Type something and hit enter

Posted by On
Pengertian Senam Adalah: Sejarah, & Jenis-Jenis Senam

Materi senam yang meliputi pengertian, sejarah, macam pola gerak dominan pada senam dan jenis-jenis senam. Pertama kita akan membahas apa itu senam.

Pengertian Senam


Apa yang dimaksud dengan senam? Pengertian senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya.

Senam merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Istilah senam berasal dari bahasa Yunani purba yaitu "gymnos" yang artinya telanjang. Alasan diartikan telanjang karena orang-orang pada zaman itu tidak memakai baju.

Sedangkan istilah senam yang lain yaitu "gymnastic" yang artinya gerak badan atau olahraga baik untuk kesegaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi yang gemilang.

Adapun pengertian senam menurut para ahli yang salah satunya yang dikemukakan oleh Margono. Menurutnya, definisi senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

Sedangkan pengertian senam lainnya, bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani. Gerakannya yang merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti: kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh.

Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.

Macam-Macam Pola Gerak Dominan Senam


Senam dapat dibedakan dari olahraga lainnya oleh seperangkat pola gerak dominannya yang unik. Pola gerak dominan senam antara lain sebagai berikut.
  1. Pendaratan (Landings)
  2. Posisi-posisi statis (Statistic position)
  3. Gerakan berpindah (Locomotion)
  4. Ayunan (Swings)
  5. Putaran (Rotations)
  6. Lompatan (Springs)
  7. Layangan dan ketinggian (Flight and height).

Sejarah Senam 


Sejarah perkembangan senam di dunia dimulai sejak zaman kuno, sebelum masehi, baik di dunia barat, timur maupun timur tengah. Materinya dibagi dalam empat bagian yang masing-masing merupakan satu era dengan cirinya masing-masing yaitu zaman kuno, zaman abad pertengahan dan permulaan zaman modern, zaman modern di eropa dan bagian akhir adalah senam di abad ke-20.

Pada awal abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr. J. Williams, Dr. Dubly Sorgen dan Thomas D. Wood.

Bapak Gymnastic adalah Frederik Jahn, dia mengkombinasikan latihan-latihna gymnastic dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa peralatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat.

Baca juga: Sejarah Senam di Indonesia

Senam memiliki beberapa ciri, diantaranya:
  • Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja.
  • Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelenturan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh).
  • Gerakannya harus selalu tersusun dan sistematis.

Jenis-Jenis Senam


Di dunia olahraga banyak sekali jenis-jenis senam, antara lain:
  1. Senam lantai yaitu senam yang gerakannya dilakukan pada matras, unsurnya meliputi melompat, mengguling, meloncat dan berputar di udara serta menumpu dengan tangan dan kaki.
  2. Senam artistik (atletik) yaitu senam yang biasa disebut dengan senam alat. Dalam perombaan senam atletik terdapat 6 macam yang diperlombakan pada peserta putra dan 4 macam untuk putri. 
  3. Senam aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. Senam aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dilakukan secara massal.
  4. Senam dasar merupakan senam yang menitikberatkan pada bentuk latihan kekuatan, kecepatan, dan ketahanan.
  5. Senam ritmik atau sering disebut juga senam irama merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan alat dan tanpa alat.


Itulah tadi penjelasan ringkas mengenai pengertian senam, sejarah senam, macam pola gerak dominan pada senam, beserta jenis-jenis senam.

Jadi, kesimpulan yang kita dapat yaitu senam adalah aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Demikianlah artikel tentang senam mulai dari pengertian, sejarah, dan jenisnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar