Type something and hit enter

Posted by On
Ukuran Lapangan Futsal - Permainan futsal membutuhkan lapangan khusus. Hal ini karena olahraga ini umumnya dimainkan di dalam ruangan (indoor), sehingga lapangan dilengkapi oleh pembatas terbuat dari kawat/jala agar bola tidak terlempar keluar lapangan.

Di lapangan futsal perlu dilengkapi oleh berbagai fasilitas, seperti tempat duduk penonton, tempat wasit, tempat duduk pelatih, dan pemain cadangan.

Berikut ini ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional beserta gambarnya lengkap.

Ukuran Lapangan Futsal Internasional dan Nasional + Gambarnya

Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional


Berdasarkan standar FIFA, lapangan futsal harus memiliki panjang 38 m sampai dengan 42 m dengan lebar 18 m sampai dengan 25 m. Selanjunya, lapangannya harus dibatasi oleh touch line (garis kedua sisi panjang lapangan) dan goal line (garis di sekitar gawang).

Lebar garis tersebut adalah 8 cm. Lapangan dibagi menjadi dua bagian, sama seperti lapangan sepakbola, yang ditandai dengan titik tengah. Pada titik tengah tersebut dibuat lingkaran dengan diameter 3 m.

Pada area penalti, dibuat lingkaran berdiameter 6 m dari arah gawang, sedangkan titik penalti berjarak 6 m dari titik tengah gawang.

Untuk titik penalti kedua, jaraknya 10 m dari titik tengah gawang. Titik untuk melakukan tendangan sudut adalah radius 25 cm dari masing-masing garis sudut lapangan.

Posisi pemain cadangan berada dalam radius 5 m di sepanjang garis panjang lapangan.

Aturan resmi ini belum sepenuhnya dilakukan oleh sebagian besar penggemar utsal. Pada beberapa lapangan futsal, masih ditemukan lapangan yang hanya memiliki panjang 15 m dan lebarnya 15 m.

Bagi mereka, lapangan seperti ini bukan menjadi soal. Hal itu karena mereka lebih mengutamakan kesenangan dan kekompakan ketika bermain futsal dibanding mengurus ukuran lapangan futsal.

Secara singkatnya, ukuran lapangan futsal berstandar FIFA adalah:
Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional
  • Ukuran Lapangan futsal standar internasional memiliki panjang 38 - 42 m dan lebarnya 18 - 25 m.
  • Garis batas selebar 8  cm yakni garis kedua sisi panjang lapangan dan garis di sekitar gawang.
  • Pada titik tengah dibuat lingkaran berdiameter 3 m.
  • Pada area penalti dibuat lingkaran berdiamter 6 m dari arah gawang.
  • Titik penalti berjarak 6 m dari titik tengah gawang.
  • Titik penalti kedua berjarak 10 m dari titik tengah gawang.
  • Titik tendangan sudut berjarak 25 cm dari masing-masing garis sudut lapangan.
  • Posisi pemain cadangan berada dalam radius 5 m di sepanjang garis lapangan.
  • Ukuran gawang futsal: tinggi gawang 2 m dan lebarnya 3 m.

Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional


Berikut ini ukuran lapangan futsal nasional / ukuran lapangan futsal mini beserta gambarnya.
Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional
  • Ukuran lapangan futsal standar nasional memiliki panjang 25 - 42 m dan lebarnya 15 - 25 m.
  • Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan;
  • Lingkaran tengah: berdiamter 6 m;
  • Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos.
  • Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang.
  • Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang.
  • Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
  • Ukuran gawang futsal: tinggi 2 m x lebar 3 m.

Daerah Penalti


Areal di depan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran disebut daerah penalti. Penentuan daerah penalti sebagai berikut.
  1. Dibuat dua buah garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dengan titik pusat setiap tiang gawang. Masing-masing garis dibuat di sisi luar setiap tiang gawang.
  2. Satu ujung setiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Satu ujung yang lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujung yang berada di depan kedua tingan gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 m sejajar dengan garis gawang dan kedua tiang gawang. Ukuran 3,16 m didapat dari penambahan lebar gawang (3 m) dengan diameter kedua tiang gawang (setiap tiang berdiameter 8 cm).

Titik Penalti Pertama


Titik penalti pertama adalah ittik dengan jarak 6 m dari titik tengah antara kedua tingan gawang. Titik ini tepat beada di garis yang menggambarkan daerah penalti.

Titik Penalti Kedua


Titik penalti kedua adalah titik dengan jarak 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.

Daerah Tendangan Sudut


Di setiap sudut di dalam lapangan dibuat garis setengah lingkaran berjari-jari 25 cm.

Daerah Bebas


5 mete ke kanan dan ke kiri dari perpotongan garis tengah dan garis samping disebut daerah bebas. Daerah bebas ini dimaksudkan sebagai daerah bebas pandangan lapangan. Karena, itu daerah bebas ini harus tetap kosong.

Di luar lapangan dari daerah bebas ini terdapat meja bagi wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak garis lapangan dengan meja paling kurang 2 meter.

Daerah Penggantian Pemain


5 meter dari batas daerah bebas adalah daerah penggantian pemain. Daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping, dengan lebar garis 8 cm dan panjang 88 cm (40 cm di dalam lapangan dan 40 cm di luar lapangan).

Gawang


Gawang harus ditempatkan di bagian tengah dari masing-masing garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang gawang (goal post) yang sama dan dihubungkan dengan palang gawang secara horizontal (cross bar).

Jarak antartiang gawang (diukur dari bagian dalam tiang) 3 meter dan jarak dari lapangan ke palang gawang (diukur dari bagian dalam palang) atau tinggi gawang adalah 2 meter.

Kedua tiang gawang dan palang gawang memiliki diameter yang sama, yakni 8 cm. Bahan yang digunakan bisa terbuat dari kayu atau besi. Bentuk tiang gawang bisa kotak atau bulat.

Bentuk bulat lebih dianjurkan karena akan memberi ketepatan bila bola menyentuh tiang gawang. Selain itu, bentuk tiang gawang yang bulat tidak membahayakan.

Permukaan Lapangan


Permukaan lapangan harus mulus, rata dan tidak kasar. Disarankan penggunaan kayu atau lantai parkit, atau bahan buatan lainnya yang mempunyai resiko minimal terhadap keselamatan pemain.

Yang harus dihindari adalah penggunaan bahan dari beton atau konblok karena bahan ini memiliki resiko yang cukup besar terhadap cedera.

Baca juga: Futsal: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya

Demikianlah artikel tentang ukuran lapangan futsal standar internasional dan standar nasional beserta gambarnya yang diulas oleh Materi Olahraga. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar