Type something and hit enter

By On
Peraturan Permainan Softball - Sofbol merupakan permainan yang termasuk dalam olahraga bola kecil. Permainan ini memiliki peraturan-peraturan internasional yang ditetapkan oleh induk organisasi sofbol internasional yakni ISF (International Softball Federation).

Sebutkan peraturan permainan softball? Berikut ini peraturan bermain softball yang baru dan resmi.

BACA JUGA: 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]


Peraturan Permainan Softball


Peraturan Permainan Softball Internasional


a. Peraturan Pemain

  1. Terdiri dari dua regu, satu regu terdiri dari 9 orang pemain.
  2. Saat melakukan pergantian pemain harus memberitahukan kepada umpire (wasit).
  3. Pemain yang telah digantikan tidak boleh bermain lagi.

b. Peraturan Permainan

  1. Harus dilakukan undian (toss) dengan uang logam untuk memilih siapa yang menjadi partai penjaga (Home-Team/HT) dan siapa yang menjadi partai pemukul (Visiting-Team/VT).
  2. Jumlah permainan softball dilakukan dalam 7 inning. Apa itu inning? Inning sama dengan babak pada olahraga lainnya.
  3. Apabila suatu regu tidak hadir di lapangan pada waktu bertanding, regu tersebut dinyatakan kalah, dan regu yang menang mendapatkan nilai 7-0.

c. Pitching (melempar)

Apa yang dimuksud dengan pitching? Pitching adalah  melempar bola softbol yang dilakukan oleh seorang pitcher/pelempar kepada batter/pemukul. Lalu bagaimana cara melakukan pitching? Cara melakukannya adalah:
  1. Pitcher wajib berdiri di atas pitcher's plate atau kedua kaki cukup menyentuh plate dengan tumit ujung kaki.
  2. Pitcher harus menghadap ke arah batter/pemukul.
  3. Pitcher harus memegang bola jika akan melakukan pitching & wajib di depan badan.
  4. Pada saat melakukan pitching, pitcher hanya boleh melangkah satu langkah ke depan/ke arah batter dan gerakan harus simultan.
  5. Putaran lengan hanya satu kali (ke belakang).
  6. Pitcher hanya boleh menahan bola selama 30 detik.
  7. Antara kotak bola dengan glove paling cepat 2 detik.
  8. Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan tersebut oleh pitcher dinyatakan illegal pitch (tidak sah).
  9. Bila terjadi illegal pitch, bola dinyatakan mati, pelari di base maju satu base, pemukul (batter) memperolah tambahan ball, kejadian ini dinamakan "baik".

d. Batting (memukul)

Apa yang dimaksud dengan batting? Batting adalah memukul bola sofbol yang dilakukan oleh batter (pemukul). Bagaimana cara melakukan batting? Cara melakukannya adalah:
  1. Batter/pemukul harus berdiri di dalam batter's box, jika salah satu kaki keluar dari batter's box pada saat memukul bola dan kena, baik fair-ball maupun foul-ball, maka pemukul dinyatakan mati (out). Pelari-pelari di base tidak boleh maju.
  2. Batter/pemukul harus memukul sesuai dengan urutan pemukul atau harus sesuai dengan daftar pemain yang ada pada panitia.
  3. Apabila terjadi out ke-3 (mati ke-3) pada saat seorang batter belum menyelesaikan gilirannya, maka ia akan menjadi pemukul pertama pada inning berikutnya.

e. Strike

Strike dinyatakan kepada batter apabila: Strike adalah batter memukul bola sofbol yang dilemparkan oleh pitcher sampai 3 kali tapi tidak mengenai bola, dan pada lemparan ke tiga bola berhasil ditangkap oleh catcher.

Apabila strike terjadi maka pemukul harus keluar dan ganti jadi penjaga lapangan. Dalam permainan sofbol strike terjadi apabila:
  1. Pemukul/batter berhasil atau tidak berhasil memukul bola dari pitcher yang masuk strike-zone ataupun yang tidak masuk strike-zone; apabila hal demikian terjadi pada strike III dan ditangkap catcher, batter/pemukul dinyatakan out. Atau jika kurang dari 2 out, bola dilepaskan oleh catcher dan first base ada pelari, batter dinyatakan out. 
  2. Foul-tape yang ditangkap catcher.
  3. Foul-ball yang terjadi sebelum pukulan ke-3 dan tidak tertangkap oleh fielder (penjaga).
  4. Bola dari pitcher yang dipukul oleh batter namun tidak kena.

Catatan: Pelari-pelari di base boleh lari, kecuali pada base ke-3 dan bila mereka harus kembali ke base semula dan tidak dapat dimatikan.

f. Ball

Ball dinyatakan kepada batter, apabila: Ball adalah kesalahan saat melempar bola yang dilakukan oleh pitcher. Ball terjadi apabila:
  1. Bola dari pitcher yang tidak masuk dalam strike-zone dan tidak dipukul.
  2. Apabila terjadi illegal-pitcher (pitching tidak sah).

g. Fair Ball

Fair Ball dinyatakan, apabila: Fair Ball adalah bola sah dalam permainan softball. Fair-ball dinyatakan apabila:
  1. Jatuh atau menyentuh daerah yang sah.
  2. Menyentuh first,second, dan third base atau home-plate.
  3. Jatuh menyentuh daerah di atas first, second, third base walaupun akhirnya berhenti di luar daerah yang sah (foul territory).

Perhatian: Bola tetap dalam permainan, pelari-pelari di base boleh maju ke base berikutnya dengan risiko dapat dimatikan.

h. Foul Ball

Foul Ball dinyatakan, apabila: Foul Ball adalah bola tidak sah atau bola salah. Bola dinyatakan foul-ball apabila:
  1. Jatuh atau berhenti di daerah salah (foul round).
  2. Bolanya langsung jatuh di daerah foul di atas first dan third base walaupun akhirnya bola tersebut masuk kembali ke daerah fair.

Perhatian: Batter/pemukul dinyatakan out/mati apabila foul-ball tertangkap langsung oleh fielder, dalam hal ini pelari di base boleh lari ke base di depannya; namunn, bila bolanya tidak tertangkap, maka pelari yang terlanjur lari harus kembali ke base semula. Tetapi tidak boleh dimatikan. Foul-ball pada pukulan ke-3 tidak diulangi lagi.

i. Pukulan Tumbuk/Bunting

Apa yang dimaksud dengan pukulan tumbuk/bunting dalam softball? Bunting atau pukulan tumbuk adalah pukulan dimana bola hanya dikenakan pada alat pemukul tanpa disertai ayunan (swing), pelari di base boleh lari. Apabila terjadi bunted-foul pada pukulan ke-3, maka batter dinyatakan out, pelari di base tidak boleh bergerak, bola dinyatakan mati (dead-ball).

j. Batter dinyatakan out (mati)

  1. Pada pukulan ke-2 langsung ditangkap oleh catcher.
  2. First-base telah dibakar sebelum batter mencarinya.
  3. Terjadi bund-foul pada pukulan ke-3.
  4. Infield-fly rule (pukulannya melambung tinggi dan jatuh di sekitar lapangan segi empat (diamond), dimana ada pelari first, dan second, dan third base sebelum 2 outs.
  5. Dikatuk sebelum mencapai base pertama.
  6. Foul-ball yang tertangkap langsung.
  7. Fly-ball yang tertangkap langsung oleh fielder.

k. Base running/Pelari di base

Base running adalah berlari dari base 1, ke base 2, dan base 3. Peraturan base running antara lain:
  1. Pelari wajib menyentuh base yang dituju dan harus menurut urutannya, I, II , III, ke home-plate.
  2. Dua pelari tidak boleh menempati 1 base, pelari 1 yang berhak menempatinya.
  3. Batter menjadi base-runner: a.) Berhasil memukul bola dan sah (fair). b.) Pukulan ke-3 tidak tertangkap oleh catcher. c.) Memperoleh ball 4 kali. d.) Diganggu oleh catcher pada waktu memukul. e.)Dia kena bola dari pitcher secara langsung walaupun sudah berusaha menghindar. 
  4. Seorang base-runner dalam usahanya mencapai first base bila larinya terlanjur dibolehkan, kecuali jika ada usaha untuk melanjutkan ke second base tetapi tidak jadi, maka bila ia kembali ke first base dia harus menyentuh lagi base tersebut.
  5. Base runner harus kembali ke basenya, apabila: a.) Foul-ball. b.) Fly-ball yang langsung ditangkap fielder. c.) Batter atau base-runner menganggu fielder.
  6. Base runner dinyatakan out, apabila: a.) Disentuh oleh fielder sebelum atau pada waktu lepas dari base-nya. b.) Bila base yang akan dituju telah dibakar (fielder menginjak base dengan membawa bola. c.) Hal ini terjadi bila force-out artinya suatu kejadian dimana runner terpaksa harus lari ke base di depannya. d.) Pada waktu terjadi fly caught ball, runner yang kembali ke base nya sudah disentuh oleh fielder dengan bola sebelum dia mencapai base. e.) Mengganggu fielder yang akan menangkap bola. f.) Kena bola pukulan secara langsung di luar base, sebelum bola melewati atau disentuh oleh fielder yang lain. g.) Dengan sengaja berdiri di luar basenya (lepas dari base) pada waktu pitcher melakukan pitching.

Peraturan Khusus Permainan Softball

  1. Apabila pertandingan berakhir dengan hasil sama/seri (tie) setelah pertandingan berjalan 7 inning, maka pada pertandingan akan dilanjutkan dengan menambah inning.
  2. Time out diberikan hanya satu kali kepada setiap regu yang bertanding untuk setiap inning, masing-masing selama 1 menit.
  3. Pergantian pemain dapat dilakukan oleh setiap tim kapan saja dengan melapor kepada umpire home dan scorer.
  4. Jika pitcher sudah siap untuk melempar maka pitcher tidak boleh melepaskan touch ball nya dan tidak ada gerakan lain, kecuali melempar bola ke catcher. Dalam gerakan pitching tidak boleh ada gerakan yang diulang-ulang. Jika terjadi hal seperti itu, umpire akan memberikan peringatan dan jika terjadi lagi maka diberi hukuman.
  5. Hukuman bisa berupa freewalk bagi pemain lawan.
  6. Apabila lemparan pitcher mengenai tubuh batter maka batter akan dinyatakan freewalk.
  7. Tim atau regu yang tidak bersedia atau menolak bermain pada waktu yang telah ditentukan dalam play ball maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan skor 15-0. 

 

Perlengkapan dan Peralatan Permainan Softball

Setiap pemain harus menggunakan seragam atau kostum. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel dibawah ini:

BACA JUGA: 13 Peralatan & Perlengkapan Permainan Softball (Fungsinya+Gambar)



Posisi Pemain dalam Permainan Softball


Pitcher

Seorang pitcher berdiri diatas plate dan menghadap ke arah catcher. Pitcher akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mit catcher. Posisi bola lempar mempunyai wilayah khusus yang disebut zona strike, dimana hasil akhir lemparan terdapat diatas home plate dan tingginya tidak lebih dari dada dan tidak kurang dari lutut batter.

Jika bola dalam zona strike tidak terpukul oleh batter, maka umpire berteriak "strike". Dan apabila bola keluar dari zona strike, namun batter tidak mencoba memukul bola maka umpire berteriak "ball".

Catcher

Dalam satu regu setidaknya memiliki satu orang catcher. Posisi catcher adalah jongkok di belakang batter. Seorang pitcher dan catcher diharuskan memiliki komunikasi yang baik dengan isyarat-isyarat untuk bekerjasama mematikan seorang batter.

Seorang catcher kadang adalah pengatur strategi yang baik, karena dalam pertandingan catcher dapat melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.

Fielder

Selain pitcher dan catcher, tim bertahan memiliki 7 orang fielder yang terbagi dalam 4 penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder). Semua fielder termasuk pitcher dan catcher berusaha mematikan 3 orang tim lawan agar mendapat giliran memukul. Karena run hanya bisa didapatkan dalam posisi menyerang.

Batter

Tiap batter mempunyai kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball. Apabila batter berhasil memukul bola, batter akan berlari sekuat tenaga mencapai base satu sebelum bola pukulannya dikembalikan atau ditangkap oleh panjaga base satu.

Jika batter berhasil sampai di base satu sebelum penjaga base satu menangkap bola maka batter "safe". Namun apabila penjaga base satu lebih cepat menangkap bola, maka batter "out".

BACA JUGA: Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan


Demikianlah artikel hari ini tentang Peraturan Permainan Softball (TERBARU+TERLENGKAP). Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://pjok-penjaskes.blogspot.com/2015/10/peraturan-permainan-softball.html
https://aturanpermainan.blogspot.com/2016/09/peraturan-permainan-softball-lengkap.html
staffnew.uny.ac.id - pdf

KLIK UNTUK BERKOMENTAR