Type something and hit enter

Posted by On
Sebutkan peraturan perlombaan renang gaya bebas menurut FINA? Gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di dalam air dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Renang gaya bebas (freestyle swimming) ini memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai yaitu: gerakan kaki, gerakan tangan, pernapasan dan lain-lain.

Renang gaya bebas memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda diantaranya yaitu: menambah tinggi badan, melatih otot, dan memperkuat pernapasan.

Sebelumnya MateriOlahraga telah membahas artikel tentang peraturan renang gaya dada menurut FINA.

Peraturan Perlombaan Renang Gaya Bebas

6 Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA
Peraturan Renang Gaya Bebas

Peraturan pertandingan renang yang dikeluarkan oleh FINA berlaku untuk kurun waktu tertentu dan selalu diperbaharui. Peraturan pertandingan renang yang lengkap dapat dipelajari pada buku peraturan renang (FINA handbook) yang berlaku pada kurun waktu yang bersangkutan.

Terdapat 6 (enam) peraturan-peraturan pokok renang gaya bebas adalah sebagai berikut.
  1. Seorang perenang yang berenang tinggal sendirian saja harus menyelesaikan seluruh jarak renang untuk mendapatkan kualifikasi.
  2. Seorang perenang harus finish dalam lintasan yang sama seperti pada waktu start.
  3. Dalam pertandingan, seorang perenang pada waktu berbalik hendaklah melakukan sentuhan fisik dengan ujung kolam atau lintasan. Pembalikan harus dilakukan dari dinding dan tidak diperkenankan mengambil langkah dari dasar kolam.
  4. Berdiri di dasar kolam sewaktu nomor pertandingan gaya bebas atau gaya bebas dari nomor pertandingan gaya ganti, tidak akan menyebabkan perenang terkena diskualifikasi, tetapi ia hendaklah tidak berjalan.
  5. Menganggu perenang lain dengan menyeberang ke lintasan lain atau mengganggu dengan cara lain, akan menyebabkan perenang tersebut terkenal diskualifikasi.
  6. Tidak seorang perenang pun diperkenankan menggunakan atau memakai alat yang dapat menyokong kecepatan, daya apung, atau daya tahannya sewaktu dalam perlombaan.

Nah, itulah tadi penjelasan artikel tentang peraturan internasional renang gaya bebas menurut FINA (Federasi Renang Internasional). FINA adalah organisasi perlombaan renang tingkat dunia yang telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Selanjutnya kalian harus mempelajari materi lengkap renang gaya bebas yang meliputi pengertian, teknik, sejarah, dan manfatnya.

Demikianlah artikel tentang peraturan renang gaya bebas. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan SMP Kelas VIII. Yudhistira

0 komentar