-->

Type something and hit enter

Posted by On
Materi olahraga futsal yang meliputi pengertian futsal, sejarah, teknik, peraturan dan manfaat yang Anda dapatkan jika memainkannya.

Futsal berasal dari 2 kata dalam bahasa Spanyol, yaitu futbol yang artinya sepak bola dan sala yang artinya dalam ruangan. Jadi futsal adalah sepak bola dalam ruangan.

Memang futsal ini mirip dengan sepak bola, tetapi perbedaan yang mencolok adalah, futsal dimainkan di dalam ruangan dengan masiang-masing tim 5 orang.

Futsal

Pengertian Futsal Menurut Para Ahli

 

Kamus Pintar Futsal

 

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu dengan 5 anggota di setiap regu dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan.

John D. Tenang

 

Futsal merupakan permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing – masing beranggotakan lima orang. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan.

Roeslan Hatta

 

Permainan futsal adalah sepak bola mini yang dipertandingkan dalam sebuah ruangan dengan panjang lapangan 38 sampai dengan 42 m dan lebar 15 sampai dengan 25 m.

Justinus Lhaksana

 

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan secara cepat dengan segi lapangan yang kecil.

Dendy Sugono

 

Futsal adalah olahraga permainan sepak bola dengan lapangan dan gawang lebih kecil yang dimainkan di lapangan yang cukup besar dengan 5 orang pemain.
 
Jadi, dari beberapa pengertian futsal menurut para ahli, dapat kami simpulkan bahwa

Futsal adalah salah satu cabang olahraga dari permainan bola besar yang dimainkan dengan sistem beregu, dengan 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan di setiap regu serta memiliki tujuan untuk mencetak skor sebanyak – banyaknya ke dalam gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan.

Sejarah Futsal Singkat


Sebagian besar dari anda para pembaca pasti tidak tahu bukan siapa  yang menciptakan olahraga futsal? Juan Carlos Ceriani Gravier, adalah seorang guru olahraga sebuah sekolah di Uruguay yang menciptakan futsal. Tepat pada tahun 1930, Juan lagi mengajar muridnya bermain sepak bola di lapangan. Tapi kondisi saat itu tidak memungkinkan untuk melakukan latihan di luar karena mereka di terpa hujan deras.

Juan menghentikan latihan itu dan kemudian dia pun terpikir untuk mengadakan latihan kepada murid – muridnya di dalam ruangan. Karena ruangan yang kecil dan tidak memungkinkan untuk 11 lawan 11, dia menyuruh muridnya untuk 5 lawan 5 secara bergantian. Dari situlah Juan berpikir untuk membuat olahraga sendiri yang diberi nama futsal dengan peraturan 5 lawan 5 di dalam ruangan kecil.

Olahraga futsal semakin terkenal di seluruh Benua Amerika Selatan, Brazil sebagai negara yang banyak melahirkan pemain bintang dan sering menjuarai kompetisi – kompetisi. Akhirnya, olahraga futsal diakui oleh FIFA dan mengadakan kejuaraan dunia pertama pada tahun 1989 di Rotterdam, Belanda. Yang menjadi juara dalam kompetisi tersebut adalah Brazil.

Teknik Dasar Futsal


Futsal adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola. Begitu juga dengan teknik nya, yaitu cara menggiring bola, menendang bola, mengumpan bola, menghentikan bola, menyundul bola, menyapu bola, merebut bola, serta menangkap bola. Untuk lebih jelasnya, bisa anda baca di teknik dasar futsal .

Peraturan Futsal


Adapun peraturan-peraturan dalam futsal yaitu sebagai berikut.

1. Syarat Lapangan Futsal


Dalam setiap ajang kompetisi, lapangan futsal harus di buat dengan kayu atau bahan buatan yang rata, dan tidak boleh menggunakan bahan yang membahayakan seperti beton. Adapun ukuran lapangan futsal.

a. Ukuran lapangan futsal pada kompetisi Nasional:
  • Panjang: 25 m sampai dengan 42 m
  • Lebar: 16 m sampai dengan 25 m

b. Ukuran lapangan futsal pada kompetisi Internasional
  • Panjang: 38 m sampai dengan 42 m
  • Lebar: 20 m sampai dengan 25 m

Baca selengkapnya: Ukuran Lapangan Futsal Internasional dan Nasional + Gambarnya

2. Syarat Bola


Bola yang digunakan wajib berbentuk bulat / bundar yang terbuat dari bahan kulit dengan diameter 62 cm sampai dengan 64 cm. Serta memiliki berat 400 gr sampai dengan 440 gram. Apabila bola rusak atau pecah saat kompetisi sedang berlangsung, bola wajib diganti dengan yang baru dan meletakkan bola yang baru tepat dimana bola pertama mengalami kerusakan.

3. Syarat Pemain


Dalam 1 lapangan, terdapat 2 tim yang saling bertanding, FIFA memutuskan bahwa setiap tim memiliki 12 pemain dengan 5 orang sebagai pemain inti dan 7 orang sebagai pemain cadangan.

4. Durasi Waktu


Lama waktu pertandingan futsal sesuai dengan yang ditetapkan oleh FIFA adalah dalam satu pertandingan terdiri dari 2 babak, yang masing – masing babak berdurasi 20 menit dan setelah selesai babak pertama, diberi waktu 15 menit istirahat.

5. Jumlah Wasit


Dalam olahraga futsal resmi, ada 4 wasit yang mengatur jalannya pertandingan, yaitu.

a. Wasit utama / Main referee


Memiliki tugas untuk
  • Meluruskan peraturan pertandingan futsal yang berlaku dengan setegas – tegasnya.
  • Mengecek lapangan serta bola futsal yang akan dipakai telah sesuai dengan peraturan sebelum pertandingan dimulai.
  • Mengecek para pemain futsal telah menggunakan perlengkapan sesuai dengan peraturan.
  • Mencatat apapun yang terjadi di dalam lapangan saat pertandingan sedang berlanggsung.
  • Memberhentikan jalannya suatu pertandingan jika ada pelanggaran atau gangguan dari luar lapangan.
  • Memberikan hukuman bagi para pemain futsal yang melakukan pelanggaran baik ringan maupun berat.

b. Wasit Kedua / The 2nd referee


Tugasnya sama dengan wasit utama, hanya saja wasit kedua mengawasi daerah yang berlawanan dengan wasit utama.

c. Wasit ketiga / The 3rd referee


Memiliki tugas untuk
  • Mempunyai catatan seluruh pelanggaran yang terjadi dalam pertandingan.
  • Saat salah satu tim telah melakukan 5 kali pelanggaran, wasit ketiga akan memberikan tanda kepada wasit utama.
  • Mempunyai catatan pemain yang ada dalam lapangan.
  • Mencatat jumlah gol dalam sebuah pertandingan.
  • Mengawasi pergantian bola.
  • Mengecek pemain cadangan sebelum masuk ke dalam lapangan.

d. Penjaga waktu / The timer keeper


Memiliki tugas untuk
  • Mengecek durasi waktu pertandingan futsal sesuai dengan peraturan.
  • Menyalakan alat penghitung waktu saat kick – off dimulai.
  • Menghentikan alat penghitung waktu saat bola keluar lapangan atau terjadinya pelanggaran.
  • Mencatat jumlah gol yang terjadi dalam pertandingan.
  • Memberikan tanda jika pertandingan akan segera berakhir.

Baca selengkapnya: Peraturan Futsal Terbaru 2019, Singkat dan Lengkap

Manfaat Futsal


Berikut ini kami akan memberitahukan beberapa manfaat futsal yang bisa Anda dapatkan.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Jika anda bermain futsal, pasti jantung anda akan berdetak sangat kencang, itu akan membuat jantung anda menjadi semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit jantung serta serangan jantung.

2. Menurunkan Berat Badan


Bagi anda yang kesulitan dalam menurunkan berat badan, bermain futsal adalah solusi yang tepat. Karena saat melakukan olahraga ini, tubuh anda dituntut untuk bergerak secara terus – menerus dan akan membakar sejumlah kalori dalam tubuh.

3. Mengeluarkan Racun


Olahraga futsal dapat mengeluarkan keringat dalam jumlah besar jika anda bergerak dengan aktif. Racun dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat.

4. Menguatkan Otot


Futsal adalah olahraga yang menuntut kita untuk berlari serta menendang dengan keras setiap saat. Dengan melakukan itu secara rutin, dapat meningkatkan kekuatan otot kaki anda.

5. Melatih Kekompakan


Futsal merupakan olahraga yang dimainkan dengan sebuah tim. Jadi untuk memenangkan pertandingan, sangat dibutuhkan yang namanya kerja sama agar permainan dapat berjalan dengan indah.


Baca juga: Materi Sepak Bola

Demikianlah artikel hari ini tentang materi olahraga futsal mulai dari pengertian futsal, sejarahnya, teknik dasar, peraturan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close