-->

Type something and hit enter

Posted by On
Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap beserta Keterangannya

Tujuan artikel ini dibuat untuk mengetahui ukuran lapangan bola voli beserta keterangannya, ukuran net bola voli dan lain-lain.

Berikut ini penjelasan  mengenai gambar bentuk dan ukuran lapangan bola voli sesuai standar internasional (Federation Internationale De Volleyball / FIVB) dan standar nasional (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia / PBVSI) beserta dengan keterangan gambarnya lengkap.

Baca juga: Sejarah Bola Voli secara Singkat

Gambar Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya



Ukuran Lapangan Bola Voli
Gambar Lapangan Bola Voli


Lapangan pertandingan bola voli dibuat di dalam ruangan atau lapangan terbuka. Tempat yang digunakan harus terletak di atas permukaan tanah yang datar. 

Pada lapangan terbuka, dianjurkan memiliki kemiringan 5 mm setiap meter lapangan. Kemiringan ini berguna untuk mengeringkan air yang ada di lapangan jika kondisi cuaca tengah hujan.

Permukaan lapangan volley ball tidak boleh licin karena akan membahayakan keselamatan pemain. Sehingga, bahan yang digunakan untuk membuat lapangan ini harus tidak menyebabkan licin. 

Pada lapangan pertandingan bola voli skala internasional, diperbolehkan permukaannya terbuat dari bahan kayu atau sintetis. 

Jika menggunakan bahan selai daripada itu, harus mendapat izin terlebih dahulu dari FIVB.

Pada dasarnya ukuran lapangan bola voli adalah seluas 18 m x 9 m.Berbentuk persegi panjang dan dikelilingi ruang bebas di pinggirnya minimal 3 m dari garis terluar lapangan. 

Pada pertandingan internasional resmi, lapangan memilikiruang bebas minimal 5 m dari garis samping lapangan dan 8 m dari garis belakang lapangan. 

Ruang bebas ini digunakan pada saat pemain mengejar bola di luar lapangan.

Apabila lapangan berada di dalam ruangan atau hall, maka sebaiknya warna lapangan terang, selain daripada putih. 

Agar lapangan dapat terlihat dengan jelas, maka garis atau batas lapangan yang digunakan berwarna putih. Garis lapangan berukuran 5 cm. 

Terdapat dua jenis garis yaitu garis batas dan garis tengah.

Apa itu garis batas? Garis batas adalah garis pembentuk lapangan agar menjadi empat persegi panjang.

Sedangan garis tengah terletak di poros lapangan, memotong lapangan menjadi dua bagian dengan ukuran masing-masing 9 m.

Setiap bagian lapangan memiliki dua daerah, yakni depan dan belakang. Daerah depan memiliki jarak 3 m dari garis poros dan daerah belakang berukuran 6 m dari daerah depan.

Selain daripada daerah pertandingan, lapangan juga memiliki daerah bebas. Daerah bebas ini mengelilingi seluruh bagian luar lapangan dengan lebarnya 3 m dari garis batas. 

Dengan adanya daerah bebas ini berguna untuk memperluas ruang gerak pemain, terutama pada saat pemain akan melakukan loncatan atau mengejar bola.

Pada sisi kiri dan kanan lapangan terdapat daerah pergantian pemain. Daerah ini terletak pada perpanjangan garis serang. Bagian belakang lapangan terdapat daerah servis. 

Daerah ini memiliki lebar 3 m dari garis batas lapang dan terletak pada bagian kanan belakang.

Baca juga: Materi Bola Voli

Jaring (net)


Permainan bola voli menggunakan jaring atau disebut juga dengan net. 

Net ini berfungsi untuk memisahkan wilayah lawan. Warna pada net umumnya hitam. Di sisi atas net dilapisi kain atau sejenisnya berwarna putih dengan lebar 5 cm.

Tujuannya agar net dapat terlihat lebih kontras dan terlihat batas net. Ukuran lubang net 10 cm persegi. Panjang jari 9,50 m dan lebarnya 1 m. 

Pada setiap ujung jaring dilengkapi tali untuk mengikatkannya ke tiang. Tiangnya terbuat dari besi berbentuk tabung agar dapat menahan daya tarik dari jaring. 

Jarak tanam tiang berada pada 0,5-1 m dari garis batas. Tinggi tiang 2,55 m.

Ukuran Bola Voli


ukuran bola voli

Bola voli menggunakan bola yang dirancang khusus sesuai dengan peraturan FIVB. 

Bentuk bola bulat dengan diameter 65-67 cm. 

Bobot bola sekitar 260-280 gram dengan tekanan udara sebesar 0,40-0,45 kg/cm persegi.

Agar bola dapat dipantulkan oleh tangan dengan sangat baik, maka bahannya harus lunak (lentur). Bagian dalam bola terbuat dari karet agar lebih lentur lagi dan empuk saat kita gunakan.

Berikut kami akan jelaskan juga secara singkat ukuran lapangan, net bola voli.

Baca juga

1. Ukuran Lapangan Bola Voli


Ukuran lapangan bola voli yang berbentuk persegi panjang yang ditetapkan oleh Federation Interationale de Volleyball (FIVB) dan PBVSI adalah sebagai berikut.
  • Panjang lapangan bola voli: 18 meter
  • Lebar: 9 meter
  • Garis pembatas: 5 cm

2. Ukuran Net Bola Voli


ukuran net bola voli

Net terbuat dari anyaman benang atau sejenisnya dan berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut.
  • Panjang: 9,5 m
  • Lebar: 1 m
  • Mata jaring: 10 cm persegi
  • Tinggi net bola voli: untuk putra 2,43 m dan putri 2,24 m.

3. Antene


Antene bola voli


Antene terbuat dari fiberglass atau sejenisnya yang bersifat lentur dan dicat berwarna hitam dan putih (belang) atau warna lain yang kontral dengan panjang 10 cm. Antene memiliki ukuran sebagai berikut.
  • Panjang: 1,8 m
  • Garis tengah: 1 cm

4. Tiang Jaring


Tiang harus bulat dan licin. Berdiri kokoh dengan jarak 50 cm dari garis samping yang sejajar dengna garis tengah lapangan.

5. Ukuran Bola Voli


Ukuran bola voli adalah sebagai berikut.
  • Keliling: 65-67 cm
  • Berat: 250-280 gram
  • Tekanan udara: 0,48-0,52 kg/cm persegi

Baca juga: Teknik Dasar Bola Voli

Demikianlah artikel tentang gambar ukuran lapangan bola voli putra dan putri beserta ukurannya yang mudah digambar. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

1 komentar:

 
close