Type something and hit enter

Posted by On

Artikel ini adalah jawaban atas pertanyaan "jelaskan secara singkat sejarah bola voli dunia dan Indonesia serta perkembangannya?"


Sebelum itu Anda bisa simak juga artikel kami sebelumnya tentang Materi Permainan Bola Voli.


Sejarah Permainan Bola Voli Dunia Singkat

Sejarah Permainan Bola Voli

Olahraga bola voli yang kita kenal saat ini memiliki sejarah yang amat panjang.


Dahulu, voli dikenal sebagai mintonette dan dimainkan di negara Italia. Di Jerman, voli dikenal dengan istilah faustball.


Permainan ini sudah dikenal di Romawi sejak abad pertengahan Eropa. 


Awalnya permainan ini dimainkan di lapangan berukuran 50 x 20 meter. Saat itu pemisah lapangan hanya dibatasi oleh sebuah tali berukuran 2 meter dari permukaan lantai.


Bola yang digunakan pun memiliki diameter 70 cm. Dimainkan oleh 5 orang dalam satu timnya.


Cara memainkannya dengan memantul-mantulkan bola ke udara melewati atas net. Dalam pertandingan ini sentuhan bola tidak dibatasi dan bola boleh menyentuh lantai sebanyak dua kali.


Permainan yang kemudian dikenal sebagai bola voli berkembang sebagai olahraga yang banyak dimainkan pada tahun 1895. 


Olahraga ini terus berkembang dan dikenal di berbagai penjuru dunia. Hingga kini, bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat digemari.


Sejarah Olahraga Bola Voli Indonesia Singkat

Voli Masa Penjajahan Belanda


Di Indonesia, bola voli sudah lama dikenal sejak masa penjajahan Belanda, sehingga dikenal juga dengan sebutan voli kompeni.


Sekitar tahun 1928, bola voli pertama kali dimainkan di Indonesia. Pada masa itu, voli hanya dimainkan oleh orang Belanda dan para bangsawan.


Awalnya para kompeni dari Belanda mendatangkan guru-guru pendidikan jasmani untuk memberikan pelatihan kepada para tentara Belanda. Kemudian mereka memainkannya antara sesama mereka saja.


Seiring dengan perkembangannya, warga pribumi pun diajak bermain bersama dalam permainan olahraga bola voli.


Permainan dilakukan bersama di lapangan terbuka dengan dibatasi jaring (net) di tengah lapangan permainan.


Perkembangan Bola Voli Indonesia


a. Berdirinya Induk Organisasi PBVSI


PBVSI adalah singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang diresmikan sebagai induk organisasi bola voli nasional oleh Komite Olimpiade Indonesia pada tahun 1955 tepatnya bulan Maret.


Peresmian ini berdampak baik bagi wajah bola voli Indonesia di kancah dunia ditandai dengan diperolehnya pengesahan sementara dari induk organisasi bola voli internasional atau IVBF (International Volley Ball Federation).


Selang empat tahun diresmikannya PBVSI, pada Oktober tahun 1959 PBVSI resmi dalam keanggotaan IVBF.


PBVSI kemudian mulai aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan menyangkut olahraga bola voli baik di dalam maupun luar negeri.


Perkembangan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan GANEFO I 1963 di Jakarta, baik untuk tim putra maupun putri.


Berbagai ajang tersebut semakin menguatkan gairah pervolian Indonesia. Dampaknya, berbagai klub dan sarana lapangan bola voli sangat mudah dijumpai di berbagai pelosok Indonesia. Olahraga bola voli diterima baik oleh masyarakat selayaknya sepak bola dan bulu tangkis.


b. Prestasi Bola Voli Indonesia


Kejuaraan Nasional


Sebagai olahraga yang sudah dikenal cukup lama, olahraga bola voli terus berkembang. Berbagai turnamen diselenggarakan untuk mempertemukan tim-tim dari berbagai daerah untuk bertanding.


Di Indonesia, turnamen bola voli sering diadakan setiap tahunnya. Salah satunya adalah Proliga. 


Proliga adalah sebuah turnamen bola voli profesional tahunan di Indonesia. Proliga pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002. Dimulai pada 1 Februari dan selesai 7 April.


Proliga digelar di lima kota terpisah, yaitu Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, dan Gresik. Partai final diselenggarakan di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta.


Kejuaraan Internasional


Bola voli Indonesia berkembang secara internasional saat digelarnya kompetisi Asian Games ke IV dan GANEFO (Games of new Emerging Forces) di Jakarta.


Tim Indonesia beberapa kali meraih kemenangan. Hal ini membuktikan atlet bola voli Indonesia dapat bersaing dengan atlet negara lain.


Prestasi bola voli Indonesia di tingkat internasional yang pernah diraih diantaranya aitu Sea Games pada 1981, 1983, 1987, dan 1989 berhasil mempersembahkan medali emas.


Lalu, Sea Games pada 1979, 1983, 1985 Indonesia mampu memboyong perak. Sementara di Asean Games pada 1982 Indonesia mampu hingga finish di posisi ke-6.


Pada ajang Sea Games yang berlangsung di Laos, Desember 2010, tim bola voli Indoensia sukses mendulang medali emas. Selanjutnya, ada tim voli pantai Indonesia yang meraih juara II di Songkhla.


Baca juga: Sejarah Bola Voli Terlengkap


Demikianlah artikel kali ini tentang sejarah olahraga permainan bola voli di Indonesia dan dunia beserta perkembangan bola voli Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Buku Jago Bola Voli: Ikbal Tawakal

0 komentar