Type something and hit enter

Posted by On
Materi Penjasorkes Bagian Bola Kecil - Artikel kali ini membahas segala hal tentang golf mulai dari pengertian, sejarah golf, teknik dasar, peraturan, ukuran lapangan dan manfaatnya.

Golf merupakan olahraga yang dikenal masyarakat terutama di indonesia adalah olahraganya penduduk kelas atas (orang – orang kaya). Karena olahraga yang satu ini memerlukan peralatan yang banyak dan cukup mahal. Asal – usul olahraga golf belum jelas berasal dari mana, ada yang bilang dari Tiongkok, Belanda dan juga Skotlandia. Ingin tahu selengkapnya mengenai olahraga golf? Berikut penjelasannya.

Golf

Pengertian Golf


Golf adalah salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Sejarah Golf


Sekitar abad ke – 15 M, masyarakat Skotlandia telah memainkan olahraga golf di lapangan luas dengan pemukul dari kayu dan bola dari bahan karet. Olahraga ini pun dilarang oleh pemerintahan Skotlandia karena dianggap mengganggu jalannya pemerintahan. Golf kemudian dibawa ke Inggris dan mengalami perkembangan yang pesat sampai golf terkenal di benua Eropa.

Sebenarnya, olahraga golf tidak jelas berasal dari mana. Masyarakat Tiongkok bilang mereka telah memainkan permainan golf sejak abad ke – 11 M tepatnya pada zaman dinasti song. Penduduk Belanda juga berkata bahwa mereka telah memainkan golf sejak abad ke – 12 M. Tetapi, Skotlandia menyatakan bahwa merekalah yang menciptakan olahraga golf pada abad ke – 15 M.

Setelah melakukan berbagai perdebatan, akhirnya sebagian besar para sejarawan dunia berpendapat bahwa olahraga golf berasal dari Skotlandia. Karena adanya bukti – bukti kuat bahwa golf berasal dari sana, yaitu lapangan golf pertama berada di Skotlandia, Nama golf diambil dari bahasa Skotlandia, klub golf pertama berasal dari Skotlandia, serta turnamen pertama golf juga berasal dari Skotlandia.

Seiring berjalannya waktu, Golf semakin terkenal hingga seluruh dunia, hingga dibentuklah IGF (International Golf Federation) pada tahun 1958 untuk mengatur seluruh masalah golf yang ada di dunia. Sampai saat ini, IGF berpusat di Switzerland dan telah memiliki 126 negara sebagai anggota.

Teknik Dasar Golf


Golf adalah olahraga yang memerlukan keseimbangan, kekuatan, serta keakuratan dalam memukul. Untuk itu diperlukan teknik memegang, mengayun, serta memukul. Berikut adalah teknik dasar golf:

Teknik Memegang


Sebelum anda memahami cara mengayun dan memukul, alangkah baiknya anda memahami teknik memegang stick golf terlebih dahulu.
  • Baseball grip, teknik ini dilakukan seperti memegang stick baseball, yaitu tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
  • Overlapping golf grip, teknik ini hampir sama seperti yang diatas, hanya saja tangan kanan agak sedikit ke atas, sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.
  • Interlocking golf grip, bagi anda yang baru belajar bermain golf, kami menyarankan untuk tidak menggunakan teknik ini dulu, karena teknik ini digunakan untuk para pemain golf profesional. Cara melakukannya adalah seperti memegang stick baseball, namun mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk dari tangan kiri.

Teknik Mengayun


Agar pukulan anda semakin bertenaga dan seimbang, ada beberapa cara mengayunkan stick yang baik dan benar.
  • Melakukan backswing, dengan cara mengayunkan stick ke belakang tubuh anda sampai melewati kepala.
  • Melakukan downsing, setelah melakukan backswing, lakukan downsing, yaitu melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola.

Teknik Memukul


Pukulan yang akurat sangat diperlukan dalam olahraga golf. Untuk mendapatkan pukulan itu, anda harus memahami teknik – teknik dalam memukul bola golf. Berikut ini adalah teknik dasar memukul bola golf.
  • Tee shot, teknik ini digunakan pada pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dilakukan dari teeing ground (letak awal bola golf) menuju lubang.
  • Fairway shot, teknik ini dilakukan para pemain golf setelah melakukan tee shot.
  • Bunker shot, teknik ini digunakan jika bola yang dipukul keluar area.
  • Putting, teknik ini digunakan jika bola golf sudah dekat dengan lubang agar bola dapat dengan mudah dimasukkan.
  • Punch, teknik ini biasa digunakan jika angin yang berhembus dilapangan golf sangat kencang.

