-->

Type something and hit enter

Posted by On
Materi Penjasorkes Bagian Senam - Artikel kali ini membahas tentang Senam Aerobik. Meliputi: pengertian, dan sejarah senam aerobik.

Senam merupakan satu kata yang tidak asing lagi bukan bagi anda. Di setiap sekolah sering mengadakan olahraga ini, bisa seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Mengapa sekolah sering mengadakan senam? Karena olahraga ini memiliki manfaat yang sangat banyak.

Salah satu manfaat senam adalah bisa menurunkan berat badan, Apalagi senam aerobik. Dengan gerakan – gerakan yang cepat akan mampu mengeluarkan keringat yang deras dan akan membakar lemak – lemak yang ada di dalam tubuh.

Belum lengkap rasanya jika hanya mengetahui sedikit mengenai senam aerobik. Berikut ini kami akan menjelaskan sedetail dan selengkap – lengkapnya agar anda bisa dengan cepat memahami tentang senam aerobik ini.

Pengertian Senam Aerobik Menurut Ahli dan Sejarah

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli

Pengertian Senam Aerobik
Beberapa ahli telah mendefinisikan apa itu senam aerobik. Berikut ini definisi senam aerobik menurut para ahli.

Dr. Kenneth Cooper


Senam aerobik suatu rancangan gerakan yang dilakukan dengan irama musik untuk membantu memompa oksigen serta denyut jantung.

Jackie Sorensens


Senam aerobik adalah sebuah program kebugaran jasmani yang disertai ekspresi tertawa dengan gerakan berjalan, melompat dan digabungkan dengan tarian.

Marta Dinata


Senam aerobik adalah gerak yang sudah diatur sedemikian rupa dengan cara mengikuti alunan musik yang dipilih sehingga menghasilkan sebuah ritmis.

FIG (Federation Internationale Gymnastique)


Senam aerobik adalah kemampuan untuk melakukan gerakan yang  kompleks secara kontinyu dengan intensitas tinggi mengikuti pola pergerakan aerobik musik.

UEG (Union Europeene De Gymnastique)


Senam aerobik kemampuan untuk melakukan pola pergerakan dengan intensitas terus menerus kompleks dan tinggi diiringi musik.

Gymnastic Australia


Senam aerobik adalah olahraga yang sempurna untuk orang yang aktif dengan energy untuk membakar.

New South Wales Gymnastque Association Inc.


Senam aerobik adalah menggabungkan keterampilan senam dengan tarian dalam serba cepat, menyenangkan dan energik.

Jadi, dari beberapa pengertian senam aerobik menurut para ahli, dapat kami simpulkan bahwa

Senam Aerobik adalah olahraga yang dilakukan dengan gerakan – gerakan secara teratur disertai oleh musik yang telah dirancang dan juga harus dibarengi dengan perasaan gembira agar menghasilkan manfaat yang maksimal.
Kenapa dinamakan aerobik? Apakah ada artinya? Aerobik berasal dari kata aero, yang berarti oksigen. Karena senam ini membutuhkan banyak oksigen untuk melakukan gerakan – gerakan yang maksimal dan bagus.

Sejarah Senam Aerobik Singkat

Dr. Kenneth Cooper
Dr. Kenneth Cooper, adalah seorang ahli fisiologi olahraga yang menciptakan gerakan – gerakan pada senam aerobik. Sekitar tahun 1970, Kenneth mulai mempopulerkan senam buatannya tersebut di Amerika.

Dulu, nama senam aerobik dinamakan fitaerobik. Senam ini kemudian terkenal di seluruh Amerika Serikat dan mulai dilakukan di sekolah – sekolah. Dalam membuat senam aerobik terkenal, Kenneth tidak sendirian, dia dibantu oleh temannya yang bernama Kolonel Pauline Potts.

Seiring berjalannya waktu, seorang aktris terkenal Amerika yang bernama Jane Fonda mengunggah video gerakan - gerakan pada saat dia sedang melakukan senam aerobik. Senam itu pun semakin popular hingga seluruh dunia.

Akhirnya, pada tahun 1990, dibentuk lah IAF (International Aerobics Federation) untuk mengatur seluruh masalah tentang senam aerobik di seluruh dunia.


Demikianlah artikel hari ini tentang pengertian senam aerobik menurut para ahli dan sejarah senam aerobik. Semoga bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close