-->

Type something and hit enter

Posted by On
Apakah pengertian senam secara umum? Pertanyaan yang mungkin sedang kalian cari. Pas sekali Anda melihat artikel ini, MateriOlahraga akan membahas artikel tentang definisi senam menurut para ahli.

Senam adalah istilah atau nama dari suatu cabang olahraga. Senam merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Gerakan-gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh.

Selain itu, senam juga berpotensi dapat mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.

Senam dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan langsung dari bahasa Belanda "gymnastiek", bahasa Inggris "gymnastics", dan "ghymnastiek" asal kata dari "gymnos" bahasa Greka.

Ada beberapa definisi tentang senam yang kami kutip pernyataan atau pendapat beberapa ahli dari berbagai sumber yang ada.

Definisi Senam Menurut Pendapat Ahli

Pengertian Senam Umum Menurut Para Ahli


#1 Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

Definisi senam menurut Imam Hidayat sebagai "suatu latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spritual."

#2 Muhajir (2006:70)

Senam adalah olahraga dengan gerakan-gerakan latihan fisik secara sistematis, dan dirangkai secara keseluruhan dengan tujuan membentuk dan mengembangkan kepribadian secara harmonis.

#3 Peter H Werner dalam Muhajir (2006:70)

Menurut Peter H Werner, senam ialah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri."

#4 Muhajir (2006:71)

Senam adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

#5 Margono (2009:19)

Menurut Margono, senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

#6 Agus Mahendra

Menurut Agus Mahendra, pengertian senam adalah bentuk latihan tubuh pada lantai atau menggunakan alat tertentu, yang dilaksanakan guna meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelincahan, koordinasi, kelenturan, dan kontrol tubuh.

#7 Madijono (2010:1)

Menurut Madijono, pengertian senam adalah setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

#8 Sutrisno dan Khafadi (2010:60)

Menurut Sutrisno dan Khafadi, senam adalah setiap bentuk latihan fisik yang disusun sistematis dengan melibatkan gerakan terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

#9 Wuryati Soekarno dalam Siti Nurjanah

Menurut Wuryati Soekarno, senam merupakan latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara keseluruhan dengan harmonis.

#10 G. Frank

Definisi senam menurut G. Frank adalah sejumlah gerak latihan yang luas dan menyeluruh, yang dapat membangun atau membentuk otot tubuh seperti otot tangan, punggung, dan lain sebagainya.

#11 Anandita

Menurut Anandita, senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri ataupun sebagai laihan untuk cabang olahraga lainnya.

BACA JUGA: Pengertian dan Macam-Macam Senam Artistik


Demikianlah artikel hari ini tentang 10+ Pengertian Senam Umum Menurut Para Ahli [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close