Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes Bagian Senam - Artikel kali ini membahas tentang Senam. Meliputi: pengertian dan macam-macam.

Senam sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, karena senam berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti luas “untuk menampilkan berbagai macam gerakan”. Pada zaman dahulu, senam hanya digunakan untuk menjaga kesehatan saja. Namun, seiring berkembangnya zaman, semakin lama senam mulai dibuat sebagai ajang kompetisi.

Pengertian dan Macam - Macam Senam Artistik


Pengertian Senam Artistik


Senam Artistik
Senam merupakan sebuah gerakan yang dilakukan secara teratur, ada yang menggunakan musik dan ada juga yang tidak, serta ada yangg memakai alat dan ada juga yang tidak. Di bawah ini merupakan pengertian senam artistik.
Senam Artistik adalah salah satu cabang olahraga dari senam yang menggunakan gerakan – gerakan dengan dibantu oleh sebuah alat untuk memperindah suatu gerakan dan disertai oleh sebuah musik.
Tujuan dari senam artistik adalah untuk membuat anda menjadi lebih sehat dan sebagai ajang kompetisi olimpiade. Dalam ajang olimpiade, olahraga ini tidak hanya dilakukan oleh wanita saja. Kaum pria banyak juga yang minat dengan senam ini.

Macam –Macam Senam Artistik


1. Senam Lantai atau Floor Exercise

Senam Lantai
Pada artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas dengan lengkap materi senam lantai. Baca selengkapnya di Senam Lantai [LENGKAP]: Pengertian, Jenis, Teknik, Manfaat, Peraturan.

2. Kuda – Kuda Pelana atau Pommel Horse

Kuda - Kuda Pelana
Nomor senam yang satu ini hanya khusus diakukan oleh seorang laki – laki, karena dalam melakukannya dibutuhkan tenaga dan stamina yang besar. Kuda – kuda sendiri memiliki tinggi punggung 1, 10 meter serta panjang 1, 60 meter dan lebar 35 centimeter.

3. Kuda – Kuda Lompat atau Horse Vault

Kuda - Kuda Lompat
Kuda – kuda lompat atau yang biasa disebut dengan horse vault adalah nomor senam yang terlihat lebih mudah dilakukan dari pada nomor lainnya. Alat ini memiliki tinggi 1, 35 meter. Bisa dilakukan oleh pria maupun wanita.

4. Palang Tunggal atau Horizontal Bar

Palang Tunggal
Dalam pertandingan senam artistik, hal yang paling ditunggu – tunggu oleh masyarakat adalah atlet yang menggunakan palang tunggal. Nomor senam ini sangat menarik perhatikan masyarakat karena dimainkan dengan indah. Alat ini memiliki panjang 2, 40 meter dan tinggi 2, 55 meter.

5. Palang Sejajar atau Parallel Bar

Palang Sejajar
Nomor senam ini hanya dilakukan oleh kaum pria saja, dikarenakan senam ini diperlukan otot lengan yang kuat. Nomor senam ini sangat bagus untuk memperbesar lengan, karena menggunakan gerakan seperti tarikan dan menekan.

6. Gelang – Gelang atau Rings

Gelang - Gelang
Gelang – gelang atau yang biasa disebut dengan rings adalah salah satu alat yang digunakan pada senam artistik dengan ukuran tinggi 2, 55 meter serta jarak 0, 50 meter.

Baca juga: 7 Bentuk dan Macam-Macam Gerakan Senam Aerobik


Demikianlah artikel hari ini tentang Pengertian dan Macam - Macam Senam Artistik. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://gurupenjaskes.com/macam-macam-senam-artistik-putra
https://id.wikipedia.org/wiki/Senam_artistik
https://bayupadhoe.wordpress.com/2014/05/12/pengertian-senam-artistik/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR