Type something and hit enter

By On
Teknik dasar permainan Softball - Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain softball beserta gambarnya.

Adapun beberapa tekniknya meliputi: cara memegang bola, cara melempar bola, cara menangkap bola, teknik memegang alat pemukul (bat), teknik memukul bola softball, teknik berlari ke base atau antar base dan teknik sliding atau meluncur.

Untuk mengingatkan kalian kembali tentang apa yang dimaksud permainan softball. Pengertian softball atau sofbol adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim.

Berikut ini cara bermain softball lengkap.

Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya



1. Teknik dasar Softball memegang bola


Dalam teknik melempar bola juga dipengaruhi oleh pegangan dalam memegang bola softball adapun macam-macam pegangan dala memegang bola softball yaitu:
Teknik dasar Softball memegang bola

Pegangan Empat Jari atau Four Finger Grip

Cara memegang bola dengan empat jari ini adalah dengan menempelkan kelima bagian jari pada sekeliling bola sedemikian rupa sehingga menjadi satu genggaman.

Hasil lemparan menggunakan teknik genggaman ini menghasilkan bola putaran samping sehinga arah bola ke samping luar.

Pegangan Dua Jari atau Two Finger Grip

Cara memegang bola dengan dua jari adalah salah satu bentuk pegangan bola dengan menempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada bagian atas bola, dengan disangga oleh ketiga jari lainnya.

Pegangan ini menghasilkan putaran bola ke arah belakang atau back spin sehingga lintasan jalannya bola mendatar karena pengaruh putaran bola ke belakang.

Pegangan Tiga Jari atau Three Finger Grip

Cara memegang bola tiga jari adalah suatu bentuk pegangan terhadap bola dengan menempatkan atau meletakkan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah dan jari manis dan disangga dengan jari kelingking dan ibu jari di bagian bawah bola.

Lintasan jalannya bola mendatar dengan putaran bola ke arah belakang karena pengaruh lecutan ketiga jari tersebut.

Menurut Endang Widyastuti (2013:17) Teknik pegangan tersebut merupakan modal atau aset dasar agar mendapat hasil lemparan yang baik. Kekuatan atau power, kecepatan, arah bola dan ketepatan sasaran menjadi unsur utama yang harus diperhatikan dalam melakukan lemparan


2. Teknik dasar Softball melempar bola

Teknik dasar Softball melempar bola

Menurut Endang WIdyastuti (2013:17) teknik melempar merupakan bagian yang sangat penting dalam permainan softball.

Teknik melempar bola dalam permainan softball dilakukan harus dengan memenuhi unsur utama yang harus diperhatikan dalam melakukan gerakan melempar bola softball yaitu kekuatan (power), kecepatan melempar, arah bola dan ketepatan sasaran

Ada 4 (empat) jenis teknik melempar yaitu lemparan atas atau overhand throw, lemparan bawah atau under hand toss, lemparan samping atau side hand throw, dan lemparan dengan lecutan.

Adapun jenis-jenis teknik lemparan bola softball yaitu:

Teknik Lempar Atas atau Overhand Throw

Lemparan ini disebut lemparan atas karena sesuai dengan gerak ayunan tangan lengan dilakukan ke atas melewati garis horizontal pada persendian bahu.

Teknik lempar atas memungkinkan bola dilempar dengan kuat, sehingga memiliki kecepatan tinggi, lemparan ini biasanya digunakan untuk melempar bola ke arah sasaran yang terbilang jauh (Endang Widyatusti, 2013:19)

Teknik Lemparan Bawah atau Under Hand Toss

Lemparan bawah adalah suatu lemparan yang dilakukan dengan cepat, dilakukan dalam jarak dekat dengan tujuan agar dapat mematikan lawan dengan cepat.

Gerak lemparan tidak terlalu kuat atau relatif lambat sesuai dengan jarak kedua pemain, sehingga bola lambat tetapi tepat pada sasaran (Endang Widyatusti, 2013:20).

Teknik Lemparan Samping atau Side Hand Throw

Lemparan samping biasanya digunakan dalam jarak pendek yang memerlukan
waktu cepat, lintasan bola dalam lemparan samping bergerak lurus dan lebih cepat mencapai sasaran.

Lemparan ini biasanya dipergunakan pemain in field yang membutuhkan kecepatan dan keakuratan bola (Endang Widyastuti, 2013:21).

Teknik Lemparan dengan lecutan

Unsur utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan melempar bola softball antara lain: kecepatan, ketepatan, melempar dan jalannya bola serta kemudahan untuk melakukan gerakan lemparan.

Melakukan gerakan melempar yang benar tidak lepas dari fase-fase yang harus dilakukan. Gerakan melempar dapat dibagi menjadi 4 fase yaitu posisi siap berdiri, gerak awalan, gerakan melempar dan gerakan lanjutan.

3. Teknik dasar Softball menangkap bola

Teknik dasar Softball menangkap bola

Menurut Endang Widyastuti (2013:25) Menangkap adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pemain untuk dapat menguasai bola dengan tangan yang memakai glove dari hasil pukulan maupun hasil lemparan teman dengan tujuan mematahkan serangan lawan atau mematikan pelari.

Ketrampilan ini perlu dimiliki dan dilatih terhadap pemain agar dapat bermain dengan baik. Salah satu faktor terpenting dalam menangkap bola softball, adalah bahwa pemain tersebut harus tetap berkonsentrasi dan mengamati bola yang sedang bergerak dalam permainan (Dell Betthel, 1993:17).

Menangkap bola pada dasarnya ada tiga jenis yaitu

Menangkap bola lurus/datar 

Cara menangkap bola datar atau straight ball dengan posisi badan berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada.

Bola ditangkap dengan tangan kiri yang memakai glove dan tangan kanan siap melempar bola.

Menangkap bola lambung

Cara menangkap bola lambung atau fly ball yaitu dengan posisi badan ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

Menangkap bola gulir atau menggelinding

Cara menangkap bola gulir atau groundball yaitu bola yang datangnya menggelinding di atas tanah ditangkap dengan cara berlutut sedemikian rupa dan tangan yang memakai glove ditempatkan pada arah datangnya bola.

Sedangkan tangan yang lainnya siap untuk menangkap dan melempar bola.

4. Teknik dasar Softball memegang alat pemukul (bat)

Teknik dasar Softball memegang alat pukul (bat)

Cara memegang alat pemukul baseball perlu diperhatikan adalah, alat pukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan merapat atau sediki renggang dengan posisi tangan kanan di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

Adapun macam-macam teknik memegang kayu pemukul dalam permainan softbol dibagi menjad 3 (tiga) yaitu pegangan bawah, pegangan tengah, dan pegangan atas.


5. Teknik dasar Softball memukul bola

Teknik dasar Softball memukul bola

Memukul adalah salah satu teknik dalam softball yang dilakukan oleh regu penyerang, dengan melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher (Endang Widyastuti, 2013:28).

Pada teknik memukul terdapat satu gerak yang kompleks, karena didalamnya diperlukan koordinasi dan pengamatan, pengambilan keputusan untuk memukul, kecepatan dan kekuatan untuk memukul lemparan pitcher dengan kecepatan yang belum diketahui.

Memukul bola adalah suatu ketrampilan yang sukar dilakukan sehingga setiap pemain softball dituntut harus selalu mengembangkan ketrampilan koordinasi antara tangan, mata dan pengamtan yang diperlukan untuk memukul bola.

Oleh karena itu, penguasaan teknik memukul bola bagi seorang pemain khususnya bagi regu penyerang harus dikuasai dengan baik dan benar, bola yang dipukul harus bola yang melewati strike zone atau dengan ketinggian setinggi lutut sampai dada pemukul.

 6. Teknik dasar Softball berlari ke Base atau antar Base


Teknik berlari ke base dalam permainan softball dilakukan setelah pemain (batter) memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher, batter harus menggunakan lari cepat atau sprint.

Dengan teknik lari sprint berlari dengan ujung kaki, ayunan lengan tidak tegang, badan condong ke depan dan paha diangkat tinggi.

Jika akan melewati lebih dari satu base atau terjadi home run pelari mengambil tikungan sebaiknya tidak terlalu dekat dengan base tetapi kurang lebih 2-4 meter sudah melakukan lari menikung (Endang WIdyastuti, 2013:33).

7. Teknik dasar Softball sliding atau meluncur

Teknik dasar Softball sliding atau meluncur

Sliding adalah teknik gerakan meluncurkan badan untuk mencapai ke base yang tuju dengan tidak mengurangi kecepatan dengan kaki atau tangan terlebih dahulu berusaha menyentuh base.

Tujuan melakukan sliding adalah dapat mencapai base tanpa mengurangi kecepatan dan menghindari ketikan atau sentuhan lawan dengan cara menjatuhkan diri, memegang base dengan kaki atau tangan terlebih dahulu (Endang Widyastuti, 2013:34).

 BACA JUGA: Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan


Demikianlah artikel hari ini tentang 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

 
Referensi: lib.unnes.ac.id/20850/1/6211411081-S.pdf
https://satujam.com/teknik-dasar-permaianan-softball/
https://gustiarab.files.wordpress.com/2013/05/softball-kelas-x-1.pdf

Sumber gambar: http://pesmanitra.blogspot.com

http://sport.10terbaik.com

https://olahragapedia.com

http://sakersomu.blogspot.com

http://pusatinformasi212.blogspot.com

KLIK UNTUK BERKOMENTAR