Type something and hit enter

By On
Tahukah Anda berapa jumlah pemain softball tiap regunya? Jika belum, tepat sekali Anda mendatangi blog Materi Olahraga karena kami akan membahas jumlah pemain softball dan tugasnya/posisinya.

Selain itu juga kami akan membahas peraturan softball terbaru dan terlengkap beserta cara bermain softball dan peralatan, perlengkapan permainan softball.

Jumlah Pemain Softball, Peraturan, Perlengkapan dan Cara Bermain Softball


Simaklah artikel ini tentang jumlah pemain softball tiap regu ada berapa orang, peraturannya apa saja, peralatan dan perlengkapan softball beserta cara bermain softball yang baik dan benar.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Softball

Jumlah Pemain Softball

Gambar posisi pemain softball

Jumlah pemain softball tiap regu terdiri atas sembilan orang. Di antara sembilan pemain tersebut harus ditunjuk seorang menjadi kapten. Kapten nantinya bertugas untuk berhubungan dengan wasit (umpire). Susunan pemainnya adalah sebagai berikut.
  1. 1 orang = pitcher
  2. 2 orang = catcher
  3. 3, 4, 5 orang = base man/girl
  4. 6 = short stop, short fielder
  5. 7, 8, 9 = left fielder, middle fielder, dan right fielder.

Baca juga: Sejarah Permainan Softball beserta Pengertiannya

Ukuran Lapangan Softball


Lapangan permainan softball berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sebagai berikut.
  1. Panjang tiap-tiap sisinya adalah 16,76 meter.
  2. Jarak home base ke tempat pelempar (pitcher's plate) adalah 13,07 meter.
  3. Tempat pelempar berdiri (pitcher's plate) lebih kurang 60 x 15 cm.
  4. Permmainan softball memiliki tiga tempat hinggap yang dinamakan base, yaitu base 1, base 2, base 3, sedangkan base 4 langsung dilalui dan merupakan tempat untuk memukul. Base biasanya berbentuk bantalan/karpet karet dengan ukuan 38 x 38 cm dengan tebal 5 cm - 12,5 cm. Home base berukuran 42,5/43 x 21,5 cm dengan sisi puncaknya masing-masing berukuran 30 cm.
  5. Perpanjangan garis dari home base 1, 2, dan 3 dinamakan garis batas. Garis sektor (fair territory), berguna untuk menentukan apakah bola jatuh di dalam atau di luar arena permainan.

Perlengkapan Permainan Softball


Perlengkapan untuk pemain softball selain baju, kostum yang seragam dan bernomor, juga terdapat alat-alat terutama untuk penjaga. Perlengkapan untuk pejaga ialah glove, yaitu semacam sarung tangan tebal dan terbuat dari kulit, mempunyai anyaman di antara ibu jari dan jari-jari lainnya.

Glove harus memenuhi syarat-syarat tertentu di antaranya berat glove lebh dari 283,33 gram. Untuk penjaga belakang (catcher), selain glove juga dilengkapi dengan pelindung muka atau kepala (masker atau face mark) dan body protector (pelindung seluruh tubuh).

Baca selengkapnya: Peralatan dan Perlengkapan Permainan Softball

Cara Bermain Softball


Berikut ini cara bermain softball yang baik dan benar.
  1. Pada regu yang mendapat giliran untuk memukul, setiap pemain mendapat kesempatan tiga kali memukul, jika pukulan yang pertama atau kedua baik, maka pemain yang bersangkutan harus lari.
  2. Urutan memukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum main.
  3. Pemukul yang pertama tidak boleh dilalui oleh pemukul yang kedua, kedua oleh yang ketiga, dan seterusnya.
  4. Tiap-tiap base hanya boleh diisi oleh seorang pemain.
  5. Pada waktu bola dalam permainan, para pemain bebas mengadakan gerakan, kecuali bila pitcher sudah siap untuk melempar bola kepada pemukul.
  6. Pada waktu lari atau akan ditik, pelari tidak boleh menghindari dengan berlari ke luar atau ke dalam lebih dari pada batas yang telah ditentukan, yaitu kurang lebih 1 meter dari garis batas.

Baca selengkapnya: Tata Cara Bermain Softball

Peraturan Permainan Softball


1. Cara Pitcher Melempar Bola


Berikut ini caranya:
  1. Pitcher melempar bola dari belakang diayunkan ke depan, pada waktu melemparkan, salah satu kaki harus berada pada tempat pelempar sebelum bola itu lepas dari tangannya.
  2. Bola yang dilemparkan dengan baik ialah bola yang berada di atas home base di antara lutut dan bahu si pemukul.
  3. Bila bola yang dilemparkan baik, tetapi tidak dipukul, umpire mengatakan strike, sedangkan bola yang dilemparkan salah dan tidak dipukul dinamakan ball.

