Type something and hit enter

Posted by On
27 Jenis Pelanggaran dalam Bola Basket dan Hukumannya

Adapun jenis-jenis pelanggaran dan kesalahan permainan bola basket termasuk kedalam peraturan bola basket. Setiap pelanggaran dan kesalahan yang dilakukan oleh pemain akan mendapatkan hukuman sesuai dengan jenis pelanggarannya. Jadi pelanggaran dalam olahraga bola basket itu dikelompokkan kedalam beberapa klasifikasi.

Berikut adalah beberapa jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang menjadi bagian dalam peraturan permainan bola basket.
  1. Foul adalah melanggar pemain musuh dengan reaching atau posisi defense yang salah. Hukumannya, wasit akan langsung memberikan peringatan kepada pemain tersebut.
  2. Foul out. Pelanggaran yang mana pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA) atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam sekali pertandingan. Maka hukuman bagi pemain yang terkena foul out harus keluar dari lapangan pertandingan oleh wasit.
  3. Three seconds violation. Pelanggaran yang dilakukan pada saat pemain berada di area free throw selama 3 detik. Hukumannya, wasit akan langsung memberi peringatan kepada pemain tersebut.
  4. Offensive 3 second. Pelanggaran yang terjadi akibat pemain diam di area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense. Bola berpindah ke pihak lawan oleh keputusan wasit.
  5. Deffensive 3 second. Pelanggaran yang disebabkan karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan tengah melakukan offense. Maka wasit kemudian memutuskan tim lawan diizinkan melakukan 1 throw-in.
  6. 24 second violation. Pelanggaran pemain team A karena tidak melakukan shoot/lay-up/dunk ke ring lawan melewati batas 24 detik. Maka wasit memutuskan bola berpindah ke pihak team B.
  7. Back ball. Pelanggaran yang terjadi akibat pemain membawa bola kembali ke wilayah pertahanan padahal telah melalui garis tengah.
  8. Blocking foul. Pelanggaran yang terjadi karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain musuh.
  9. Team Foul. Pelanggaran dilakukan oleh satu tim per babaknya. Apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada musuh.
  10. Pushing. Pelanggaran karena mendorong musuh.
  11. Traveling / Walking. Pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan 2 langkah tanpa adanya dribble.
  12. Double Dribble. Pelanggaran yang terjadi akibat pemain melakukan dribble kembali setelah berhenti melakukan dribble.
  13. Shot clock violation. Melakukan serangan lebih dari 24 detik ( NBA ) atau 30 detik ( FIBA ) sebelum bola menyentuh ring.
  14. 8 second violation. Pelanggaran pada saat pemain membawa bola pada wilayah sendiri melebihi 8 detik. Maka hukuman yang akan diberikan wasit adalah bola diberikan atau dialihkan kepada tim lawan.
  15. Jumping. Pelanggaran yang terjadi pada saat pemain mau melakukan shooting sambil melompat tetapi tidak jadi melakukannya.
  16. Offensive foul. Pelanggaran yang terjadi akibat kita menabrak lawan pada saat dia sedang melakukan defense yang benar.
  17. Personal foul. Pelanggaran yang terjadi karena menghalangi pergerakan lawan dengan cara defense yang tidak benar. Untuk personal foul atau pelanggaran perorangan ini, maksimal 4 kali foul dan apabila seseorang pemain melakukan lebih dari 4 kali, pada foul ke 5 akan langsung wasit kenai foul out.
  18. Technical foul. Pelanggaran yang terjadi pada saat pemain melakukan protes yang berlebihan terhadap wasit, menghina wasit, dan sebagainya.
  19. Unsportsmanlike foul. Pelanggaran yang terjadi pada saat pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menciderai lawan.
  20. Back court. Pelanggaran yang terjadi karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.
  21. Illegal dribble. Pelanggaran yang terjadi karena menghentikan bola sesaat disalah satu tangan atau kedua tangan kemudian mendribbelnya kembali.
  22. Crayying the ball. Kesalahan pemain karena mendribble dengan memutar bola.
  23. Illegal use hand. Kesalahan yang dilakukan pemain karena memukul salah satu anggota tubuh musuh.
  24. Elbow. Pelanggaran yang terjadi karena menyikut lawan.
  25. Holding. Pelanggaran yang disebabkan karena menarik lawan dengan maksud menguasai bola dari lawan.
  26. Charging. Kesalahan yang dilakukan pemain karena menabrak lawan yang sudah menepati posisinya.
  27. Disqualifying foul. Tindakan unsperman like yang menyolok dari seorang pemain, pemain yang dilarang masuk, pemain pengganti, pelatih, asisten pelatih atau pengikut regu. 

Itulah tadi beberapa jenis pelanggaran dan kesalahan dalam permainan bola basket. Disarankan untuk Anda mempelajari juga materi lengkap bola basket di bawah ini.

Baca juga: Materi Bola Basket Lengkap

Demikianlah artikel tentang 27 jenis pelanggaran dalam bola basket dan hukumannya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar