangan


Tumit telapak tangan adalah area di batas telapak dengan pergelangan tangan yang teraba keras dan bisa digunakan untuk memukul wajah musuh. Cara melakukannya yaitu:

  1. Posisikan kuda-kuda dengan tangan ke atas.
  2. Gunakan tangan kiri (jika Anda tidak kidal) ke depan dalam satu garis lurus dari wajah Anda.
  3. Dekatkan tangan Anda yang tidak meninju ke depan wajah untuk perlindungan.
  4. Putar bahu dan pinggul sisi yang sama untuk menghasilkan tenaga.
  5. Segera setelah Anda mendorong tangan keluar, segera kembalikan ke wajah Anda.
  6. Kunci serangan ini adalah gerakan yang cepat dan bertenaga sehingga menghasilkan efek yang fatal bagi lawan.


4. Tendangan Depan


Apabila musuh berada di jarak yang cukup jauh, gerakan krav maga satu ini sangat ampuh untuk menghalaunya agar tidak mendekati Anda. Kuncinya adalah menggunakan tulang kering, tepatnya dengan cara ini.

  1. Mulai dari kuda-kuda dengan posisi kaki direntangkan selebar bahu.
  2. Gerakkan lutut ke atas dan ke depan seperti yang Anda lakukan saat melakukan serangan lutut.
  3. Setelah lutut Anda mencapai ketinggian puncaknya, biarkan kaki bawah terbuka dengan gerakan mencambuk dan jaga agar jari-jari kaki tetap lancip.
  4. Segera mundur dan kaki ke belakang mendarat dalam posisi kuda-kuda.


Krav Maga di Indonesia


Walaupun beladiri ini termasuk mematikan, akan tetapi saat ini krav maga dapat diakses oleh semua orang.


Di Indonesia sendiri telah ada organiasi pelatihan krav maga yaitu Unicombat.


Unicombat adalah organisasi pertama yang membuka pelatihan krav maga di Surbaya sejak 2010. Mereka menggunakan pelatih profesional dan berpengalaman dalam melatih anggota militer, kepolisian, jasa pengamanan, jasa pengawalan.


Krav maga juga memiliki sistem kelulusan yang mengadopsi sistem berwarna seperti Judo. Kelulusan menunjukkan tingkat Anda dalam praktik gaya bertarung. Setiap tingkatan Anda dapat mempelajari lebih banyak teknik.


Demikianlah artikel tentang krav maga, mulai dari pengertian, sejarah, prinsip, dan teknik dasar krav maga. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Referensi:

Tempo

Sportsregras

SehatQ

BukaReview

0 komentar