Peraturan Golf


Adapun peraturan-peraturan dalam golf adalah sebagai berikut.
  • Pukulan pertama untuk memulai pertandingan harus dilakukan dari teeing ground.
  • Dalam olahraga golf, yang menjadi pemenangnya adalah pemain yang memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  • Setiap melakukan pukulan, para pemain golf harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya.
  • Pemain bisa menganggap bolanya tidak dapat dimainkan dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  • Jika mendapatkan pinalty, anda diperbolehkan mengangkat, membersihkan,  bahkan mengganti bola.

Ukuran Lapangan Golf


Lapangan golf biasanya memiliki sejumlah lubang atau hole yang dijadikan sebagai sasaran yang pada umumnya terdiri dari 9 - 18 hole.

Apabila kita memainkan olahraga golf, maka kita harus menyelesaikan 18 hole tersebut setiap kali game. Memainkan golf pada dasarnya bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam hole dengan total lubang sebanyak 18 hole. Dimana permainan dimulai dari teebox dan diakhiri dengan memasukkan bola ke hole yang berada di aera putting green.

Setiap hole hanya memiliki satu lubang. Umumnya, di setiap lubang ditandai dengan bendera yang berwarna.

Pukulan pertama dilakukan di teebox atau teeing ground. Untuk pegolf profesional, pukulan pertamanya dilakukan di teebox yang paling jauh dan ditandai dengan patok batu berwarna hitam. Sedangkan untuk pegolf wanita, pukulan dimulai di teebox terdepan dengan ditandai patok batu warna merah.

Untuk pegolf pemula atau beginner, area teebox nya berada di belakang teebox wanita yang ditandai dengan patok batu warna putih.

Teebox pada umumnya dibuat lebih tinggi sekitar 100 cm. Biasanya di setiap hole memiliki rintangan atau hazards yang terdiri dari dua jenis, yaitu bunker merupakan cekungan yang berisikan pasir. Dan rintangan air seperti danau atau sungai.

Sedangkan putting green merupakan area yang memiliki rumput sangat pendek dan merupaan hole terakhir dalam permainan golf ini. Hole ini memiliki uuran diameter 108 mm atau 4.25 inci. Dan kedalaman dari hole tersebut 100 mm atau 3.94 inci.

Manfaat Golf


Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika bermain golf.

1. Mengurangi stres


Dengan melakukan olahraga golf, anda dapat melihat lapangan yang luas dengan rumput hijau yang indah serta menikmati udara yang segar yang dapat mengurangi stres dalam pikiran anda.

2. Membakar lemak


Sekilas memang golf adalah olahraga yang terlihat santai dan tidak terlalu memerlukan tenaga yang banyak. Tapi dalam peraturan bermain golf, kita harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya. Dengan berjalan seperti itu dilapangan yang luas setiap hari, akan dapat membantu menurunkan berat badan anda.

3. Melatih dalam berkonsentrasi


Untuk memasukkan bola ke dalam lubang, anda diharuskan untuk melakukan konsentrasi penuh agar bola dipukul dengan akurat.

4. Menguatkan fisik


Bagi anda yang malas bergerak atau melakukan olahraga, anda bisa memulai olahraga golf. Karena meskipun olahraga ini dilakukan dengan santai, jika dilakukan dengan rutin setiap hari pasti akan dapat menguatkan fisik anda.


Baca juga: Pengertian Tenis Meja, Teknik, Sejarah, dan Peraturan

Demikianlah artikel hari ini tentang permainan golf yang meliputi pengertian, sejarah, teknik, peraturan, luas lapangan golf beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya.

Referensi: https://aturanpermainan.blogspot.co.id/2016/07/pengertian-permainan-golf.html
https://sportsregras.com/id/Golf-aturan-sejarah/
https://aturanpermainan.blogspot.co.id/2016/07/5-jenis-dan-teknik-pukulan-dalam-golf.html
http://www.tutorialolahraga.com/2015/12/peraturan-dalam-permainan-golf.html
https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-well/inilah-5-manfaat-olahraga-golf-untuk-kesehatan.page

0 komentar