2. Strike


Dalam permainan softball, strike dihitung apabila:
  1. Bola dipukul, baik kena ataupun tidak kena.
  2. Lemparan biak, walaupun bola tidak dipukul.
  3. Bola yang dipukul meleset ke luar. Jika pukulan itu terus-menerus meleset, maka diulang sampai pukulan itu baik. Akan tetapi, jika pukulan yang meleset itu melambung dan tertangkap oleh si penjaga, maka pemukul itu langsung "mati".

3. Lari Bebas (Free Walk)


Seorang pemain akan diberikan kesempatan lari bebas apabila:
  1. Pitcher melemparkan bola empat kali salah (4 x ball).
  2. Pemukul dihalang-halangi pada waktu akan menuju ke base.
  3. Semua base terisi, sedangkan pemukul telah empat kali tidak memukul karena pitcher selalu salah dalam melempar bola (ball).

4. Cara Mematikan dan Bertukan Tempat


Cara mematikan ialah dengan jalan "ditik", yaitu menyentuhkan bola ke badan pelari sebelum pelari mengenai base. Pada waktu mentik, bola tidak boleh lepas dari tangan. Kecuali pada lari yang tepaksa, cukup dengan jalan "membakar", yaitu sambil memegang bola, menginjak base yang dituju pelari. Bertukar tempt dilakukan apabila suatu tim terjadi tiga kali mati.

5. Cara Mendapat Angka atau Nilai


Setiap pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali dengan selamat, mendapat nilai satu. Setiap pelari yang menuju ke base harus berada pada base, tidak boleh lewat.

Jika pelari lewat, ia boleh ditik. Hanya lari pada base yang pertama boleh lewat, tetapi bukan pura-pura yang maksudnya agar dapat turun ke base yang kedua. Jika ada bola yang dipukul melambung dan ditangkap oleh si penjaga, maka si pemukul itu langsung "mati".

Para pelari harus kembali ke base (tempat) semula dengan cepat agar base-nya tidak dibakar. Pelari-pelari yang kembali dapat dimatikan. Dalam permainan softball, pemukul atau pelari yang telah dimatikan tidak dapat melanjutkan perjalanannya. Ia selanjutnya masuk ke kotak yang telah disediakan dan menunggu giliran untuk memukul lagi.

6. Pembantu


Setiap regu mempunyai dua orang pembantu yang berpakaian seragam dengan regunya. Kedua pembantu tersebut kerjanya memberi petunjuk kepada pemukul dan pelari base. Tempatnya di tempat pembantu, yakni satu orang di sebelah kanan dan satu orang di sebelah kiri.

7. Lamanya Bermain (Duration of Play)


Lamanya bermain softball ditentukan dengan inning. Dapat juga ditentukan dengan waktu bila dengan inning terlalu lama. Akan tetapi pada umumnya dengan inning.
  1. Lamanya main untuk baseball : 9 inning.
  2. Lamanya main untuk softball : 7 inning.

8. Umpire (wasit)


Pada permainan softball terdapat empat orang umpire yang terdiri atas kepala umpire dan base umpire sebanyak tiga orang. Kepala umpire tempatnya di belakang catcher, sedangkan base umpire bertugas di lapangan menentukan matinya masing-masing base.

9. Daftar istilah dalam Permainan Softball


  • Strike: baik
  • Ball: salah
  • Batter: pemukul; pemukul 1,2,3, dan seterusnya
  • Runner: pelari; pelari 1,2,3, dan seterusnya
  • Inning: satu kali giliran memukul dan satu kali giliran jaga
  • Umpire: wasit
  • Pitcher: pelambung
  • Catcher: penjaga belakang
  • Bunt: pukulan tanpa ayunan
  • Base umpire: pengawas base
  • In fieldfly: pemberitahuan umpire kepada para pelari, yaitu jika ternyata pukulannya dapat ditangkap oleh penjaga.
  • Play ball: perintah dari umpire untuk memulai permainan.
  • Home run: pelari atau pemukul yang dapat masuk kembali tanpa diselingi pukulan yang lain.
  • Free walk: lari bebas
  • Batter box: tempat memukul
  • Strike fault: pukulan salah.
  • Sliding: berhenti pada base sambil menjatuhkan badan agar sukar ditik.

Baca selengkapnya: Peraturan Permainan Softball Terbaru dan Terlengkap

Demikianlah artikel tentang jumlah pemain softball, peraturannya, peralatan dan perlengkapan softball beserta cara bermain softball. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR