Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes bagian bola kecil tentang Permainan Softball. Adapun beberapa materi pokok yang akan dijelaskan meliputi: pengertian, sejarah, teknik dasar, dan peralatan softball.

Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan softball? Menurut Wikipedia softball atau dikenal dengan sofbol adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim.

Di Indonesia softball mirip dengan permainan Bola Kasti. Permainan softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing 7 kali.

Untuk mengetahuil lebih jelasnya mengenai permainan softball. Simaklah materi dibawah ini.

BACA JUGA: Peraturan Permainan Softball (TERBARU+TERLENGKAP)


Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan


Pengertian Permainan Softball


Apa itu permainan softball? Pengertian softball atau sofbol adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 (dua) tim. Dalam pemainan softball ada dua regu yang bertanding yaitu regu yang berjaga defensif dan regu yang memukul offensif.

Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) hanya saja memiliki ukuran bola yang lebih besar berdiameter 28-30,5 cm dan tidak terlalu keras.

Permainan softball disebut juga Indoor-Baseball, termasuk olahraga beregu yang dikelompokkan ke dalam permainan bola pukul. Sekilas permainan ini mirip dengan permainan bola kasti, tetapi dalam permainan softball benar-benar membutuhkan ketangkasan dan menguras banyak pikiran (Agus Mukholid, 2004:58).

Softball dimainkan oleh 9 (sembilan) orang pemain dan bermain dalam 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing sebanyak 7 kali. Pergantian ini apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak 3 orang.

Cara memainkannya yaitu

  • Seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pelempar bola (pitcher). Bola dipukul dengan menggunakan alat pukul (bat).
  • Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan, dimana anggota regunya bertugas juga di tiga home base, 4 di luar lapangan dan satu di home plate.
  • Seorang pemukul, harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya.
  • Pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai, akan tetapi
  • Lemparan yang ketiga harus dipukul. (Agus Mukholid, 2004:58)


Sejarah Singkat Permainan Softball


Permainan softball merupakan cabang olahraga yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, putra-putri, anak-anak, maupun orang dewasa.

Permainan ini diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di Amerika Serikat dan pertama kali dimainkan di Chicago

Pada saat itu softball dikenal dalam bentk permainan dalam ruangan atau ditempat tertutup, namun pada tahun 1930 di ubah menjadi permainan di lapangan terbuka oleh H. Fiscer dan M.J Panley.

Dengan berkembangnya permainan ini di berbagai tempat, maka diperlukan peraturan-peraturan. Maka lahirlah Federasi Softball Internasional (ISF). Badan inilah yang membuat peraturan-peraturan tentang softball yang berlaku secara universal, baik di Indonesia maupun di Eropa.

Sampai tahun 1966 permainan softball di Indonesia masih dianggap sebagai olahraga kaum wanita, setelah Asean Games Bangkok barulah kaum pria bermain softball.

Pertama kali softball masuk agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pada penyelenggaraan PON ke VII di Surabaya (Engkos Kosasih, 1993:314).

Teknik Dasar Bermain Softball


Endang Widyastuti (2013:17) mengatakan bahwa untuk dapat menjadi pemain softball yang baik haruslah menguasai teknik-teknik dasar yang menunjang permainan karena berkaitan dengan taktik dan strategi pertahanan dan penyerangan.

Keterampilan yang harus dimiliki tersebut antara lain teknik memegang bola, teknik melempar bola, teknik menangkap bola, teknik memegang alat pukul, teknik memukul, teknik berlari ke base, dan teknik sliding.

1. Teknik Memegang Bola

Adapun macam-macam pegangan dalam memegang bola softball yaitu:

  1. Pegangan Empat Jari atau Four Finger Grip
  2. Pegangan Dua Jari atau Two Finger Grip
  3. Pegangan Tiga Jari atau Three Finger Grip


2. Teknik Melempar Bola

Adapun jenis-jenis teknik lemparan bola softball yaitu:

  1. Teknik Lempar Atas atau Overhand Throw
  2. Teknik Lemparan Bawah atau Under Hand Toss
  3. Lemparan Samping atau Side Hand Throw


3. Teknik Menangkap Bola

Adapun jenis-jenis teknik menangkap bola softball yaitu:

  1. Menangkap bola lurus
  2. Menangkap bola lambung atau fly ball
  3. Menangkap bola gulir atau groundball



4. Teknik Memegang Alat Pukul (Bat)

Adapun jenis-jenis teknik memegang bat bola softball yaitu:

  1. Pegangan bawah
  2. Pegangan tengah
  3. Pegangan atas


5. Teknik Memukul Softball

6. Teknik Berlari ke Base atau Antar Base

7. Teknik Sliding atau Meluncur



BACA SELENGKAPNYA: 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

 

Peralatan dalam bermain Softball

Peralatan dalam bermain Softball

Perlengkapan untuk dapat bermain softball dengan aman dan lancar. Peralatan yang digunakan bermain antara lain:

1. Glove (pelindung tangan)

Sarung tangan (glove) dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan catcher mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).

2. Bola Softball

Minimal peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah pertandingan softball termasuk sebuah bola. Softbol menggunakan bola berwarna kuning dengan benang rip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih.

3. Pemukul (Bat)

Tongkat pemukul (bat) yang digunakan  dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk softball. Ketentuan pemakaian dan karakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Softball Internasional.

4. Helm (Light guard)

5. Body protector

6. Masker

7. Sepatu Pool (Cleats)

8. Topi

9. Seragam

10. Lapangan Permainan Softball

 

BACA SELENGKAPNYA: 13 Peralatan & Perlengkapan Permainan Softball (Fungsinya+Gambar)


Demikianlah artikel hari ini tentang Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih

Referensi: staffnew.uny.ac.id/
lib.unnes.ac.id/20850/1/6211411081-S.pdf

KLIK UNTUK BERKOMENTAR