-->

Type something and hit enter

Posted by On
Ukuran lapangan permainan Baseball dan gambarnya - Baseball atau bisbol adalah sebuah permainan yang populer di Amerika. Tak seorangpun penduduk di sana yang tak mengenal olahraga baseball ini.

Kemudian menjalar dengan populer ke negara-negara sekitarnya, seperti Kanada, Meksiko, Amerika Latin, serta beberapa negara di Asia, termasuk Jepang.

Demikian besar pengaruhnya dalam kehidupan bangsa Amerika sehingga banyak istilah-istilah baseball diambil menjadi bahas sehari-hari di sana seperti pitch-it, dan going to bat.

Gambar lapangan baseball dan penjelasannya

Baseball adalah suatu permainan yang dilakukan oleh 2 regu, dengan masing-masing beranggotakan 9 orang. 

Masing-masing akan bertindak sebagai regu pemukul dan penjaga. Regu pemukul akan berusaha berlari-lari antarbase, sedang penjaga yang bertugas melambung bola akan berusaha mematikan lari para pemain lawannya.

Permainan ini tidak banyak berbeda dengan permainan softball

Secara garis besar dapat disebutkan perbedaannya dengan softball, antara lain, ukuran lapangan, kayu pemukul dan bola, cara pitcher melambungkan bola dan gerak tipu, cara meninggalkan base (benteng), dan jumlah inning (babak) dalam permainan.

Ukuran Lapangan Baseball


Lapangan yang diperlukan dalam permainan baseball/bisbol profesional adalah tanah lapang yang berukuran kira-kira 0,8 hektar. Di salah satu ujung lapangan dibentuk belah ketupat.

Belah ketupat ini sebenarnya persegi dengan ukuran sisi 90 kaki (27,45 m), ditandai dengan satu base pada masing-masing sudutnya.

Ukuran Lapangan Baseball/Bisbol


Sudut puncak lapangan disebut home base atau home plate. Base yang lain disebut base pertama, kedua, dan ketiga.

Perluasan atau perpanjangan dari garis-garis pada base dihubungan dengan home base dan base pertama, serta home base dengan base ketiga menandai batas luas lapangan yang kemudian membentuk seperti huruf V, dimana bola yang dipukul dianggap fair atau sah dan yang berada diluar dianggap tidak sah.

Lapangan bisbol terdiri atas tiga bagian yaitu daerah dalam (infield), daerah luar (outfield) dan daerah foul.

Bentuk lapangan baseball hampir mirip dengan lapangan softball, akan tetapi perbedaannya terletak pada jaraknya.

Lapangan baseball berbentuk segilima mempunyai jarak dari home base dan pitcher plate sepanjang 18,45 meter.

Disamping itu, jarak tiap-tiap base adalah 27,45 meter. 

Sementara itu terdapat picher plate berukuran 60 x 15 cm, tempat pitcher melempar bola.

Baca juga: Pengertian Baseball, Sejarahnya, dan Teknik Dasar Bisbol

Demikianlah artikel tentang ukuran lapangan permainan baseball beserta gambarnya yang diulas oleh Materi Olahraga. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan: Drs. Agus Mukholid, M.P.d.

0 komentar

 
close