Type something and hit enter

By On
Bagaimana peraturan renang gaya dada menurut FINA? Sebelum kita mulai membahasnya, terlebih dahulu Materi Olahraga memberikan sedikit penjelasan apa itu FINA.

Perlombaan renang tingkat dunia diatur oleh sebuah organisasi yang bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Organisasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Selain renang, FINA juga merupakan induk organisasi internasional polo air, selam, renang indah, dan renang perairan terbuka.

Berikut ini peraturan perlombaan internasional renang gaya dada yang disahkan oleh FINA antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Renang Gaya Bebas: Pengertian, Teknik, Sejarah & Manfaat

Peraturan Internasional Renang Gaya Dada

7 Peraturan Renang Gaya Dada Menurut FINA
Peraturan Renang Gaya Dada Menurut FINA
  1. Renang gaya dada dimulai dari dayungan tangan pertama sesudah start dan sesudah pembalikan. Badan tetap menelungkup dan kedua bahu segaris dengan permukaan air yang normal.
  2. Semua gerakan lengan harus serempak dan dalam bidang horizonal yang sama, tanpa gerakan bergantian.
  3. Kedua tangan harus didorong ke depan bersama-sama dari dada dan harus ditarik ke belakang atau di bawah permukaan air. Kecuali pada start dan pembalikan, kedua tangan tidak boleh ditarik ke belakang melampaui garis pinggang.
  4. Semua gerakan kaki harus serempak dan pada bidang horizonal yang sama, tanpa gerakan bergantian.
  5. Saat melakukan gerakan menendang, kedua kaki harus diarahkan ke luar hingga mendorong ke belakang. Suatu gerakan menggunting (scissors), beralun (flutter), atau gerakan kaki menekan ke bawah (dolphin kick) tidak diperbolehkan. Memecah permukaan air dengan kedua kaki diperkenankan, kecuali bila diikuti dengan gerakan kaki menekan ke bawah atau tendangan lumba-lumba.
  6. Saat pembalikan dan finish, sentuhan harus dilakukan dengan kedua tangan serempak, baik di atas atau di bawah permukaan air. Kedua bahu harus tetap pada posisi horizonal hingga sentuhan dilakukan. Kepala boleh di bawah permukaan air setelah tarikan terakhir saat menyentuh dinding.
  7. Selama melakukan gerakan lengkap dari satu kayuhan lengan dan tendangan kaki, saat itu sebagian dari kepala harus memecah permukaan air. Kecuali setelah start dan pembalikan, perenang boleh melakukan satu tarikan lengan penuh ke belakang hingga mengarah ke kaki dan satu gerakan tendangan kaki di bawah permukaan air. Kepala harus memecah permukaan air, sebelum lengan kembali melakukan putaran ke dalam dari bagian melebar.


Setelah kalian mempelajari peraturan perlombaan renang gaya dada menurut FINA. Selanjutnya kami sarankan untuk mempelajari materi lengkap renang gaya dada (swimming breaststroke) yang meliputi pengertiannya, teknik dasar renang gaya dada, sejarah dan manfaatnya.

Semoga artikel tentang peraturan renang gaya dada ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan SMP Kelas VII. Yudhistira.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR