Type something and hit enter

Posted by On
Olahraga Rugby: Sejarah, Peraturan, Jenis, Ukuran Lapangan

Permainan Rugby Ball atau Sepak Bola Rugbi adalah olahraga yang cara mainnya hampir sama dengan american football, tapi tingkat amannya lebih minim dari american football, karena aksesoris pengaman yang lebih sedikit.

Olahraga rugby berasal dari negara Inggris pada awal abad ke-19. Rugby ini telah diatur oleh International Rugby Board sejak pembentukannya pada tahun 1886.

Rugby merupakan sejenis permainan sepak bola tim yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim terdiri maksimal 15 pemain di dalam lapangan.

Tujuan dari permainan rugby adalah mencetak angka dengan cara melakukan tendangan atau menyentuhkan bola di belakang garis lawan (Try). Tim yang mencetak poin paling banyak yang akan menjadi pemenangnya.

Sejarah Cabang Olahraga Rugby


Olahraga Rugby diciptakan oleh bangsa Inggris, hal ini dapat diketahui dari catatan sejarah berikut. Menurut Tony Biscombe & Peter Drewett (2010: XIII) sejarah mencatat bahwa pada tahun 1823, pada sebuah pertandingan sepakbola sekolah di kota  Rugby, Inggris, seorang anak laki-laki bernama William Webb Ellis mengambil bola dan berlari menuju garis gawang lawan. Itulah awal mula munculnya permainan Rugby yang sekarang.

Dua abad kemudian, Rugby telah berevolusi menjadi salah satu olahraga populer di dunia, dimana jutaan orang bermain, menyaksikan, dan menikmati permainan Rugby, akan tetapi olahraga ini di Indonesia masih belum populer seperti di negara-negara Eropa dan Amerika.

Belakangan ini Rugby mulai menjamah Indonesia dan sudah banyak yang mulai mengenal permainan Rugby.

Khusus untuk orang yang tidak mengenal Rugby akan sulit membedakan antara olahraga Rugby dengan American Football. Olahraga ini adalah olahraga yang hampir sama karena menggunakan bola yang berbentuk lonjong. Hakikatnya American Football adalah modifikasi dari olahraga Rugby. Tetapi kedua olahraga ini sangat berbeda, mulai dari peraturan, perlengkapan dan cara bermain yang berbeda.

Peraturan Permainan Rugby Sebelum Bertanding


Menurut Tony Biscombe dan Peter Dreweet (2010). Peraturan dalam permainan Rugby disusun oleh badan Rugby internasional yang dikenal sebagai Internasional Rugby Board (IRB).

Indonesia juga memiliki badan yang mengatur tentang Rugby yang disebut Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) yang berdiri pada tahun 2004.

1. Ukuran Lapangan Rugby


Lapangan permainan Rugby digunakan berukuran panjang 94-100 meter dan lebarnya 68-70 meter. Terdapat garis untuk menandai zona terjadinya gol, yang dimulai di dekat tiang gawang namun pada Rugby garis ini dinamai dengan garis Try atau goal line.

Selain itu juga terdapat zona tambahan, yang disebut end zone atau touch in goal line, sepanjang 10 meter di belakang garis gawang.

Tiang gawang terdiri dari 2 tiang vertikal dengan palang menghubungkan mereka. Tiang gawang memiliki tinggi minimal 3,4 meter dan jarak antara kedua tiang adalah 5,6 meter.

gawang rugby
gawang rugby

gambar ukuran lapangan rugby
ukuran lapangan rugby


2. Ukuran Bola Rugby


Menurut IRB dalam buku Panduan Rugby untuk pemula dijelaskan bahwa bola untuk permainan Rugby memiliki aturan yaitu bola Rugby resmi adalah oval terbuat dari empat panel, memiliki panjang 280-300 milimeter, keliling (ujung ke ujung) dari 740-770 milimeter, dan lingkar (lebar) dari 580-620 milimeter.

