Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes Bagian Bola Kecil - Artikel kali ini membahas tentang Tenis Lapangan. Meliputi: pengertian, sejarah, dan teknik dasar.

Jika pada artikel sebelumnya kami sudah pernah menulis tentang tenis meja, pada kesempatan kali ini kami kembali menulis tentang tenis, namun bukan tenis meja, melainkan tenis lapangan. Tenis meja adalah permainan yang dilakukan bisa dilakukan di dalam maupun di luar lapangan.

Tenis lapangan juga memiliki sebuah teknik dalam memainkannya, yaitu teknik memegang, memukul dan juga melakukan servis. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, bisa anda baca dibawah ini.

Tenis Lapangan - Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasar


Pengertian Tenis Lapangan


Pengertian Tenis Lapangan

Menurut beberapa para ahli

Wikipedia

Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing – masing dua pemain.

Lardner

Tenis adalah permainan yang memerlukan kecepatan kaki, ketepatan yang terkendali, stamina, antipasti, ketetapan hati, dan kecerdikan.

Katili

Tenis adalah salah satu dari permainan bola kecil yang memiliki lapangan berbentuk persegi.

Permana

Tenis adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan teknik, bukan dengan sembarang memukul saja.

Jadi, dari beberapa pengertian menurut para ahli, dapat kami simpulkan bahwa
Tenis Lapangan adalah salah satu cabang olahraga bagian bola kecil yang dalam satu lapangan dibatasi oleh sebuah net dan terdiri dari 2 orang atau 2 pasang pemain yang saling berhadapan.
Tujuan dari tenis lapangan adalah memukul bola dengan alat yang bernama raket hingga lawan tidak dapat mengembalikan bola yang anda beri dan mempertahankan daerah sendiri dari lawan untuk memenangkan suatu pertandingan.

Sejarah Tenis Lapangan


Sejarah Tenis Lapangan
Berbicara soal dimana olahraga tenis lapangan pertama kali dimainkan, masih menjadi perbincangan dunia hingga saat ini. Ada yang bilang olahraga ini telah dimainkan pada zaman Yunani Kuno, dan ada yang bilang sudah ada pada zaman Mesir Kuno.

Tapi bukti mengarah kepada Perancis. Sekitar abad ke 12 Masehi, olahraga seperti tenis lapangan sudah dimainkan disana, tapi pada saat itu mereka belum menggunakan raket, melakinkan memakai tangan sebagai alat memukul.

Pada abad ke 16 Masehi, permainan tenis lapangan semakin berkembang, yang awalnya mereka memukul dengan menggunakan tangan, pada masa itu mulai diperkenalkannya raket. Pada saat itu permainan tenis lapangan diberi nama tenez (tahan, terima, ambil).

Memasuki abad ke 19 Masehi, olahraga tenis lapangan semakin popular hingga ke seluruh dunia dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, dari segi peraturan dan juga alat – alat yang digunakan. Dari bola yang terbuat dari kayu, hingga sekarang terbuat dari bahan karet.

Olimpiade pertama olahraga tenis lapangan ini diselenggarakan pada tahun 1896. Dengan perkembangan tenis yang sangat pesat, dibentuklah ITF (International Tennis Federation) yang memiliki anggota 205 asosiasi tenis nasional. ITF bermarkas di London, Inggris.

Teknik Dasar Tenis Lapangan


1. Teknik Memegang Raket

Teknik Memegang Raket
Dalam bermain tenis lapangan, dibutuhkan teknik memegang raket yang baik dan benaar agar dapat memaksimalkan sebuah pukulan. Berikut beberapa macam memegang raket.
  • Continental grip, ini adalah teknik yang sudah ada sejak zaman awal terbentuknya permainan tenis lapangan, yang dilakukan dengan cara posisi tangan ada di atas gagang raket.
  • Western grip, pada saat anda melakukan pukulan topsin, sangat dianjurkan untuk memakai pukulan ini, yang dilakukan dengan cara seperti layaknya memegang panci.
  • Forehand eastern, bagi anda yang masih baru belajar masalah tenis lapangan, kami sarankan untuk memegang raket dengan teknik ini, karena teknik ini dilakukan dengan cara berjabat tangan.

2. Teknik Servis

Teknik Servis Tenis Lapangan
Servis adalah awalan yang dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan. Adapun tekniknya adalah.
  • Flat serve, teknik yang menghasilkan pukulan keras serta cepat.
  • Slice serve, teknik yang sangat mematikan bagi para lawan dengan cara mengejutkan lawan sehingga sulit bagi lawan dalam mengembalikannya.
  • Kick serve, teknik ini dilakukan dengan cara melakukan melempar bola sampai di atas kepala lalu memukul bola dengan keras.
  • Twist serve, teknik ini hamper sama dengan kick serve, hanya saja twist serve dalam mengayunkan raket lebih jauh lagi.

3. Teknik Pukulan

Teknik Pukulan Tenis Lapangan
  • Pukulan lob, teknik ini dipakai untuk membuat lawan kesusahan dalam mengambil bola dengan melambung sedikit tinggi diatas net.
  • Pukulan voli, pukulan ini sangat bagus dilakukan jika anda menerima bola dari lawan dengan jarak dekat dengan net.
  • Pukulan overhead smash, sama halnya dengan pukulan voli, pukulan ini dilakukan untuk menerima bola dari lawan jika jarak anda dekat dengan net.
  • Pukulan chop, teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari atas ke bawah agar menciptakan pukulan yang amat keras.
  • Pukulan forehand, jika anda seorang pengguna tangan kanan, teknik ini dilakukan jika bola datang dari kanan.
  • Pukulan backhand, jika anda seorang pengguna tangan kanan, teknik ini dilakukan jika bola datang dari kiri.

Baca juga: Tenis Meja – Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat


Demikianlah artikel hari ini tentang Tenis Lapangan - Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasar. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://olahragapedia.com/teknik-dasar-tenis-lapangan
https://id.wikipedia.org/wiki/Tenis
https://pemboronglapangan.wordpress.com/2016/09/07/sejarah-tenis-lapangan/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR