Type something and hit enter

Posted by On
Menurut International Rugby Board (2010) pembagian dan tata letak pemain Rugby Union dibagi mejadi dua yaitu pemain depan dan pemain belakang. Posisi pemain dalam permainan rugbi dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

10 Posisi Pemain Rugby dan Tugasnya


Berikut ini adalah posisi pemain Rugby dan tugasnya dalam cabang olahraga Rugby Union:

Pengenalan Posisi Pemain Rugbi dan Tugasnya


1 Props


Props adalah pemain nomor 1 dan 3 dalam permainan Rugby. Pada umumnya posisi props diisi oleh pemain dengan tubuh yang besar, kuat. Tugas posisi props adalah untuk menjaga kestabilan digaris depan. Props juga berperan penting saat terjadi scrum, ruck dan maul serta melindungi pelari.

2. Hooker


Hooker adalah pemain nomor 2 dalam olahraga Rugby Union. Tugas utama hooker adalah untuk memenangkan bola di scrum. Pemain dengan posisi ini dituntun untuk memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, cepat dan menguasai teknik melempar bola dengan baik.

3. Locks


Locks adalah pemain nomor 4 dan 5 dalam Rugby Union. Tugas utamanya adalah memenangkan bola di garis luar. Selain itu juga bertugas untuk memulai kembali permainan saat terjadi bola mati seperti line-out.

Sehingga pemain dengan posisi ini biasanya diisi oleh pemain dengan tubuh yang tinggi dan mempunyai kemampuan yang baik dalam menangkap bola.

4. Flankers


Flanker adalah pemain nomor 6 dan 7 dalam permainan Rugby Union. Flanker mempunyai tugas untuk memenangkan bola dan merebut bola dari lawan. Flanker dituntut untuk dapat melakukan tackle yang baik untuk menjatuhkan lawan dan merebut bola.

5. Number 8


Number 8 adalah pemain nomor 8 dalam Rugby. Tugas utamanya adalah menghubungkan pemain depan dan belakang saat menyerang. Pemain dengan posisi ini harus dapat membaca alur permainan, membagikan bola dengan baik. karena pemain ini adalah salah satu pemain yang menghubungkan lini belakang dan lini depan. Serta mampu membaca ruang gerak. Kuat dan cepat, yang paling penting mampu menyerang dan bertahan dengan cepat.

6. Scrum Half


Scrum half adalah posisi pemain nomor 9. Tugas utamanya adalah menghubungkan pemain
depan dengan pemain belakang pada scrum garis luar. Pembuat keputusan, entah itu memberikan bola cepat ke pemain belakang atau menahan bola dan mendekat ke depan.

7. Fly Half


Fly half adalah pemain nomor 10. Tugasnya sebagai pengatur irama permainan tim, dia akan menerima bola dari pemain nomor 9 kemudian memilih untuk menendang, atau mengumpan bola, atau membuat break/istirahat dalam hitungan detik pada saat permainan berlangsung.

8. Centers


Center adalah posisi pemain nomor 12 dan 13. Mereka adalah pemain kunci baik itu dalam menyerang ataupun bertahan. Dalam bertahan mereka harus melakukan tekel kepada penyerang lawan dan saat menyerang mereka akan menggunakan kecepatan, kekuatan dan ketajaman serta kreativitas mereka untuk menembus pertahanan lawan.

9. Wing


Wing atau pemain sayap adalah pemain nomor 11 dan 14. Wing dituntut untuk dapat berlari dengan kencang. Wing berada di bagian luar lapangan untuk memberikan dukungan ke luar. Pemain wing juga harus mempunyai kekuatan dan stamina yang baik karena wing harus dapat berlari dari luar lapangan untuk mencetak angka.

10. Full Back


Full back adalah pemain kunci dalam bertahan. Dalam Rugby Union fullback adalah pemain nomor 15. Tugas utamanya adalah untuk bertahan atau sebagai palang pintu terakhir di daerah pertahanan, piawai dalam bola-bola tinggi. Memiliki kaki yang cekatan dan mampu melakukan tekel dengan bersih dan aman.

Baca juga: Olahraga Rugby: Sejarah, Peraturan, Jenis, Ukuran Lapangan

Demikianlah artikel kali ini tentang posisi pemain rugby/rugbi dan tugasnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar