Type something and hit enter

By On
Peralatan Permainan Softball dan Fungsinya - Perlengkapan untuk dapat bermain softball atau sofbol dengan aman dan lancar. Peralatan yang digunakan untuk bermain antara lain: glove, bola softball, pemukul (bat), helm, topi,  body protector, pelindung kaki (leg protector), masker, sepatu pool (cleats), seragam, lapangan softball dan home plate.

Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan permainan softball? Permainan softball adalah olahraga bola beregu terdiri dari dua tim yaitu regu yang berjaga defensif dan regu yang memukul offensif.

BACA JUGA: 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya


Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang perlengkapan permainan softball dan fungsinya. Baca penjelasannya dibawah ini.

Peralatan & Perlengkapan Permainan Softball


#1 Glove (pelindung tangan)


Glove softball sama dengan sarung tangan pada olahraga baseball. Dalam permainan softball sarung tangan (glove) dipakai oleh seluruh pemain bertahan gunanya untuk memudahkan menangkap bola sebab dengan bentuk yang besar bola tidak gampang lepas, fungsi lainnya melindungi tangan agar tidak mengalami kesakitan saat menangkap bola yang biasanya datang dengan cepat.

Sarung tangan softball terbuat dari kulit agak tebal supaya kuat dan tahan lama. Sarung tangan softball berukuran 38 x 38 cm dan beratnya 283 gram. Glove dikenakan oleh seluruh pemain bertahan, sementara first baseman dan catcher mengenakan mitt.

Apa perbedaan glove dengan mitt? Glove terdapat jari-jari sedangkan mitt tidak terdapat jari-jari hanya polos saja.

#2 Bola Softball


Bola yang digunakan dalam permainan softball berbeda dengan bola yang digunakan dalam permainan baseball. Perbedaannya terletak pada ukuran bola. Bola softball dengan ukuran keliling bola softball sekitar 27,9-30,5 cm. Beratnya sekitar 178,9 gram -198,4 gram.

Bola softball bentuknya bulat dan berwarna kuning atau putih, pada setiap sisi bola dijahit dengan benang tebal, biasanya berwarna merah. Bola softball terbuat dari kulit sintesis atau synthetic leather.

#3 Pemukul (Bat)


Tongkat pemukul softball berfungsi untuk memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher sejauh mungkin.

Tongkat pemukul (bat) yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang ada, biasanya panjang tongkat pemukul 86,5 cm. Tongkat pemukul atau bat terbuat dari aluminium, besi, dan kayu.

#4 Helm (Light guard)

Helm (Light guard)

Tidak semua pemain softball menggunakan helmet atau helm, ada juga yang hanya menggunakan topi sebagai pelindung kepala. Hanya Batting serta Catcher yang menggunakan helm saat bertanding.

Pada umumnya ada dua jenis helm yang digunakan dalam permainan softball, yakni Batting Helmet, helm wajib dipakai oleh setiap pemain pada saat memukul bola dan saat menjadi pelari di base. Jenis helm kedua yakni Catcher Helmet wajib dikenakan oleh setiap catcher pada waktu bertugas di lapangan.

Perbedaannya dari kedua helmet tersebut silahkan lihat gambar di atas.

#5 Topi


Topi juga digunakan sebagai pelindung kepala selain memakai helm. Karena permainan softball ditandingkan pada lapangan terbuka atau outdoor, jadi topi sangat dibutuhkan oleh pemain, terutama apabila cuaca panas. Topi juga sangat membantu untuk pemain lebih fokus dalam mengawasi bola dari arah atas.

#6 Pelindung badan (Body protector)


Pelindung badan yang digunakan oleh pemain yang berposisi sebagai Catcher biasa juga disebut dengan Body Protector.

Catcher adalah pemain yang tugasnya untuk menangkap bola yang dilempar oleh pitcher yang tidak bisa dipukul oleh pemain lawan. Catcher berposisi jongkok pada samping pemain pemukul dan lurus dengan pitcher, karena posisi ini sangat riskan oleh bola nyasar dari pitcher maka catcher dilengkapi dengan pelindung badan atau body protector.

#7 Masker


Selain pelindung badan dan kepala, ada juga masker yang digunakan sebagai proteksi terhadap wajah. Bagian wajah bisa saja terkena lemparan bola dan agar tidak cedera , masker sangat dibutuhkan.

#8 Sepatu Pool (Cleats)


Perlengkapan ini sangat penting bagi semua pemain. Sepatu yang dianggap sah terbuat dari kanvas, kulit halus dan sejenisnya. Solnya boleh rata atau berpahat dari karet. Dan juga sol logam dan plat tumit juga boleh digunakan, asal paku yang menonjol tidak lebih panjang dari 2 cm (1/4 inci).

Sepatu yang diberi metal spike disekelilingnya dianggap tidak sah, karena bisa membahayakan keselamatan pemain lain dan dirinya sendiri.

#9 Seragam


Tiap-tiap pemain wajib menggunakan seragam berwarna dasar sama. Untuk pembagian pakaian biasanya pemain mengenakan celana panjang dan kaos dilengkapi dengan nomor dada dan nomor punggung, sedangkan wasit seragamnya berwarna biru laut dan celana biru tua.

#10 Pelindung kaki (Leg protector)


Pelindung kaki juga diperlukan dalam permainan softball agar tidak terjadi cedera dalam bentuk apapun. Mengingat softball adalah permainan aktif di mana pemainnya harus berlari menangkap bola atau meraih base di mana terkadang ada sampai yang terjatuh.

#11 Home Plate

Home Plate
Home Plate dalam permainan softball bisa dikatakan sebagai base keempat karena setelah pemain melewati base ketiga, pemain tersebut harus menginjak home plate untuk mendapatkan poin. Jika tidak menginjak home plate maka tidak mendapatkan poin.

Ukuran home plate yaitu 45 cm x 22 cm x 31,8 cm. Lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya. Home plate berbentuk segi lima, berbeda dengan base 1, 2 dan 3 yang berbentuk segi empat.

#12 Aksesoris Bat


Aksesoris untuk pemukul bat juga diperlukan walaupun tidak wajib seperti perlengkapan lainnnya. Untuk bagian grip, ada pemain yang ingin berbeda dari yang lain sehingga menggunakan aksesoris agar membuat mereka lebih nyaman.

#13 Lapangan Permainan Softball

Lapangan Permainan Softball

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar, terbagi menjadi dua daerah yaitu daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fail terbagi lagi menjadi dua bagian, bagian dalam (infield), dan bagian luar (outfield).

Adapun ukuran lapangan permainan softball bisa melihat gambar di atas.
  • Ukuran panjang tiap-tiap sisinya 16,76 m.
  • Jarak dari home ke base 13,07 m.
  • Tempat pelempar berdiri  seluas 60 x 15 cm.
  • Base 1, 2, 3 terbuat dari karpet karet ukuran 38 x 38 cm dan tepal sampai  12,5 cm.
  • Base 4 ukuran 43 x 21,5 cm dengan sisi puncaknya berukuran 30 cm.

BACA JUGA: Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan


Demikianlah artikel hari ini tentang 13 Peralatan dan Perlengkapan Permainan Softball dan Fungsinya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih

KLIK UNTUK BERKOMENTAR