-->

Type something and hit enter

Posted by On
Peraturan Baseball singkat dan Cara Bermain Baseball - Permainan baseball atau bisbol diciptakan oleh Abner Doubleday dari Coperstown New York pada tahun 1983 dan pada tahun 1845, Alexander J. Cartwright membuat dan menyusun peraturan permainan baseball.

Kendati demikian, olahraga baseball ini tidak begitu jelas kapan berkembang di Indonesia. Namun, di Indonesia cabang olahraga softball dan baseball dihimpun dalam satu organisasi yang bernama (PERBASASI) atau Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia.

Peraturan Baseball Lengkap dan Cara Bermain Baseball/Bisbol
Peraturan Baseball Lengkap dan Cara Bermain Baseball/Bisbol / materiolahraga.com

Pada dasarnya, permainan baseball hampir mirip dengan permainan softball, tetapi yang menjadi perbedannya, di antara ukuran lapangan, kayu, pemukul, bola, dan cara pitcher melambungkan bola dan gerak tipu, cara meninggalkan base, dan jumlah inning dalam permainan.

Baca juga: Teknik Dasar Bola Baseball, Sejarahnya dan Pengertian Baseball

Berikut merupakan peraturan permainan baseball lengkap beserta cara bermain baseball.

Peraturan Permainan Baseball Lengkap


Banyak sekali peraturan baseball yang harus kalian ketahui agar menjadi seorang profesional dalam bermain olahraga baseball atau orang Indonesia menyebutnya bisbol.

Ukuran Lapangan Baseball


Bentuk dan ukuran lapangan baseball adalah sebagai berikut.
  • Jarak home base ke pitcher plate sepanjang 18,45 m.
  • Jarak tiap-tiap base adalah 27,45 m.
  • Pitcher plate berukuran 60 x 15 cm.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak artikel ukuran lapangan baseball ini.

Kayu Pemukul


  • Panjang 1,06 m.
  • Penampang bergaris tengah 7 cm.
  • Pembungkus pegangan 46 cm.

Ukuran Bola Baseball


  • Berat 145 gr.
  • Keliling 23 cm.

Jumlah Pemain Baseball


Jumlah pemain pada permainan baseball untuk setiap timnya adalah 9 orang dengan posisi pemain di lapangan sebagai berikut.
  1. Pelempar bola
  2. Penangkap bola
  3. Penjaga base pertama
  4. Penjaga base kedua
  5. Penjaga base ketiga
  6. Penjaga lapangan dengan antara base 1 dan base 3
  7. Penjaga lapangan sebelah kiri
  8. Penjaga lapangan tengah
  9. Penjaga lapangan sebelah kanan.

Lama Permainan Baseball


Permainan baseball berlangsung selama (dalam) 9 inning. Tim yang mengumpulkan run terbanyak adalah yang keluar sebagai pemenang.


Jika setelah 9 babak hasilnya masih seri, maka akan diadakan babak tambahan untuk menentukan pemenangnya.

Posisi Pemain Bisbol


Adapun posisi pemain baseball antara lain: First Baseman, Second Baseman, Short Stop, Third Baseman, Righ Outfielder, Center Outfielder, Left Outfielder, Catcher, Pitcher, Batter.

Penjelasannya bisa Anda baca di artikel berikut: Nama Posisi Pemain Bisbol dan Tugasnya

Meninggalkan Base


Seorang pelari base dapat bebas meninggalkan base-nya. Pada waktu pitcher siap di pitche's plate-nya, pelari base masih diperbolehkan meninggalkan base.

Seorang pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali dengan selamat melampaui home base akan mendapat nilai 1.

Setiap pelari yang menuju ke base tadi, tidak boleh lewat base. Jika lewat, boleh ditik kecuali lari ke base 1 langsung ke base 2, bukan berpura-pura.

Jika bola yang dipukul berhasil ditangkap oleh regu penjaga, maka pemukul dinyatakan "mati" dan para pelari lainnya harus kembali ke base semula dengan segera, agar tidak gugur.

Oleh karena itu, setiap pemukul harus berusaha agar pukulannya baik dan jauh supaya ia dapat berlari minimal menuju base 1, pemain lainnya bergerak pindah ke base 2 dan seterusnya.

Peraturan Catcher


Seorang catcher akan berdiri dalam kotak di belakang home base, tugasnya adalah menangkap semua lemparan pitcher yang tidak dipukul oleh batter dan menjaga home plate terhadap base runners (pelari base).

Catcher juga harus menangkap bola yang jatuh dekat home plate dan menjaga runner dari mencuri base. Catcher menggunakan pelindung muka, pelindung kaki, pelindung tubuh, serta sarung tangan (glove).

Secara keseluruhan, peralatan baseball terdiri atas:
  1. Helm sebagai pelindung yang dipakai pemukul
  2. Masker (penutup muka)
  3. Pelindung dada.

Peraturan Pitcher


Seorang pitcher bertugas melempar bola sekencang-kencangnya dan harus tepat agar pemain lawan (pemukul/hitter) tidak mungkin dapat memukul bola lemparannya .

Peraturan Hitter


Seorang hitter/pemukul berusaha sebaik dan sejauh mungkin memukul bola ke daerah permainan (fair territory). Apabila bola yang dipukul keluar dari daerah permainan, maka dianggap sebagai pukulan gagal dan dihitung "strike" keuntungan bagi pitcher.

Strikes


Setiap hitter atau pemukul diberikan tiga kali kesempatan untuk memukul bola dari pitcher.

Apabila pitcher berhasil melempar bola tiga kali tepat masuk ke dalam strike zone tanpa dipukul hitter, maka si pemukul/hitter dinyatakan "out" dan harus keluar lapangan kembali menuju dugout.

Strike Zone


Strike zone adalah daerah "kotak imajinasi" tujuan lemparan bola yang lebarnya selebar home plate dan tingginya didefinisikan antara lutut sampai dengan siku tangan depan si pemukul.

Batting Everage Bunt


Bola yang dipukul dengan menggunakan bat bukan gaya atau force.

Designated


Pemain yang terdaftar dalam urutan sebagai butter atau pitcher. Pemain ini tidak mempunyai peran pertahanan.

Double Play (DP)


Suatu permainan tempat seorang batter atau runner atau dua orang yang dimatikan (put out).

Earned Run Average (ERA)


Jumlah run yang dikenakan kepada pitcher dibagi dengan total inning pitcher kali sembilan (seperti 10 : 50 x 9 = 1.80).

Earned Run


Setiap run yang dibuat (yang memperoleh skor) kecuali satu yang dihasilkan dari kesalahan pemain fielding.

Error


Seorang fielder kehilangan kesempatan untuk mematikan (put out) seorang batter atau runner untuk melejit atau melaju.

Fielder's Choice


Suatu percobaan oleh fielder terhadap fair ground ball untuk mematikan (put out) seorang runner dan batter yang memukul.

Fielding Average


Total put outs dan assist dibagi total (jumlah) kesempatan (put out, assist, dan error).

Force Play


Sebuah permainan dimana runner dimatikan (put out) pada saat dipaksa maju ke base berikutnya untuk menyediakan tempat bagi runner berikutnya.

Infield Play


Fair play ball yang dipukul above the infield mana kala runner berada pada base pertama, kedua atau ketiga dan tidak lebih dari satu out. Umpire mengumumkan atau menyatakan "infield flay" dan batter secara otomatis out.

Passed Ball


Kegagalan dari catcher dalam menangkap dan memegang bola yang dilempar selain dari sebuah lemparan (wild pitch) yang memungkinkan runner untuk melaju.

Percentage (Regu atau Pitcher)


Jumlah permainan yang dimenangkan dibagi dengan jumlah kemenangan dan kesalahan.

Pinch batter


Seorang batter yang menggantikan pemain lain pada bat.

Run Batter In (RBI)


Sebuah run yang membuahkan nilai dan diberikan kehormatan terhadap batter sebagai hasil pukulan batter yang selamat, sacrifice, infield out,, atau batter mencapai base atas bola yang dilemparkan dengan base-base yang penuh, memaksa sebuah run.

Shout Out


Suatu usaha yang berhasil oleh batter (sebelum dua out) untuk memajukan seorang runner dengan bantuan bunt atau long play out.

Squeeze Play


Suatu usaha untuk membawa runner ke home dari base ketiga dengan bantuan sebuah bunt.

Stolen Base


Tindakan runner dalam melanjutkan base home dari base tanpa bantuan batter atau kesalahan permainan oleh regu yang bertahan.

Twofight Double Header


Dua buah permainan di bawah flood light, satu setelah yang lainnya dengan start pertama pada awal senja.

Balls


Balls adalah suatu keadaan ketika bola mudah dipukul oleh hitter, sehingga pitcher terkadang melepaskan pitch atau melemparkan bola diluar strike zone untuk mengecoh si pemukul, dan memaksanya melakukan ayunan swing atau memukul bola-bola jelek (Balls).

Baserunning


Setiap pemukul/hitter yang telah memukul bola ke daerah permainan, berlanjut sebagai pelari (baserunner). 

Dia berusaha berlari secepatnya ke arah base, sejauh dan sebanyak base yang bisa dia capai, selama pemain defense berusaha menangkap dan mengontrol bola pukulan hitter dan melemparkan kembali pada pemain defense lainnya (infielder) untuk meng-out-kan runner dan mengamankan permainan.

Fly Out


Pemain tim offense juga dinyatakan out, apabila bola yang dipukulnya langsung dapat ditangkap di atas udara oleh pemain defense, tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu (fly out).

Force Out


Karena hitter terpaksa berlari, setelah memukul bola ke daerah permainan, dan kalah cepat dengan bola yang ditangkap lebih dulu oleh 1st baseman di basenya, hal ini disebut force out.

Safe


Apabila runner/hitter berhasil mencapai base sebelum bola ditangkap infielder di basenya, maka ia mendapatkan "safe" dan boleh diam berdiri di base yang dicapainya.

Base Hit


Seorang pemukul/hitter yang berhasil memukul bola melewati infielder, sehingga dengan mudahnya dapat mencapai 1st base, dapat pula memiliki kesempatan mencapai base-base berikutnya, bergantung padak kemampuannya memukul bola dengan baik, keras dan jauh hingga sulit dikontrol oleh pemain defense.

Steal


Karena runner dengan ini berusaha dan bermaksud mencapai base berikutnya tanpa sepengetahuan tim defense, maka hal ini disebut "base stealing".

Tag Out


Jika baserunner meninggalkan basenya, untuk memperpendek jarak menuju base berikutnya, maka tim defense hanya dapat mematikan runner melalui tag (menyentuh bola yang ada ditangannya (glove) pada runner) hal tersebut dinamakan tag out.

Cara Bermain Baseball


Permainan baseball dimainkan oleh dua regu, tiap regu terdiri atas 9 orang. Pada saat bermain, masing-masing regu akan bertindak sebagai regu pemukul dan regu penjaga.

Untuk regu pemukul akan berusaha berlari-lari antara base sampai kembali ke home base, sedangkan bagi regu penjaga selalu berusaha untuk mematikan lari antar pemain lawannya.

Seorang peukul harus berdiri di home plate, kemudian berusaha memukul bola yang diberikan oleh seorang pelambung (pitcher) dari pitcher's plate.

Seorang pitcher melambungkan bola dengan ayunan tangan baik dari samping maupun dari atas ke bawah yang sah untuk dipukul (daerah samping antara lutut dan bahu si pemukul).

Kesempatan memukul hanya 3 kali, setelah itu pemukul berlari ke base 1, kemudian dilanjutkan oleh pemukul berikutnya sesuai dengan nomor urutnya atau nomor dada masing-masing pemain.

Beberapa hal yang dilarang bagi seorang pitcher adalah sebagai berikut:
  • Melempar bola ke pemukul tanpa menghadap ke home base.
  • Melempar ke pemukul atau base 1 (jika ada orangnya), tetapi tidak jadi, sedangkan ia telah menginjak pitcher's plate.
  • Melempar ke suatu base tanpa melangkah 1 kali ke arah base yang dituju, sedangkan ia telah menginjak pitcher's plate.
  • Melempar ke pemukul dengan cara yang tidak benar.
  • Menggenggam bola terlalu lama sehingga memperlambat permainan.
  • Berdiri di pitcher's plate tanpa memegang bola.
  • Membuat segala gerakan melempar ke pemukul, tetapi tidak melakukannya, sedangkan bola masih dipegang.
  • Hukuman yang diberikan atas atas pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pitcher adalah apa yang disebut dengan free walk bagi pemukul.

Demikianlah artikel tentang peraturan olahraga baseball secara singkat dan lengkap beserta cara bermain baseball atau bisbol yang diulas oleh Materi Olahraga.

Setelah kalian lihat di atas banyak sekali peraturan permainan baseball yang harus diketahui, untuk itu kalian tidak boleh menyerah jika ingin menjadi pemain profesional dalam olahraga bisbol ini. Semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

2 komentar

  1. Kak mau tanya, pertandingan dianggap selesai kalo perbedaan skornya berapa ya..?

    ReplyDelete
  2. Permainan baseball berlangsung selama (dalam) 9 inning. Tim yang mengumpulkan run terbanyak adalah yang keluar sebagai pemenang. Jika hasil seri maka akan ada inning tambahan. Semoga terjawab.

    ReplyDelete
 
close