Type something and hit enter

Posted by On
Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu dan Cara Melakukannya Singkat

Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu dan Cara Melakukan Renang Gaya Kupu-Kupu Singkat


Renang gaya kupu-kupu adalah sebagai gaya lanjutan, artinya para perenang yang ingin merenangkan gaya ini telah terlebih dahulu dapat melakukan gaya yang lain (renang gaya dada).

Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu


Pengertian renang gaya kupu-kupu dolphin, yaitu gaya kupu-kupu yang menggunakan gerakan tungkai menirukan lecutan ekor ikan dolphin/lumba-lumba. Gaya ini disebut gaya dolphin kick atau The Dolphin Butterfly Stroke (Kasiyo, 1980: 15).

Renang gaya kupu-kupu atau gaya dolphin adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap permukaan air. Cara melakukan renang gaya kupu-kupu yaitu:

Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan.

Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor lumba-lumba.

Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Dengan gerakan tungkai ikan dolphin ternyata hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan gerakan tungkai gaya dada. Hingga sekarang setiap perlombaan renang gaya kupu-kupu selalu menggunakan gaya dolphin kick.

Apabila dirinci teknik renang gaya kupu-kupu terdiri dari 5 bagian yaitu:
  1. Posisi badan
  2. Gerakan tungkai
  3. Gerakan lengan
  4. Pernapasan
  5. Gerakan keseluruhan (Sumarno, 1999: 84)

Renang gaya kupu-kupu diciptakan tahun 1933, dan merupakan gaya berenang paling baru. Berbeda dengan renang gaya lainnya, perenang pemula yang belajar gaya kupu-kupu perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki.

Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan.

Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya, perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar.

Cara Melakukan Renang Gaya Kupu-Kupu


Renang gaya kupu-kupu merupakan salah satu gaya dalam olahraga renang. Dibandingkan dengan gaya renang lainnya, gaya kupu-kupu merupakan gaya yang paling baru diperlombakan dalam pertandingan-pertandingan renang.

Berenang dengan gaya kupu-kupu diperlukaan kekuatan yang besar dan koordinasi gerak yang baik. Berikut ini langkah-langkah cara melakukan renang gaya kupu-kupu.

1. Gerakan Kaki

Gerakan Kaki Renang Gaya Kupu-Kupu

  • Pinggang diturunkan ke bawah dan kaki bergerak ke bawah untuk melakukan cambukan.
  • Dengan memanfaatkan ruang gerak sendi pergelangan kaki dan punggung kaki, cambukan dilakukan untuk menekan air ke bawah secara cepat dan kuat.
  • Kaki ke atas pada saat gerakan recovery.
  • Gerakkan pinggang ke atas sehingga kaki terangkat ke atas saat pinggang bergerak ke bawah.

2. Gerakan Lengan

Gerakan Lengan Renang Gaya Kupu-Kupu

Sebutkan tahapan gerakan lengan pada renang gaya kupu-kupu? Berikut penjelasan singkatnya.
  • Entry: tangan masuk ke dalam air, lengan lurus pada posisi mixing, dan jari-jari lebih rendah dari siku. Tangan masuk ke dalam air sebelum melewati daerah samping bahu.
  • Mengayun ke luar: lengan bergerak ke luar secara berkesinambungan. Akhiri dengan gerakan catch yang dilakukan setelah kedua lengan berada tepat di luar bahu bersamaan dengan cambukan pertama ke bawah.
  • Mengayun ke bawah: tangan bergerak ke bawah dan ke luar dari lingkaran gerak.
  • Mengayun ke dalam: posisi tangan berada tepat di bawah siku. Tangan ditarik ke dalam, ke atas, dan ke belakang dalam lingkaran kecil di bawah kepala dekat badan. Mengayun ke atas depan, siku diangkat ke atas permukaan air membentuk sudut 30 derajat - 40 derajat.
  • Recovery: lengan diangkat ke atas permukaan air secara rileks, pangkul lengan diputar ke dalam dan mengayun ke depan.

3. Gerakan Mengambil Napas

Gerakan Mengambil Napas Renang Gaya Kupu-Kupu

Kapan kita dapat mengambil nafas pada renang gaya kupu-kupu? Berikut penjelasan singkatnya.
  • Udara diambil pada saat tangan mulai ditarik ke arah bahu dan kepala ke luar dari dalam air.
  • Udara dikeluarkan pada saat kepala akan ke luar air melalui gerakan dagu, lalu udara ditarik lagi dengan cepat.
  • Udara dihirup melalui mulut dan dibuang melalui mulut dan hidung secara bersamaan. 

Itulah tadi pengertian renang gaya kupu-kupu beserta cara melakukan renang gaya kupu-kupu singkat. Bagi kalian yang ingin mengetahui penjelasan lengkap dari cara melakukan renang gaya kupu-kupu bisa melihat artikel kami di bawah ini.

Baca selengkapnya: Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu Lengkap

Demkianlah artikel tentang pengertian renang gaya kupu-kupu dan cara melakukannya singkat. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar