Type something and hit enter

Posted by On
Materi Penjasorkes Bagian Atletik - Artikel kali ini membahas tentang Lari Jarak Jauh. Meliputi: pengertian, sejarah, teknik dasar, peraturan, dan nomor lari jarak jauh

Di beberapa artikel sebelumnya, kami telah membahas masalah olahraga lari, yaitu lari jarak pendek dan lari jarak menengah. Lari adalah olahraga yang bisa dibilang paling tua di dunia, karena lari merupakan kegiatan yang kita lakukan sehari – hari. Jika anda sudah mengetahui apa itu lari jarak pendek dan lari jarak menengah, kurang lengkap rasanya jika tidak tahu apa itu lari jarak jauh, berikut penjelasannya.

Lari Jarak Jauh

Pengertian Lari Jarak Jauh


Lari jarak jauh adalah salah satu dari cabang olahraga atletik yang mengharuskan para pelari memiliki stamina yang banyak dan kecepatan dalam berlari dengan jarak tempuh 5.000 m, 10.000 m, dan 42,195 km.

Sejarah Lari Jarak Jauh


Awal mula dari adanya perlombaan lari jarak jauh dimulai dari seorang prajurit perang Yunani yang sangat berjasa. Pada abad ke – 5 SM, terjadi perang besar – besaran antara bangsa Yunani dan bangsa Persia. Konflik yang terjadi di kedua bangsa ini karena Yunani tidak senang jika Persia menguasai wilayahnya. Oleh sebab itu, Yunani melakukan pemberontakan kepada Persia.

Bangsa Yunani akhirnya memenangkan perang besar itu dan Persia pun mengakui kekalahannya. Kemudian, salah satu prajurit Yunani diutus kembali ke Yunani untuk memberitakan kemenangan melawan Persia. Setelah berlari sekitar 42 km jauhnya, sampailah dia di Athena (Ibukota Yunani), lalu mengumumkan kabar baik itu dan beberapa jam setelahnya, prajurit yang sangat berjasa itupun meninggal.

Masyarakat Yunani kemudian mengenang jasa prajurit itu dengan mengadakan perlombaan lari jarak jauh di hari kematiannya. Lari jarak jauh semakin terkenal dan mulai diperlombakan di berbagai belahan dunia. Sampai pada akhirnya dibentuknya International Association of Athletics Federation atau disingkat IAAF pada tahun 1912 yang saat ini berpusat di negara Monako dengan anggota 212 negara.

Teknik Dasar Lari Jarak Jauh


Mengenai teknik dasar lari jarak jauh, Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas teknik – teknik dasar lari jarak menengah. Teknik dasar pada lari jarak menengah tidak jauh berbeda dengan lari jarak jauh. Dari cara melakukan start, cara berlari, hingga langkah yang tepat saat berada dekat dengan garis finish. Baca selengkapnya di Teknik Dasar Lari Jarak Menengah

Peraturan Lari Jarak Jauh


Kalian harus mengetahui peraturan lari jarak jauh.
  • Wasit harus memberitahukan area mana saja yang dilewati agar para peserta tidak salah pilih jalur dan melakukan kecurangan.
  • Tidak boleh memilih jalur yang membahayakan para pelari seperti melewati jurang.
  • Memasang benda – benda sebagai penunjuk arah bagi para pelari.
  • Pelari dinyatakan sebagai pemenang jika memiliki catatan waktu yang paling rendah diantara semua pelari.

Nomor Lari Jarak Jauh


Atlet lari jarak jauh harus dapat menyeimbangkan energi tubuhnya. Lomba ini sangat menghabiskan energi, dan memerlukan keteguhan mental dan ketahanan fisik. Stamina menjadi faktor paling penting dibandingkan kecepatan.

Lari jarak jauh terdiri atas lari 5.000 m dan 10.000 m. Lari jarak 5.000 meter membutuhkan strategi dan stamina di atas rata-rata. Latihan yang dilakukan biasanya berlari hingga 60-200 kilometer dalam seminggu. Lari 5.000 meter cukup populer bagi pemula. Lari jarak 10.000 meter merupakan lintasan lomba terpanjang.

Rekor yang pernah diraih dalam nomor ini dipegang oleh Kenenisa Bekele (pria) dari Ethiopia pada tahun 2004 di Belanda dalam waktu 12:37,3 dan Meseret Defar juga dari Ethiopia pada tahu n2006 di New York dalam waktu 14:24,43.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Lari Jarak Jauh


Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam atletik lari jarak jauh antara lain:
  • Lari jarak jauh menggunakan start berdiri dengan aba-aba "Bersedia... yak!"
  • Langkah kaki panjang atau lebar, kecepatan langkah sedikit lebih lambat daripada lari jarak menengah, mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh.
  • Jika dilaksanakan di stadion usahakan berlari sedekat mungkin dengan garis lintasan bagian dalam (nomor 3000 meter).
  • Perlombaan dilaksanakan di jalan raya.
  • Menjelang garis finish, usahakan lari dengan sekuat tenaga dan berusaha untuk mendahului lawan.

Faktor Penting Lari Jarak Jauh


Berikut beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan lari jarak jauh:
  1. Daya tahan (stamina)
  2. Kecepatan (speed)
  3. Gaya (style)
  4. Pertimbangan langkah (space judgement)
  5. Kepemimpinan (leadership)

Demikian artikel hari ini tentang lari jarak jauh yang meliputi pengertian, sejarah, teknik, peraturan, dan nomor lari jarak jauh. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar