-->

Type something and hit enter

Posted by On
Materi Penjasorkes Bagian Bola Kecil - Artikel kali ini membahas tentang peraturan tenis lapangan dan manfaat tenis lapangan.

Pada artikel sebelumnya, Materi Olahraga telah membahas teknik dasar tenis lapangan beserta sejarah dan pengertiannya.

5 Peraturan dan Manfaat Tenis Lapangan

Peraturan Tenis Lapangan


1. Lapangan Tenis

Lapangan Tenis
Pada pertandingan internasional yang ditentukan oleh ITF, ukuran lapangan tenis adalah:
  • Untuk pertandingan tunggal, panjang lapangan tenis 23, 78 meter dan lebar 8, 23 meter  yang dibatasi oleh sebuah net.
  • Untuk pertandingan ganda, panjang lapangan tenis 23, 78 meter dan lebar 9, 60 meter (karena ditambah dengan garis alley) yang dibatasi oleh sebuah net.


2. Peralatan dan Perlengkapan 


Net 

Net Tenis
Net adalah jaring pembatas untuk membedakan antara pemain yang satu dengan  yang lainnya. Net memiliki ukuran sebagai berikut:
  • Tinggi net bagian tengah 0, 914 meter
  • Tinggi net bagian ujung kiri dan kanan serta lebarnya 1, 07 meter

Raket 

Raket Tenis
Ukuran raket tenis lapangan yang telah ditentukan ITF, ukuran raket tenis adalah:
  • Panjang raket 29 inchi
  • Lebar 12, 5 inchi

Kostum


Kostum tidak kalah penting untuk melengkapi permainan ini. Tidak boleh asal memilih kostum, disarankan memakai kostum dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Sepatu


Sepatu pun harus kita perhatikan, memilih sepatu tidak boleh sembarangan. Carilah sepatu yang khusus digunakan untuk bermain tenis lapangan.

4. Jumlah Skor


Dalam pertandingan resmi tenis lapangan, ada tiga set (babak), tapi terkadang ada juga pertandingan yang berjumlah 5 set.

5. Penentuan Servis


Untuk menentukan siapa yang pertama melakukan servis duluan, biasa melalui sebuah undian yang dilakukan oleh wasit dengan menggunakan sebuah koin untuk ditebak.

6. Teknik Permainan


Dalam bermain tenis lapangan, teknik permainan sangatlah penting. Setiap teknik permainannya menjadi bagian dalam peraturan permainan tenis lapangan. Gerakan tenis tidak boleh asal-asalan karena telah ada peraturan mengenai teknik-teknik tertentu itu. Untuk lebih jelasnya coba lihat teknik permainan tenis lapangan.


Manfaat Tenis lapangan


1. Dapat Menurunkan Berat Badan


Jika anda ingin menurunkan berat badan tapi malas berolahraga, olahraga ini sangat cocok bagi anda. Karena tenis lapangan adalah permainan yang asik dan juga dapat membakar banyak lemak dalam tubuh.

2. Mencegah Berbagai Macam Penyakit


Percaya atau tidak, bermain tenis lapangan secara rutin dapat menambah umur anda, mengapa? Karena dengan bermain tenis, anda akan terhindar dari penyakit – penyakit yang berbahaya, yaitu jantung diabetes dan obesitas.

3. Menambah Kecepatan dan Refleks


Apabila anda secara rutin dan teratur melakukan olahraga tenis lapangan, akan bisa meningkatkan kecepatan gerak dan reflex yang bagus. Karena setiap gerakan dan tekniknya dapat memberikan anda manfaat tersebut.

4. Menambah Teman


Tenis lapangan adalah olahraga yang mengasikkan. Itu akan memperbanyak teman anda karena anda pasti akan berkomunikasi dengan lawan.

5. Meningkatkan otot tubuh


Dalam bermain tenis lapangan, dibutuhkan teknik – teknik untuk melakukan suatu pukulan yang kuat. Teknik dalam tenis lapangan ini dapat membuat otot anda terutama tangan menjadi besar dan kuat.

Demikianlah artikel hari ini tentang 6 peraturan tenis lapangan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: olahragapedia
tokolahraga

0 komentar

 
close