Type something and hit enter

Posted by On
Materi Penjasorkes Bagian Bola Besar - Artikel kali ini membahas tentang Permainan Bola Voli. Meliputi: pengertian, sejarah, teknik dasar, peraturan, perlengkapan dan manfaatnya.

Berbicara soal bola voli, pasti anda semua sudah tahu bukan apa itu bola voli? Olahraga yang digemari masyarakat indonesia bahkan seluruh dunia ini tidak hanya seru dan mengasyikkan, melainkan sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Pengertian bola voli adalah permainan beregu yang dalam satu regu antar pemain satu sama lain harus saling mendukung dan bahu-membahu membentuk regu yang kompak. Dengan demikian penguasaan teknik dasar pemainan bola voli secara perorangan sangat diperlukan.

Untuk dapat memenangkan suatu pertandingan dalam permainan bola voli dibutuhkan teknik, kondisi fisik yang baik serta taktik dan mental.

PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) adalah organisasi yang mengatur seluruh masalah tentang bola voli di Indonesia yang dibentuk pada 22 Januari 1955 yang berpusat di Jakarta. Untuk ulasan yang lebih lengkap dan detail, berikut penjelasannya.

Bola Voli

Pengertian Bola Voli


Berikut merupakan pengertian permainan bola voli menurut pendapat para ahli:

PBVSI


Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net.

Aip syarifuddin dan Muhadi


Bola voli dimainkan dengan dua tim, 1 tim terdiri atas 6 orang, setiap tim berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati di atas net.

Mahfud irsyada


Permainan bola voli merupakan permainan beregu dimana melibatkan lebih dari satu orang pemain.

M. Yunus


Permainan bola voli merupakan permainan yang dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Jadi, dari beberapa pengertian bola voli menurut para ahli, dapat kami simpulkan bahwa
Bola voli adalah olahraga beregu yang merupakan salah satu dari berbagai macam permainan bola besar yang dimainkan dalam 1 lapangan. Terdiri dari 2 regu yang saling berlawanan, masing – masing regu berisi 10 pemain dengan 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan. Tujuan utama dari bola voli adalah memukul bola ke daerah lawan hingga lawan tidak dapat menerima bola dan mempertahankan daerah sendiri agar memenangkan suatu pertandingan.

Sejarah Bola Voli


William G. Morgan, adalah seorang yang menciptakan permainan bola voli. Sama halnya dengan James Naismith (seorang yang menciptakan bola basket), Morgan juga merupakan salah satu guru olahraga di YMCA (Young Men’s Christian Association). YMCA adalah sebuah organisasi di Amerika Serikat yang bertujuan untuk mengajarkan para pemuda tentang masalah – masalah kekristenan.

Pasti anda bertanya – tanya, mengapa Morgan sampai kepikiran untuk membuat olahraga bola voli? Sebenarnya, Morgan terinspirasi dari sahabatnya James Naismith yang telah menciptakan bola basket, oleh sebab itu dia ingin membuat suatu olahraga yang berbeda dan lebih seru. Ide demi ide pun bermunculan di kepala Morgan dan terciptalah olahraga bernama mintonette. Mintonette adalah olahraga yang dibuat Morgan sebelum bola voli.

Tepat pada tahun 1896, Olahraga yang dulu bernama mintonette, diubah menjadi bola voli. Masih pada tahun yang sama, Morgan dipanggil oleh Dr. Luther Halsey (Direktur organisasi YMCA) untuk menunjukkan olahraga bola voli. Morgan kemudian menghadiri panggilan tersebut dengan membawa 2 tim untuk dipertandingkan dan menjelaskan peraturan – peraturan mengenai bola voli.

Seiring berjalannya waktu, olahraga bola voli mulai dikenal di seluruh Amerika dengan diadakannya kejuaraan bola voli nasional pada tahun 1933. Bola voli pun semakin terkenal hingga seluruh dunia dan akhirnya, dibentuklah FIVB (Federation Internationale de Volley Ball) pada tahun 1947 untuk mengatur seluruh masalah tentang bola voli di dunia dengan 15 negara sebagai anggota dan sampai saat ini, sudah 220 negara bergabung menjadi anggota dari FIVB.

Teknik Dasar Bola Voli


Adapun teknik dasar permainan bola voli antara lain sebagai berikut.

1. Servis


Servis adalah teknik awal sebagai tanda untuk dimulainya sebuah pertandingan. Terkadang teknik servis banyak diremehkan oleh orang – orang yang belum mengerti soal bola voli. Tetapi sebenarnya servis sangatlah berguna untuk memperoleh kemenangan. Ada beberapa macam servis.
  • Servis atas, teknik ini sedikit sulit bagi para pemula, karena teknik ini memerlukan latihan yang rutin agar bisa menguasainya.
  • Servis bawah, bagi anda yang baru belajar olahraga bola voli, kami sarankan untuk menguasai servis bawah terlebih dahulu sebelum servis atas. Karena teknik ini lebih mudah dilakukan.

2. Passing


Jika lawan melakukan smash, maka hal yang biasa dilakukan para pemain bola voli adalah menerima serta menahannya dengan teknik passing. Berikut ini adalah 2 teknik passing.
  • Passing atas, Teknik ini biasa dilakukan oleh para pemain bola voli untuk memberikan bola yang nantinya akan di smash.
  • Passing bawah, Teknik ini biasa dilakukan oleh para pemain bola voli untuk menerima servis dan juga smash yang dilakukan oleh lawan agar bola dapat dikontrol dengan baik.

3. Smash


Smash adalah teknik pukulan keras dengan menggunakan telapak tangan yang disertai dengan melompat. Teknik ini sangat menjadi penentu bagi kemenangan dalam pertandingan bola voli. Maka dari itu, anda diharuskan untuk bisa menguasai teknik smash ini.

4. Block


Jika anda memiliki ukuran badan yang tinggi, maka anda tidak akan kesulitan dalam melakukan block. Teknik ini dilakukan untuk memblock atau menahan smash yang dilakukan oleh lawan. Melakukan teknik block sebenarnya tidak sulit dan juga tidak gampang, anda harus memiliki insting yang kuat, kapan anda akan melompat, kapan lawan melakukan smash, dan kapan juga lawan melakukan tipuan.

Posisi Bermain Bola Voli


Bola voli adalah salah satu jenis olahraga permainan yang dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan. Setiap regu terdir iatas enam orang pemain, salah satu di antaranya bertugas sebagai libero (pemin khusus bertahan).

Permainan bola voli dilakukan di sebuah lapangan berbentuk empat persegipanjan. Tujuan setiap regu adalah berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan permainan dengan menciptakan angka (point) dalam setiap reli.

Regu penyerang berusaha untuk selalu memenangkan serangannya dan regu bertahan berusaha untuk mematikan setiap serangan yang dilakukan oleh pihak lawan sehingga memperoleh angka dan kesempatan servis. Servis dilakukan secara bergilir (rotasi) pada posisi pemain searah jarum jam.

Permainan bola voli merupaka nolahraga yang kompleks, yakni membutuhkan koordinasi yang baik di antara berbagai faktor yang berperan di dalamnya, seperti kondisi fisik, teknik, taktik, strategi, dan mental. Semua itu membutuhkan perhatian serius dari setiap pemain dan harus dikuasai oleh pemain melalui proses latihan yang baik.

Salah satu faktor penting yang harus dimiliki secara kelompok dalam menghadapi suatu permainan adalah taktik dan strategi. Oleh karena itu, suatu regu harus dapat memperhitungkan posisi bermain yang sesuai dengan karakter setiap pemainnnya. Berikut ini adalah posisi para pemain bola voli dalam satu regu. Urutan nomor menjelaskan rotasi pemain dalam melakukan servis.

Posisi Bermain Bola Voli


Perlengkapan Bola Voli


Berikut perlengkapan dalam olahraga bola voli.

1. Ukuran Lapangan Bola Voli


Olahraga permainan bola voli dimainkan pada sebuah lapangan yang berbentuk persegi panjang. Seiring dengan terus berkembangnya permainan bola voli maka standar ukuran internasional dan sarana pendukung pada lapangan bola voli pun telah ditetapkan.

Standar ukuran panjang lapangan bola voli adalah 18 meter, sedangkan ukuran lebarnya adalah 9 meter.

Panjang lapangan tersebut kemudian dibagi dua dan dipisahkan dengan sebuah net yang dipasang pada dua buah tiang.

Ukuran lapangan bola voli yang ditetapkan oleh FIVB.
Jarak dari garis serang ke garis pemisah daerah permainan adalah 3 meter.

2. Net


Panjang net dalam olahraga bola voli adalah 9,5 m, serta lebar 1 m. Tinggi net untuk putra 2,43 m, sedangkan untuk putri 2,24 m.

3. Bola


Bola voli dibuat dari kulit lunak atau bahan sintetis yang bewarna cerah atau kombinasi warna berbentuk bundar/bulat, contohnya dengan diameter 65 – 67 cm serta berat 250 – 280 g.

Peraturan Bola Voli 


Berikut ini merupakan peraturan-peraturan dalam permainan bola voli yang harus Anda ketahui.

1. Jumlah pemain


Dalam olahraga bola voli, terdapat 2 tim yang saling berkompetisi, masing –masing tim memiliki 10 pemain dengan 6 pemain inti serta 4 pemain cadangan.

2. Penilaian


Berikut ini beberapa penilaian dalam olahraga bola voli.

a. Akibat Kesalahan Reli
  • Apabila pelaku servis memenangkan reli, timnya memperoleh 1 (satu) angka dan harus melanjutkan servis.
  • Apabila pelaku servis, gagal/kalah dalam reli, regu penerima memperoleh 1 (satu) angka dan berhak melakukan servis.

b. Kemenangan dalam Setiap Set
  • Suatu set (kecuali set V) dimenangkan oleh suatu regu yang lebih dahulu mendapatkan angka 25 dengan minimal selisih 2 (dua) angka.
  • Dalam kedudukan 24-24, permainan dilanjutkan sampai selisih 2 (dua) angka (26-24, 27-25, dst).
  • Dalam kedudukan kemenangan set 2-2, set penentuan (set V) dimainkan hingga angka 15 dengan selisih minimal 2 (dua) angka (16-14, 18-16, dst).
  • Jika suatu regu menolak untuk bermain setelah dipanggil, regu tersebut dinyatakan kalah 0-3 dan 0-25 untuk setiap set.


3. Jumlah point


Kemenangan dalam olahraga bola voli bukan ditentukan oleh waktu, melainkan jumlah point. Tim yang memenangkan sebuah pertandingan adalah tim yang mendapat point 15 lebih dahulu.

4. Jumlah wasit


Terdapat 1 wasit sebagai pemimpin sepanjang pertandingan, 4 penjaga garis serta 1 orang sebagai pencatat point.

5. Pelanggaran


Terjadinya suatu pelanggaran apabila
  • Pemain bola voli secara sengaja ataupun tidak sengaja memegang bahkan menyentuh net dengan tangan.
  • Pemain bola voli secara sengaja ataupun tidak sengaja jika salah satu anggota tubuh melewati net.
  • Pemain bola voli berkata kasar kepada wasit.
  • Pemain bola voli meninggalkan lapangan tanpa izin dari wasit.

Manfaat bola voli


Adapun manfaat yang akan kalian dapatkan setelah melakukan aktivitas olahraga bola voli adalah sebagai berikut.

1. Menambah stamina


Dengan melakukan olahraga bola voli secara rutin dan teratur, akan bisa menambah stamina anda yang berguna untuk melakukan kegiatan sehari – hari.

2. Menguatkan tulang


Dalam olahraga bola voli, dibutuhkan service, smash, passing dan juga block agar memenangkan suatu pertandingan. Keempat gerakan itu dapat menguatkan tulang anda agar tidak mudah rapuh.

3. Membakar lemak


Kesulitan dalam menurunkan berat badan? Tidak perlu khawatir, anda cukup bermain bola voli secara rutin. Selain mengasyikkan, bola voli juga sangat efektif dalam membakar lemak.

4. Membentuk otot


Dalam bermain bola voli, anda dituntut untuk melakukan lompatan dan pukulan – pukulan yang keras untuk mendapatkan point. Dengan melakukan itu secara teratur, bisa dengan cepat membentuk otot – otot tubuh anda terutama lengan.

5. Mencegah penyakit stroke


Melakukan olahraga bola voli ternyata dapat memperlancar sistem peredaran darah. Lancarnya sistem peredaran darah dapat menghindari terjadinya pembentukan bekuan darah yang mengakibatkan stroke.


Demikian artikel hari ini tentang permainan bola voli yang meliputi pengertian, sejarah, teknik, peraturan, perlengkapan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 komentar