-->

Type something and hit enter

Posted by On
Sejarahnya masuknya senam ke Indonesia - Apa yang dimaksud dengan senam? Menurut Muhajir senam adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen gerak dan fisik seseorang.

Gerakan senam berpotensi mengembangkan keterampiran gerak dasar, sebagai landasan penting dalam penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.

Senam merupakan terjemahan dari bahasa Belanda "gymnastiek", bahasa Inggirs "gymnastics", dan bahasa Greka "ghymnastiek" asal kata dari "gymos".

Berikut ini adalah sejarah olahraga senam di Indonesia.

Sejak kapan senam mulai dikenal di Indonesia?

Sejarah Masuknya Senam ke Indonesia


Senam pertama kali masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda tahun 1912.

Masuknya senam ke Indonesia bersamaan dengan ditetapkannya penjas (pendidikan jasmani) sebagai pelajaran yang wajib di sekolah-sekolah.

Senam pertama kali dikenalkan di Indonesia


Pada waktu itu, senam yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia adalah senam sistem Jerman. Sistem Jerman menekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan.

Pergantian Sistem 


Namun, pada tahun 1916 sistem Jerman digantikan oleh sistem Swedia yang lebih menekankan pada manfaat gerak. Sistem Swedia adalah sistem senam yang dibawa oleh Dr. H. F. Minkema yang merupakan seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda.

Melalui Minkema ini senam di Indonesia mulai tersebar luas, dengan ia membuka kursus senam Swedia di kota Malang pada tahun 1918 untuk tentara dan guru.

Walaupun demikian, tetap saja cikal-bakal penyebaran olahraga senam dianggap bermula dari kota Bandung. Mengapa demikian? Ternyata alasannya, sekolah pertama yang berhubungan dengan senam didirikan di Bandung.

Sekolah ini didirikan pada tahun 1922 di buka MGSS (Militaire Gymnastiek en Sporschool). Lulusan dari sekolah ini akan menjadi instruktur senam Swedia di sekolah-sekolah.

Dengan melihat perkembangannya yang baik, MGSS kemudian mendirikan cabang-cabang senam Swedia antara lain di kota Bogor, Malang, Surakarta, Medan dan Probolinggo.

Masuknya Jepang ke Indonesia


Mulai masuknya jepang ke Indonesia pada tahun 1942 merupakan pertanda berakhirnya kegiatan senam berbau barat di Indonesia.

Jepang kemudian melarang semua bentuk senam di sekolah dan lingkungan masyarakat, lalu digantikan oleh "Taiso".

Apa itu "Taiso"? Taiso adalah semacam senam pagi (berupa kalestenik) yang wajib dilakukan sebelum pelajaran dimulai di berbagai sekolah-sekolah di Indonesia, dengan iringan radio yang disiarkan secara serentak.

Sebelum dan sesudahnya para murid diwajibkan untuk memberikan hormat kepada kaisar Jepang. Dengan aba-aba yang berbunyi "sei kei rei", semua murid harus membungkuk dalam-dalam mengarah ke utara (Tokyo) tempat di mana kaisar Tenno Heika tinggal.

Zaman "Taiso" tidak berlangsung lama, disebabkan senam ini ditentang oleh masyarakat Indonesia di mana-mana. Dengan berbagai penolakan ini, akhirnya warisan pemerintah Belanda dipakai kembali di sekolah-sekolah.

Peristiwa Penting Pertama


Banyak peristiwa penting yang terjadi dalam olahraga senam di zaman kemerdekaan pada tahun 60-an. Peristiwa penting yang pertama adalah dengan didirikannya induk organisasi senam di Indonesia pada 14 Juli 1963.

Induk organisasi tersebut bernama PERSANI, merupakan singkatan dari Persatuan Senam Indonesia. Ketua PB Persani yang pertama adalah R. Suhadi.

Peristiwa Penting Kedua


Peristiwa penting yang kedua terjadi pada tahun berikutnya 1964, di mana cabang senam menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam GANEFO (Games of the New Emerging Forces) yang bisa kita artikan sebagai pekan olahraga negara-negara yang baru muncul.

Ganefo adalah produk pemikiran dari presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Tujuannya untuk menggalang kekuatan negara-negara baru di percaturan internasional, sekaligus sebagai balasan atas tindakan IOC yang memecat Indonesia dari keanggotaannya.

Negara yang turut andil dalam pelaksanaan Ganefo pada cabang senam adalah Cina, Rusia, Korea, Mesir, dan juga tentunya Indonesia. Adapun senam yang dipertandingkan pertama kali adalah senam artistik.

Pelaksanaan Ganefo tersebut yang menjadi tonggak awal perkembangan senam di Indonesia sampai sekarang. Senam artistik mulai dikenal luas di Indonesia sejak dipertandingkan di Ganefo.

Senam dipertandingkan pada PON VII Surabaya


Pada tahun 1969, senam resmi dipertandingkan untuk pertama kalinya di PON VII di Surabaya. Namun demikian, perkembangan senam di Indonesia terbilang berjalan lamban, karena kekhususan alat serta minimnya sumber daya manusia yang ikut terlibat.

Kenapa lamban? Bisa kita lihat dari prestasi pesenam Indonesia pada zaman itu yang tidak bisa berbicara banyak pada tingkat dunia, paling-paling hanya sampai tingkat SEA Games.

BACA JUGA: 6+ Jenis dan Macam-macam Senam dan Penjelasan Singkatnya


Demikianlah artikel hari ini tentang Sejarah Masuknya Senam ke Indonesia Penjelasan Lengkap. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Sumber: penjasorkes-zone.blogspot.com/2012/01/sejarah-masuknya-senam-ke-indonesia.html

0 komentar

 
close