Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes Bagian Bola Kecil - Artikel kali ini membahas tentang Tenis Lapangan. Meliputi: peraturan dan manfaat.

Pada kesempatan sebelumnya, kami sudah pernah menulis artikel mengenai tenis meja, yaitu pengertian, sejarah serta teknik - teknik dasarnya. Namun ada hal yang harus anda ketahui selain dari itu. ingin tahu lebih lengkapnya lagi? berikut penjelasannya.

5 Peraturan dan Manfaat Tenis Lapangan


Peraturan Tenis Lapangan


1. Lapangan Tenis

Lapangan Tenis
Pada pertandingan internasional yang ditentukan oleh ITF, ukuran lapangan tenis adalah:
  • Untuk pertandingan tunggal, panjang lapangan tenis 23, 78 meter dan lebar 8, 23 meter  yang dibatasi oleh sebuah net.
  • Untuk pertandingan ganda, panjang lapangan tenis 23, 78 meter dan lebar 9, 60 meter (karena ditambah dengan garis alley) yang dibatasi oleh sebuah net.

2. Net Tenis

Net Tenis
Net adalah jarring pembatas untuk membedakan antara pemain yang satu dengan  yang lainnya. Net memiliki ukuran sebagai berikut:
  • Tinggi net bagian tengah 0, 914 meter
  • Tinggi net bagian ujung kiri dan kanan serta lebarnya 1, 07 meter

3. Raket Tenis

Raket Tenis
Ukuran raket tenis lapangan yang telah ditentukan ITF, ukuran raket tenis adalah:
  • Panjang raket 29 inchi
  • Lebar 12, 5 inchi

4. Jumlah Skor

Dalam pertandingan resmi tenis lapangan, ada tiga set (babak), tapi terkadang ada juga pertandingan yang berjumlah 5 set.

5. Penentuan Servis

Untuk menentukan siapa yang pertama melakukan servis duluan, biasa melalui sebuah undian yang dilakukan oleh wasit dengan menggunakan sebuah koin untuk ditebak.

Manfaat Tenis lapangan


1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan tapi malas berolahraga, olahraga ini sangat cocok bagi anda. Karena tenis lapangan adalah permainan yang asik dan juga dapat membakar banyak lemak dalam tubuh.

2. Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Percaya atau tidak, bermain tenis lapangan secara rutin dapat menambah umur anda, mengapa? Karena dengan bermain tenis, anda akan terhindar dari penyakit – penyakit yang berbahaya, yaitu jantung diabetes dan obesitas.

3. Menambah Kecepatan dan Refleks

Apabila anda secara rutin dan teratur melakukan olahraga tenis lapangan, akan bisa meningkatkan kecepatan gerak dan reflex yang bagus. Karena setiap gerakan dan tekniknya dapat memberikan anda manfaat tersebut.

4. Menambah Teman

Tenis lapangan adalah olahraga yang mengasikkan. Itu akan memperbanyak teman anda karena anda pasti akan berkomunikasi dengan lawan.

5. Meningkatkan otot tubuh

Dalam bermain tenis lapangan, dibutuhkan teknik – teknik untuk melakukan suatu pukulan yang kuat. Teknik dalam tenis lapangan ini dapat membuat otot anda terutama tangan menjadi besar dan kuat.

Baca juga: Tenis Lapangan - Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasar.


Demikianlah artikel hari ini tentang 5 Peraturan dan Manfaat Tenis Lapangan. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://olahragapedia.com/peraturan-tenis-lapangan
http://tokolahraga.com/5-top-manfaat-bermain-bulutangkis/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR