-->

Type something and hit enter

Posted by On
Materi Penjasorkes Bagian Bola Kecil - Artikel kali ini membahas tentang Baseball. Meliputi: pengertian, sejarah, teknik dasar dan posisi pemain bisbol.

Baseball atau dalam bahasa Indonesia disebut Bisbol adalah olahraga yang cukup terkenal di Amerika Serikat. 

Namun baseball tidak begitu dikenal di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri pun olahraga ini sepertinya kurang diminati. Ingin tahu lebih jelasnya mengenai baseball? Berikut penjelasannya.


Baseball

Pengertian Baseball / Bisbol


Baseball atau biasa disebut Bisbol adalah salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang terdiri dari 2 regu saling berlawanan, dengan setiap regu beranggotakan 9 pemain.

Tujuan dari olahraga ini adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi batting (pemukul bola) agar bisa memperoleh angka supaya dapat memenangkan pertandingan.

Definisi Baseball Menurut Para Ahli


Adapun pengertian bisbol menurut para ahli, antara lain:

Cambridge Dictionary


Baseball adalah permainan yang dimainkan terutama di Amerika Utara oleh dua tim yang terdiri dari sembilan pemain, di mana seorang pemain memukul bola dengan tokat dan mencoba berlari sekitar empat pangkalahn di lapangan besar sebelum tim lain mengembalikan bola.

Merriam-Webster


Baseball adalah permainan yang dimainkan dengan tongkat dan bola di antara dua tim yang terdiri dari sembilan pemain.

Masing-masing di lapangan besar yang memiliki empat pangkalan yang menandai jalur yang harus diambil oleh pelari untuk mencetak poin.

Sejarah Baseball / Bisbol


Sebenarnya, dunia masih memperdebatkan tentang dari mana asal olahraga baseball. Ada yang bilang berasal dari Amerika, dan ada juga yang bilang bahwa baseball berasal dari Inggris. 

Pada tahun 1903, seorang penulis berita olahraga serta sejarawan kelahiran Inggris yang bernama Henry Chadwick menerbitkan sebuah berita yang membahas tentang baseball berasal dari Inggris yang diambil dan dikembangkan dari permainan rounders.

Albert Spalding, adalah mantan pemain baseball dan seorang owner Chicago White Stockings mendengar serta langsung membantah berita tersebut. 

Dia menegaskan bahwa Baseball merupakan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Abner Doubleday. 

Albert meminta organisasi – organisasi baseball seluruh dunia untuk menyelidiki dari mana asal baseball. 

Akhirnya dunia menyatakan bahwa Amerika menjadi negara yang menciptakan baseball dengan Abner Doubleday sebagai bapak dari olahraga baseball.

Bukti – bukti yang menjadikan Amerika Serikat sebagai negara yang pertama kali memainkan baseball  adalah olahraga ini selalu dimainkan setiap hari sabtu tepatnya di kota New York.

Pada tahun 1823 dan juga klub pertama baseball berasal dari Amerika Serikat yaitu New York Knickerbockers yang dibentuk pada 23 september 1845.

Seiring berjalannya waktu, Olahraga baseball telah berkembang hingga ke seluruh dunia hingga dibentuklah IBAF (International Baseball Federation).

Pada tahun 1938 dengan tujuan untuk mengatur seluruh permasalah mengenai baseball di dunia. Sampai saat ini sudah sekitar 124 organisasi nasional menjadi anggota dari IBAF.

Teknik Dasar Baseball / Bisbol


Adapun teknik dasar baseball atau bisbol terdiri atas 4 bagian, yaitu sebagai berikut.

1. Teknik Melempar Bola


Dalam melempar bola, para pelempar (pitcher) tidak boleh sembarangan dalam melempar, harus disertai dengan teknik yang benar agar pemukul (batter) tidak dapat memukul bola yang diberikan oleh pitcher. 

Cara melempar bola dalam baseball adalah mengayunkan tangan dari atas dan melempar bola tepat ke arah pemukul.

2. Teknik Memegang Stick


Untuk memaksimalkan pukulan dan mencegah terjadinya cedera saat memukul bola, alangkah baiknya anda mempelajari cara – cara memegang stick terlebih dahulu. 

Stick baseball harus dipegang dengan kedua tangan dengan erat agar stick tidak terlepas saat dipukul.

3. Teknik Memukul Bola


Pemukul (batter) harus bisa memukul dengan kuat dan mampu melihat dengan cepat dari mana arah datangnya bola. Peran pemukul dalam baseball sangat penting, karena 1 pemukul saja gagal dalam memukul, akan berakibat fatal bagi satu tim.

4. Teknik Menangkap Bola


Untuk urusan dalam menangkap bola, dapat diserahkan kepada catcher (penangkap bola). Agar dapat menangkap bola yang terlempar dengan keras, diperlukan sebuah teknik, yaitu jika tubuh anda semakin dekat dengan bola, maka kesempatan anda untuk menangkap bola malah makin besar.


Posisi Pemain Baseball


Baseball adalah olahraga yang memiliki dua dasar: melempar dan memukul. Ada banyak hal lain yang harus diperhatikan.

Pertama-tama, mari kita mengenal terlebih dahulu posisi-posisi para pemain permainan baseball ini.

Adapun posisi pemain bisbol antara lain:
  1. First Baseman (1B)
  2. Second Baseman (2B)
  3. Short Stop (SS)
  4. Third Baseman (3B)
  5. Right Outfielder (RF)
  6. Center Outfielder (CF)
  7. Left Outfielder (LF)
  8. Catcher (C)
  9. Pitcher (P).

Baca juga: Ukuran Lapangan Baseball/Bisbol

Demikianlah artikel hari ini tentang olahraga baseball/bisbol yang meliputi pengertiannya, sejarah serta teknik dasar bisbol. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close