Type something and hit enter

Posted by On
Sejarah Permainan Bola Kasti Singkat dan Lengkap

Sejarah permainan bola kasti berasal dari bahasa Belanda, termasuk dalam jenis olahraga permainan dengan menggunakan bola kecil atau permainan bola kecil.

Sejarah Permainan Bola Kasti di Indonesia


Permainan bola kasti sudah ditemukan dan dimainkan sejak dahulu. Bahkan sejak Indonesia masih dijajah oleh Belanda dan Jepang, olahraga ini sudah ditemukan. Penemu olahraga bola kasti adalah William G. Morgan. 

Kasti adalah pemain beregu (tim) yang dimainkan oleh dua regu, masing-masing regu terdiri dari 12 orang pemain, bagi regu yang mendapat kesempatan memukul disebut regu pemukul, dan regu yang bertugas di lapangan disebut regu lapangan.

Kasti dimainkan khusus oleh anak-anak putra saja atau oleh anak-anak putri saja. Permainan bola kasti dimainkan di atas lapangan rumput yang rata yang berbentuk empat persegi panjang dimana lebar dan panjangnya kurang lebih berbanding 1 : 2.

Di atas lapangan terdapat sebuah tiang hinggap untuk pertolongan pelari disebut tiang pertolongan, dan 2 buah tiang hinggap bebas yang terdapat pada bagian akhir lapangan disebut tiang bebas.

Dalam permainan kasti ini dipergunakan alat pemukul bola dibuat dari kayu, disebut kayu pemukul, dan bola kecil. Bagi anak-anak yang baru belajar dan memakai bola tenis, sedang bagi anak-anak yang sudah mahir atau telah menguasai permainan kasti digunakan bola khusus untuk kasti.

Permainan bola kasti dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh 3 orang pembantu wasit dan seorang penulis nilai.

Pemain regu pemukul setelah memukul bola berusaha segera lari ke tiang bebas dan kembali ke ruang bebas dengan selamat untuk mendapat nilai.

Sebaliknya pemain regu lapangan berusaha menggagalkan usaha pemain pemukul untuk mendapat nilai dengan menangkap bola yang dipukul dan melempar atau menembak pelari dengan bola atau menghanguskan ruang bebas dengan bola pada waktu ruang bebas kosong untuk menggantikan menjadi pemain pemukul.

Antara regu satu dengan regu lainnya saling berusaha untuk menjadi regu pemukul. Adapun tujuan dari masing-masing regu atau kedua belasan adalah berusaha untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya.

Permainan kasti ini dilakukan 2 babak, antara babak pertama dan babak kedua dengan diberi waktu untuk istirahat. Regu yang dinyatakan menang adalah regu yang sampai akhir permainan atau akhir pertandingan lebih banyak mengumpulkan nilai.

Sejarah Singkat Bola Kasti di Dunia


Sejarah singkat permainan bola kasti. Kasti berasal dari bahasa Belanda, termasuk dalam jenis olahraga permainan dengan menggunakan bola kecil atau permainan bola kecil.

Kasti mirip dengan permainan softball. Sejarah permainan bola kasti telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor pada tahun 1744 di Pretty little Pocket-Book di mana disebut "dasar-bola" oleh John Newbery.

Dinasti Tudor adalah dinasti raja dan ratu di Inggris. Garis penguasa ini dimulai pada tahun 1485, ketika Henry VII mengalahkan Richard III pada Pertempuran Bosworth. Henry diterima sebagai raja sesungguhnya.

Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua buku The Boy, yang meliputi peraturan bola kasti yang dicetak pertama di Inggris.

Tahun berikutnya, buku ini diterbitkan lagi oleh Massachusetts yang pertama membuat aturan nasional di Boston. Yang kemudian diformalkan disusun oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia tahun 1884.

Permainan bola kasti masih diatur oleh GAA di Irlandia. Sedangkan di Inggris diatur oleh Rounders yang dibentuk pada tahun 1943.

Sementara itu dua asosiasi berbeda, berbagi elemen permainan dan budaya yang sama. Kompetisi ini diselenggarakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan yang dilakukan secara bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan pagi hari dan satu lagi di sore hari.

Setelah aturan formal Kasti di Irlandia, Asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia di pertandingan 1889. Kasti tidak berhubungan dengan Inggris Raya, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport.

Meskipun begitu, kasti diasumsikan lebih tua dari permainan baseball/bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal utama 'bola' di pra-Inggris Raya. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

Baca juga: Permainan Bola Kasti: Pengertian, Teknik, Peraturan, Peralatan, Ukuran Lapangan Kasti

Demikianlah artikel tentang sejarah singkat permainan bola kasti. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar