Type something and hit enter

Posted by On

Ada beberapa olahraga yang model permainannya sangat mirip dengan sepak bola. Di antaranya ada sepak bola pantai dan futsal


Sepak bola pantai adalah olaharaga yang dimainkan di lapangan berpasir. Sepak bola pantai saat ini memang sedang populer. 

sepak bola pantai


Dalam permainan ini para pemain tidak memakai sepatu alias bertelanjang kaki. Mirip seperti futsal satu tim terdiri dari 5 pemain dan permainannya ada 3 babak berdurasi 12 menit setiap babaknya.


Piala dunia sepak bola pantai pertama kali diadakan pada tahun 2005, saat itu Brazil menjadi tuan rumah, dan Prancis berhasil menjadi juara. 


Sejarah Sepak Bola Pantai


Sepak bola pantai dapat dikatakan sebagai olahraga baru karena baru dimainkan secara profesional tahun 1992. 


Sedangkan kejuaraan dunia sepak bola pantai telah dimulai pada tahun 1995, namun FIFA baru mengadopsi sub-cabang sepak bola ini pada tahun 2005.


Meskipun sama-sama bernaung di bawah FIFA, sepak bola pantai memiliki keunikan sendiri dan mempunyai  peraturan yang bisa dibilang campuran antara sepak bola dan futsal ditambah dengan aksi akrobatik khas sepak takraw.


Teknik yang harus dimiliki pemain Sepak Bola Pantai


Bicycle kick 


Kondisi lapangan yang berpasir biasanya mengandalkan permainan udara. Seringkali mengoper dengan cara mengangkat bola ke udara. 


Karena mengandalkan bola-bola udara, maka seringkali pemain sepak bola pantai mengandalkan teknik bicycle kick untuk menembak ke arah gawang.


Bicycle kick atau tendangan voli adalah skill wajib dimiliki pemain.


Juggling


Kemampuan lainnya yang harus dimiliki para pemain sepakbola pantai adalah juggling bola karena kondisi lapangan yang menyulitkan jika memainkan bola di darat.


Bisa dikatakan, ini merupakan kelebihan permainan sepak bola pantai karena banyak sajian akrobatik yang ditampilkan bahkan wajar jika kita melihat beberapa kali salto dalam satu pertandingan.


Setpiece


Sepak bola pantai juga sangat mengandalkan setpiece atau tendangan bebas. Karena dalam tendangan bebas tidak ada pagar betis, maka ini kesempatan untuk mencetak gol. Disertai dengan tendangan keras dan terarah.


Peraturan Sepak Bola Pantai


Jumlah Pemain Sepak Bola Pantai


Jumlah pemain dalam sepak bola pantai layaknya seperti futsal yaitu 5 lawan 5, akan tetapi olahraga ini dimainkan tanpa sepatu (bertelanjang kaki) dan beralaskan pasir.


Jumlah babak dan waktunya


Dimainkan dalam tiga babak dengan durasi masing-masing babak berisikan waktu bersih selama 12 menit dengan waktu istirahat 3 menit. 


Maksud waktu bersih sama halnya dengan laga bola basket, di mana jarum jam berhenti saat terjadi gol, pelanggaran, kericuhan, atau saat wasit menilai salah satu tim membuang-buang waktu. Saat pertandingan berjalan, suatu babak tidak akan dihentikan sampai bola berhenti.


Tidak ada hasil seri


Permainan ini tidak mengenal hasil imbang, jadi apabila kedua tim sama kuat maka akan diberikan perpanjangan waktu 3 menit dan dilakukan adu penalti jika skor tidak berubah.


Tidak ada batasan pergantian pemain


Setiap tim menampilkan lima pemain sebagai starter, yang terdiri dari satu penjaga gawang dan empat pemain inti dan tujuh pemain cadangan yang boleh diikutkan, yang kesemuanya boleh dimainkan selama pertandingan berjalan, karena tidak ada batasan dalam jumlah pergantian pemain. 


Sanksi disiplin


Dan ada 3 jenis kartu yang dimiliki wasit, yakni kuning, biru, dan merah. 

  1. Kartu kuning dilayangkan untuk pemain yang melakukan pelanggaran keras. 
  2. Kartu biru diberikan jika sang pemain melakukan pelanggaran dan telah memiliki 2 kartu kuning.
  3. Sedangkan kartu merah sistemnya hampir sama dengan sepak bola yaitu pemain wajib keluar meninggalkan lapangan, akan tetapi setelah dua menit ia boleh digantikan dengan pemain lain.


Tendangan bebas


Tiap terjadi pelanggaran, maka peraturannya pemain yang dilanggar akan mendapat tendangan bebas. Tendangan bebas dilakukan secara langsung (direct) tanpa dihalangi pagar betis.


Tendangan dilakukan pada titik terjadinya pelanggaran, kecuali penalti, maupun pelanggaran akibat mengulur waktu atau pelanggaran dengan kiper yang mana tendangan harus dilakukan dari belakang garis tengah (area sendiri).


Kick off


Selain itu, kick off dalam sepak bola pantai dilakukan oleh kiper dengan melempar bola, olahraga ini juga tidak mengenal offside.


Keunikan Kiper Sepakbola pantai


Penjaga gawang bisa bergerak bebas membawa bola menggunakan tangan di area penaltinya yang dibatasi oleh sebuah garis horizontal.


Seperti pemain lainnya, kiper punya waktu 5 detik untuk memegang bola tanpa mengoper. Mengoper sendiri hanya bisa dilakukan dengan tangan. 


Kiper tidak boleh mencetak gol lewat operannya, atau juga lewat tendang voli di luar areanya, dengan sanksi tendangan bebas bagi lawan jika ia melakukannya.


Bagi pemain, bola tidak bisa dioper balik ke kiper, kecuali jika menyetuh satu pemain lawan. Pelanggaran untuk aturan ini juga berbuah tendangan bebas.


Ukuran Lapangan Sepak Bola Pantai


Dilansir dari laman FIFA, sepak bola pantai harus dimainkan di lapangan berpasir yang memiliki 

  • Kedalaman pasir minimal 40 cm. 
  • Panjang lapangan 35-37 m, lebar lapangan 26-28 m dan area penalti 9 m.
  • Ukuran gawang lebar 5.50 m dan tinggi 2.20 m. 


Demikianlah artikel tentang materi sepak bola pantai mulai dari sejarah, teknik, peraturan, dan ukuran lapangan sepak bola pantai. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Referensi:

Inspirasi Sukses dari Sepak Bola, Iwel Sastra 2016

Football Tribe

Prim-a water

BeritaSatu

Qureta

0 komentar