Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes Bagian Atletik - Artikel kali ini membahas tentang Lempar Lembing. Meliputi: peraturan dan manfaat.

Berbicara soal lempar lembing, pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian, sejarah dan teknik dasar. Olahraga ini tidak sembarang asal lempar saja, namun harus disertai dengan teknik yang benar agar menghasilkan lemparan yang jauh. Di samping itu, lempar lembing juga memiliki peraturan dan banyak manfaat bagi tubuh. Untuk lebih detailnya, baca penjelasannya di bawah ini.

5 Peraturan dan Manfaat Lempar Lembing [LENGKAP]


Peraturan Lempar Lembing


1. Ukuran Lapangan


Lapangan Lempar Lembing
  • Lintasan awal dibatasi oleh sebuag garis yang memiliki ukuran 5 cm yang terpisah dengan jarak 4 m. Minimal, panjang sebuah lintasan yang dibutuhkan paling minimal 30 m dan maksimal 36, 5 m.
  • Lengkung pada lemparan terbuat dari bahan kayu yang diubah warnanya menjadi putih dengan panjang 7 cm.
  • Sudut lemparan tercipta dari dua garis yang sengaja dibuat dari titik pusat lengkung lemparan yang memiliki sudut 29 – 30 derajat.

2. Alat Lempar

Lembing
Lembing adalah alat yang digunakan sebagai media lempar dalam lempar lembing. Untuk ukuran panjang lembing putra berukuran 2, 6 m hingga 2, 7 m. Sedangkan untuk putri 2, 2 m hingga 2, 3 m. Lembing terdiri dari 3 bagian, yaitu mata terbuat dari bahan metal, badan terbuat dari kayu, dan pegangan yang dililitkan oleh tali agar mempermudah dalam melempar.

3. Jumlah Wasit

Dalam pertandingan resmi lempar lembing, ada dua wasit yang bertugas mengatur jalannya sebuah kompetisi. Yaitu juri 1 dan juri 2. Juri 1 bertugas untuk mengawasi dan memperhatikan lemparan para peserta sah atau tidak sah. Sedangkan juri 2 bertugas untuk mengukur hasil dari lemparan para peserta.

4. Penentuan Kemenangan

Untuk menentukan siapa yang memenangkan sebuah kompetisi lempar lembing, dilihat dari seberapa jauh peserta itu melempar. Siapa yang paling jauh melempar, dia yang akan menang, tapi harus disertai dengan teknik yang benar.

5. Aturan Pertandingan

Terdapat beberapa aturan yang berlakuk dalam kompetisi lempar lembing, diantaranya:
Dalam melakukan sebuah lemparan, para atlet di wajibkan memegang bagian lilitan tali yang sudah dibuat.
  • Para atlet diwajibkan melempar dengan posisi akhir lembing menancap pada tanah.
  • Lemparan diulangi lagi apabila pada saat melempar, kaki para atlet menyentuh garis pembatas.
  • Para atlet diwajibkan melempar melewati atas bahunya.
  • Dalam pertandingan resmi, jumlah lemparan yang diperbolehkan hanya 3 kali saja. Lemparan yang benar dan paling jauh, itu yang diambil.
  • Para atlet tidak boleh meninggalkan lapangan sebelum perintah dari juri.

Manfaat Lempar Lembing


1. Membuat Tubuh Lentur

Hal yang paling dibutuhkan dalam olahraga lempar lembing adalah kekuatan tangan dan teknik. Tapi untuk memaksimal lemparan juga dibutuhkan kelenturan tubuh. Dengan melakukan latihan olahraga ini secara rutin, akan meningkatkan kelenturan tubuh terutama tangan agar mempermudah dalam melakukan aktifitas sehari – hari.

2. Meningkatkan Otot Tubuh

Olahraga yang satu ini memerlukan seluruh anggota badan untuk memaksimalkan lemparan, dari kepala hingga kaki. Jika melakukan latihan lempar lembing secara terus – menerus, akan menguatkan otot – otot anda terutama bagian tangan.

3. Menambah Daya Tahan Tubuh

Dalam kehidupan sehari – hari, anda membutuhkan tenaga untuk melakukan aktifitas. Apalagi jika kegiatan yang anda lakukan berat, tentunya membutuhkan tenaga ekstra untuk menyelesaikannya. Untuk meningkatkan tenaga, anda dapat melakukan olahraga lempar lembing. Karena dengan olahraga ini, dapat meningkatkan kekuatan otot – otot anda.

4. Membakar Lemak

Meskipun terlihat sederhana, ternyata olahraga lempar lembing dapat membakar lemak. Karena olahraga ini sedikit memerlukan tenaga dalam melempar yang akan membakar lemak anda.

5. Mengurangi Resiko Cedera

Cedera adalah hal yang sering terjadi jika melakukan olahraga, apalagi yang berat. Tapi apabila anda melakukan lempar lembing secara rutin akan membuat tubuh anda fleksibel atau lentur yang akan mengurangi tingkat resiko cedera.

6. Membuat Tubuh Kembali Bugar

Melakukan latihan lempar lembing terus - menerus secara rutin, dapat membuat tubuh berkeringat banyak, yang akan membuat tubuh menjadi bugar kembali.

Baca juga: Pengertian Lempar Lembing & Sejarah, Teknik Dasar


Demikianlah artikel hari ini tentang 5 Peraturan dan Manfaat Lempar Lembing [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://manfaat.co.id/manfaat-olahraga-atletik-cabang-lempar-lembing
http://gurupenjaskes.com/peraturan-dalam-lempar-lembing
https://olahragapedia.com/peraturan-lempar-lembing

KLIK UNTUK BERKOMENTAR