Type something and hit enter

Posted by On
Judo adalah olahraga beladiri berasal dari Jepang. Tahukah Anda ternyata Judo memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sebagian orang mengatakan bahwa olahraga ini terbilang keras dan menyakitkan karena saling memukul dan menendang. Padahal, beladiri judo menyimpan keistimewaan tersendiri yang baik bagi tubuh para pejudo.

Manfaat Berlatih Bela Diri Judo Untuk Kesehatan Anda

Kalian penasaran kan, apa saja manfaat beladiri judo? Adapun manfaat yang Anda dapatkan saat belajar bela diri judo atau beladiri lainnya adalah sebagai berikut.

Baca juga: Judo [LENGKAP]: Pengertian, Teknik, dan Peraturan

1. Latihan fisik

Pelatihan intensif merupakan program yang sangat membantu Anda untuk lebih meningkatkan kebugaran kadiovaskular dan kekuatan ototnya.

2. Disiplin

Pelatihan seni bela diri Judo juga mengajarkan Anda untuk konsentrasi dan mengontrol diri. Banyak aliran beladiri yang mengajarkan teknik khusus dengan pelatih profesional untuk tetap 'fokus' pada penguasaan teknik yang tepat.

3. Menetapkan tujuan

Seni beladiri judo juga memiliki tujuan yang spesifik yang ketika Anda mencapai hal itu, Anda akan mencapai peringkat yang lebih tinggi. Peringkat ini sering dilambangkan dengan sabuk berwarna.

Hal ini akan merangsang dan melatih otak untuk menetapkan tujuan supaya mencapai sesuatu yang lebih tinggi.

Anda akan belajar untuk menghadapai tantangan baru dalam tiap tingkatan. Membagi semua pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat sedikit demi sedikit, yang memungkinkan Anda belajar untuk memprioritaskan tujuan tertentu sebelum dapat mencapai peringkat yang lebih tinggi.

4. Menghargai diri sendiri

Beladiri judo juga membuat Anda untuk lebih menghargai diri sendiri. Dengan seni bela diri, tantangan kecil yang berhasil dilewati membuat keahlian Anda semakin bertambah. Anda berhasil mengatasi tantangan karena mau berlatih keras. Dengan begitu, rasa percaya diri pun akan tumbuh dengan sendirinya.

5. Menghormati

Pelatihan beladiri Judo juga mengajarkan untuk saling menghormati orang dari sisi usia, pangkat, keahlian, dan pengalaman. Sabuk yang tinggi menunjukkan keahlian yang tinggi dan sekali Anda mencapai peringkat tertentu, Anda layak mengajarkan pengetahuan yang sudah didapat kepada orang lain. Dengan begitu,Anda akan belajar bagaimana caranya menghormati orang lain.

6. Keseimbangan

Manfaat yang Anda dapatkan dengan berlatih beladiri Judo adalah dapat membantu mengembangkan rasa keseimbangan dan juga memungkinkan untuk mempelajari teknik-teknik bagaimana mencegah cedera.

7. Belajar kemampuan

Pejudo akan belajar untuk berkonsentrasi penuh di bawah tekanan. Hal ini sangat penting karena nantinya akan menghadapi tekanan-tekanan tertentu.

8. Menghilangkan stress

Judo sangat baik untuk Anda yang sedang depresi. Beladiri Judo  mengajarkan teknik 'meditasi' sejak awal mulai latihan. Dengan latihan yang rutin, Anda dapat melepaskan energi negatif. Berkeringat adalah cara yang baik untuk meredakan amarah. Selain itu, beladiri ini juga membuat pemain berteriak untuk meningkatkan fokus dan bernapas setiap kali teknik dilakukan. Hal ini dapat bermanfaat untuk melepaskan ketegangan saraf dan energi.

9. Menjaga diri

Beladiri Judo mengajarkan untuk menjaga diri, bukan hanya dari serangan atau tindak kejahatan. Judo juga mengajarkan untuk mengendalikan diri sendiri.

10. Menyehatkan otot

Beladiri Judo ternyata juga bisa meningkatkan kekuatan otot. Kenapa bisa begitu? Karena teknik bergulat dalam Judo menggunakan seluruh bagian tubuh untuk bergerak dari bahu, dada, perut, leher, paha dan betis.

11. Menguatkan dan menyehatkan mental

Berlatih Judo juga bisa menguatkan mental dan rasa percaya diri seseorang. Selain itu, juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan menyehatkan otak pejudo. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian kepada 21 orang dewasa yang berlatih beladiri dengan 27 orang dewasa yang tidak pernah berolahraga untuk mengikuti tes kewaspadaan.

Para peneliti melihat egek dari latihan judo dalam jangka panjng memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih baik. Artinya, semakin lama seseorang berlatih beladiri, semakin besar tingkat kewaspadaannya.

12. Menurunkan berat badan

Dengan berlatih beladiri Judo juga bisa menurunkan berat badan Anda. Gerakan memukul tubuh dalam olahraga ini menguras banyak energi, sehingga kalori dalam tubuh terbakar.

13. Melatih perilaku baik

Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang berlatih beladiri, akan meraih nilai tes matematika yang lebih baik, begitu pula dalam tes perilakunya.

Baca juga: Sejarah Singkat Judo di Indonesia dan Perkembangannya (Lengkap)

Demikianlah artikel tentang manfaat berlatih beladiri judo untuk kesehatan yang diulas oleh Materi Olahraga. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Kompasiana
ezeepoints

0 komentar