-->

Type something and hit enter

Posted by On
Gerak dasar senam irama menurut Muhajir (2007:77-78) adalah gerakan sederhana senam yang dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat-alat tertentu, serta memanfaatkan irama musik yang dipakai.

Alat-alat yang dipergunakan dalam gerak dasar senam irama/ritmik yaitu, bola, simpai, pita, tali dan gada.

8 Macam Gerakan Dasar Senam Irama

Senam irama terdiri atas berbagai macam gerakan, dari yang sederhana/dasar hingga kompleks/rumit. Proses berlatih gerakan tersebut dimulai dari gerakan mendasar yang sederhana tanpa menggunakan alat terlebih dahulu.

Baca juga: Senam Irama/Ritmik: Pengertian, Gerakan, Manfaat, Sejarah & Alatnya

Dasar-dasar gerakan yang harus  dikuasai dalam senam irama/ritmik (baik dengan alat maupun tanpa alat) menurut Brittani Bush (2011:7) adalah:

a. Gerak Dasar Langkah/berjalan Senam Irama


Yang dimaksud langkah adalah berpindahnya salah satu kaki belakang ke depan kaki yang lainnya, dengan berbagai variasi. Sedangkan macam-macam langkah, yaitu:

1) Langkah biasa/walking


Walking atau langkah biasa merupakan langkah yang dilaksanakan seperti berjalan biasa. Posisi kepala tegak dan pandangan ke depan. Kaki jinjit dan lurus, sedangkan untuk badan kencang dan tegak.

2) Langkah keseimbangan/balance step


Langkah keseimbangan merupakan langkah yang dilaksanakan dengan mengayun kaki terlebih dahulu sebelum menapakkan kaki ke depan. Posisi tangan lurus ke samping untuk menjaga keseimbangan dan semua anggota tubuh harus kencang.

3) Langkah sasse/sasse step


Langkah sasse merupakan langkah yang dilaksanakan dengan cara berjalan dengan urutan kaki kanan kanan kemudian kaki kiri kiri. Langkah ini biasa digunakan untuk awalan saat melaksanakan teknik lompatan.

4) Langkah melingkar/cirlce step


Langkah melingkar merupakan variasi langkah yang dilakukan dengan membentuk lingkaran. Langkah ini biasa digunakan dengan gerakan body wave ayunan tangan ke samping.

5) Langkah menyamping/side step


Langkah menyamping merupakan langkah yang dilaksanakan ke arah samping dengan membuka kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian.

6) Langkah silang/cross step


Langkah silang dilaksanakan dengan posisi badan mengarah ke samping kemudian kaki disilangkan ke arah depan dan belakang.

b. Gerakan Dasar Senam Irama Berlari


Berlari adalah gerakan cepat dimana kedua kaki ada saat melayang di atas tanah. Berlari dilakukan dengan cara badan sedikit condong ke depan, lutut diluruskan dan ditekuk dengan bahu yang diayun.

c. Gerak Dasar Senam Ritmik Loncat


Loncat adalah gerakan melangkah disertai tolakan kaki sehingga ada saat badan melayang di udaram mendarat dengan salah satu kaki disusul dengan kaki yang lainnya. Macam-macam loncat adalah:

1) Loncat biasa/jumping


Jumping atau loncat biasa merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara loncat ke atas dengan posisi badan tegak dan pandangan ke depan lurus.

2) Loncat sasse/sasse jump


Loncat sasse dilaksanakan dengan cara meloncat dengan urutan kaki kanan kanan kemudian kaki kiri kiri. Sama halnya dengan langkah sasse, loncat sasse biasa digunakan untuk awalan saat melakukan teknik lompatan.

3) Loncat ganti/scissors


Loncat ganti merupakan variasi loncatan yang dilaksanakan dengan mengangkat salah satu kaki lurus ke arah depan dengan diikuti kaki yang satunya.

4) Loncat depan/front jump


Loncat depan merupakan gerakan yang dilaksanakan dengan posisi badan kencang dan tegak, kaki rapat kemudian melakukan loncatan tinggi ke arah depan.

5) Loncat samping/side jump


Loncat samping merupakan gerakan yang dilaksanakan dengan posisi badan kencang dan tegak, kaki rapat kemudian melakukan loncatan tinggi ke arah samping.

d. Sikap badan dalam Senam Irama


Yang dimaksud sikap dalam senam irama adalah sikap badan ketika senam berhenti. Baik untuk pergantian gerak kombinasi maupun gerak akhir dengan selesainya suatu irama.

Ada bermacam-macam sikap badan, yaitu: Sikap berdiri, duduk, berbaring, tidur terlentang dan sebagainya. Pada intinya, setiap memulai ataupun selesai, sikap badan harus sempurna.

e. Gerakan Ayunan lengan dalam Senam Irama


Ayunan satu lengan maupun dengan dua lengan dapat digerakkan dengan berbagai variasi, misalnya ke samping kanan atau kiri, ke depan atau belakang, melingkar ke kanan atau kiri, melingkar ke depan atau belakang.

Ayunan tersebut akan dikoordinasikan dengan gerakan-gerakan kaki yang ada dalam senam irama/ritmik.

f. Wave


Gerakan dasar senam irama selanjutnya adalah wave. Gerakan wave adalah gerakan menggeliat seakan bergelombang dengan gerakan pinggul lebih aktif. Variasi atau macam gerakan bisa meliuk ke kanan atau ke kiri kemudian bisa juga ke depan atau ke belakang.

g. Gerakan Putar Badan Senam Irama


Gerakan memutar badan adalah berpindahnya salah satu kaki diikuti oleh kaki yang lainnya kearah melingkar ke kiri atau ke kanan. Gerakan memutar badan bisa 180 derajat atau langsung 360 derajat ,bahkan dalam gerakan tertentu dapat dilakukan berkali-kali memutar sesuai dengan kombinasi.

h. Penyesuaian Gerak dengan Irama


Musik atau irama yang biasa digunakan untuk mengiringi senam ritmik/irama adalah musik balet. Yaitu sejenis musik klasik, dengan irama ketukan. Untuk menyesuaikan supaya antara musik dan gerakan senam yang sudah di rancang sedemikian rupa bisa sesuai, dan berakhir dengan manis, maka perlu memperhatikan:

1) Intro musik (pembukaan)


Biasanya terdapat 8 hitungan, atau 2 kali 8 hitungan yang sengaja diciptakan untuk gerakan pendahuluan, biasanya dengan bunyi tut.

2) Musik inti


Musik inti merupakan musik untuk mengiringi gerakan senam ritmik yang dipertunjukkan, yaitu gerakan satu rangkaian penuh.

3) Musik penutup


Walaupun tidak khusus diciptakan sebagai musik penutup gerakan, tetapi atlet harus hafal betul kapan irama akan berhenti karena hal itu merupakan klimaks dari suatu rangkaian seorang pesenam.

Itulah tadi beberapa macam gerakan dasar senam irama yang wajib kalian ketahui. Selanjutnya disarankan bagi kalian untuk membaca juga artikel di bawah ini.

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Jenis, Teknik, Manfaat & Peraturannya

Demikianlah artikel tentang gerak dasar senam irama/senam ritmik. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close