Bola Rugby memiliki berat antara 410 gram sampai 460 gram dan memiliki tekanan udara sebesar 65,71-68,75 kilopascal, atau 0,67-0,70 kilogram per sentimeter persegi, atau 9,5-10,0 lbs per inci persegi.
ukuran bola rugby
ukuran bola rugby


3. Jumlah Pemain Rugby


Tim Rugby Union terdiri dari 15 pemain yang bermain dalam satu tim. Dalam pertandingan diperbolehkan untuk melakukan pergantian pemain dengan aturan maksimal 8 kali pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Posisi pemain dalam permainan Rugby Union dibagi menjadi 2 posisi umum, yaitu pemain depan atau penyerang dan pemain belakang atau bertahan.

Menurut International Rugby Board (2010) pembagian dan tata letak pemain Rugby Union dibagi menjadi 2 yaitu pemain depan dan pemain belakang. Posisi pemain dapat dilihat pada gambar berikut:
posisi pemain rugby


4. Pakaian Pemain


Secara garis besar seorang pemain harus memakai perlengkapan pemain yang sesuai standar yang telah ditentukan. Pemain harus memakai perlengkapan rugby wajib antara lain:
  • jersey,
  • celana pendek,
  • kaus kaki, dan
  • sepatu rugby.

Selain perlengkapan wajib pemain juga diperbolehkan mengenakan perlengkapan rugbi tambahan seperti:
  • Memakai pelindung tulang kering.
  • Memakai sarung tangan (sarung tangan tanpa jari)
  • Pelindung gigi
  • Pelindung kepala.
  • Memakai perban atua dressing untuk menutupi atau melindungi cedera.


5. Waktu Permainan


Permainan Rugby Union dimainkan selama 80 menit yang dibagi menjadi 2 babak. Setiap babak terdiri dari 40 menit. Jeda setiap babak maksimal adalah 15 menit.

6. Petugas Pertandingan


Setiap pertandingan Rugby Union dipimpin oleh satu wasit utama dan dua asisten wasit.

Penilaian dalam Olahraga Rugby


Menurut IRB (2010), cara mencetak poin atau angka dalam permainan rugby ada berbagai macam. Setiap cara mencetak angka dalam permainan ini memiliki poin yang berbeda dan memiliki istilah yang berbeda. Adapun cara-cara tersebut antara lain adalah:
  1. Try - 5 poin. Try akan mendapat nilai bila bola mendarat melebihi garis gawang lawan.
  2. Conversion/Konversi - 2 nilai. Tim yang membuat nilai 'Try' bisa memperoleh 2 nilai lagi bila mampu menendang bola melampaui palang di antara  pos dari tempat pada garis dimana nilai Try didapat. Tendangan Konversi dilakukan pada titik Try terjadi. Jarak tendangan konversi dengan gawang tidak ditentukan.
  3. Penalti - 3 angka. Saat mendapatkan hadiah penalti setelah dilanggar lawana, sebuah tim boleh memilih untuk menendang ke gawang.
  4. Drop Goal - 3 angka. Bola jatuh mendapatkan nilai bilamana seorang pemain menendang bola dan menjadi gol saat permainan terbuka dengan menjatuhkan bola ke tanah dan melakukan tendangan setengah voli.


Pelanggaran dalam Rugby


Dalam buku panduan Rugby ada 6 hal yang menyebabkan pelanggaran yaitu: obstruction, unfair play, repeated infrigements, dangerous play and misconduct.

Peraturan di Dalam Lapangan


Peraturan yang ada di dalam lapangan atau saat bertanding terdiri dari beberapa aturan antara lain kick off dana restart kick, tekel ruck, maul danaa mark. Berikut penjelasana singkatnya.

1. Kick-off dan Restart Kick


Kick-off adalah tendangan untuk memulai permainan di awal babak. Sedangkan restart kick adalah tendangan yang dilakukan setelah terjadinya goal atau try dalam permainan Rugby.

Kick-off dalam Rugby Union 15 dilakukan dengan cara Drop Kick dari tengah lapangan minimal harus melambung 10 meter ke depan sebelum menyentuh tanah.

2. Ruck


Ruck terjadi apabila bola berada di tanah dan terdapat satu atau lebih dari pemain kedua tim berada sangat dekat dengan bola. Pemain tidak boleh menggunakan tangan saat Ruck, hanya boleh menggunakan kaki untuk memindahkan bola menuju ke kaki pemain paling belakang tim sebelum bola bisa dipungut.

3. Maul


Maul terjadi apabila pembawa bola sedang ditahan oleh satu atau lebih dari pemain lawan dan satu atau lebih dari rekan satu tim pembawa bola juga ikut terjepit, bola tidak boleh berada di tanah.

4. Mark


Mark adalah keadaan dimana seorang pemain yang berdiri di garis 22 meter melakukan tangkapan bersih dari tendangan lawan dan kemudian berteriak "mark". Maka pemain tersebut tidak dapat di tackle oleh lawan dan berhak melakukana drop out.

Restart atau Memulai Kembali Permainan Rugby


Memulai kembali permainan dalam Rugby Union terdiri dari 3 jenis yaitu line out, scrum, pinalti dan tendangan bebas.

1. Line Out


Line out adalah memulai kembali permainan setelah berada di luar jangkauan (keluar dari lapangan). Line out dalam Rugby Union 15 berbeda dengan Rugby 7 dan 10. Jika di Rugby Union 15 line out dilakukan oleh 7 orang dalam satu tim yang membentuk barisan. Rugby Union 7 menggunakan 3 pemain, sedangkan Rugby Union 10 menggunakan 5 orang dalam satu tim membentuk barisan untuk menerima bola.

2. Scrum


Scrum artinya memulai kembali pertandingan yang sebelumnya dihentikan oleh adanya pelanggaran kecil (misalnya lemapran ke depan atau knock-on) atau bola tidak dapat dimainkan saat ruck maupun maul.

Menurut World Rugby (2016). Perbedaan scrum dalam Rugby Union 15 dan Rugby Union 7 dan 10 adalah jumlah pemain yang bertugas saat terjadi scrum.

Rugby Union 15 menggunakan 8 pemain, Rugby Union 7 hanya menggunakan 3 pemain. Sedangkan Rugby Union 10 menggunakan 5 pemain saat terjadi scrum.

3. Pinalti dan Tendangan Bebas


Pada dasarnya pinalti dan tendangan bebas adalah tendangan diberikan karena terjadinya sebuah pelanggaran. Pelanggaran yang merugikan pihak lawan akan diganjar dengan hukuman tendangan penalti.

Tendangan bebas diberikan sebagai ganjaran untuk pelanggaran-pelanggaran kecil.

Variasi Permainan Rugby / Jenis-Jenis Rugby


Rugby Union memiliki beberapa variasi atau jenis permainan. Jenis-jenis Rugby antara lain adalah:

1. Rugby Union 7


Hakikatnya Rugby Union 7 adalah permainan Rugby yang dimainkan oleh 7 pemain di lapangan. Berikut ini adalah beberapa peraturan yang ada dalam Rugby Union seven's:

a. Jumlah Pemain


Sama seperti namanya "sevens" menunjukkan ada 7 pemain di lapangan sekaligus bermain 7 menit bagian.

b. Pergantian Pemain


Pergantian pemain dibatasi maksimal 5 pergantian tiap pertandingan. Karnea waktu dan jumlah pemain yang sedikit.

c. Waktu permainan


Permainan dimainkan dengan waktu 2 x 7 menit. Dan disela-sela babak diberikan waktu istirahat selama 2 menit.

d. Poin


Sistem penilaiannya adalah mendapatkan Try 5 poin untuk tendangan konversi 2 dan 3 poin untuk drop goal.

Selain itu peraturan dalam permainan Rugby Union 7 sama dengan Rugby Union 15.

2. Rugby Union 10


Permainan yang dimainkan oleh 10 pemain. Berikut ini adalah beberapa peraturan yang ada dalam Rugby Union ten's.

a. Jumlah Pemain


Dimainkan dengan jumlah pemain 10.

b. Pergantian Pemain


Jumlah maksimal pergantian pemain dalam sebuah pertandingan adalah 5 pergantian pemain.

c. Waktu Permainan


Dimainkan dengan waktu 2 x 10 menit dan dalam jeda diberi waktu 2 menit.

Beberapa hal tersebut adalah yang membedakan Rugby Union 10 dan lainnya. Akan tetapi secara umum tetap menganut

Baca juga: Olahraga Berkuda: Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan

Demikianlah artikel kali ini tentang cabang olahraga Rugby antara lain pengertian permainan rugbi, sejarah, peraturan, jenis-jenis, ukuran lapangan, dan cara bermain rugby. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar