Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkes Bagian Atletik - Artikel kali ini membahas tentang Lempar Lembing. Meliputi: pengertian, sejarah, dan teknik dasar.

Lempar lembing adalah olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Pada zaman manusia purba, sudah ditemukan alat seperti tombak untuk berburu. Dari sinilah awal dari olahraga lempar lembing dibuat. Apakah anda ingin tahu lebih lengkapnya mengenai lempar lembing? Jika ingin, baca penjelasan detailnya di bawah ini.

Pengertian Lempar Lembing & Sejarah, Teknik Dasar


Pengertian Lempar Lembing


Menurut beberapa para ahli:

Yudha M. Syahputra

Lempar lembing adalah sebuah keahlian manusia dalam melempar lembing dengan sejauh - jauhnya.

Soenarjo Basoeki

Lempar lembing merupakan salah satu nomor perlombaan dalam kelompok lempar di cabang atletik.

Wikipedia

Lempar lembing merupakan salah satu cabang dalam atletik. Olahraga ini dilakukan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu.

Munasifah

Lempar lembing adalah suatu olahraga yang terdapat 2 kata di dalamnya lempar dan lembing, lempar yaitu upaya yang dilakukan dengan membuang jauh - jauh, sedangkan lembing adalah sebuah tombak yang memiliki ujung yang tajam.

Jerver

Lempar lembing adalah gaya sentuhan tangan dengan memakai benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh – jauhnya.

Jadi, dari beberapa pengertian menurut para ahli, dapat kami simpulkan bahwa:

Lempar Lembing adalah salah satu cabang olahraga pada bidang atletik dengan melempar sebuah alat seperti tombak yang bernama lembing sejauh mungkin menggunakan teknik yang baik dan benar agar memenangkan pertandingan.

Sejarah Lempar Lembing


Sejarah Lempar Lembing
Pada zaman purba dulu, manusia mencari makan untuk bertahan hidup dengan cara berburu. Jika anda pernah melihat olahraga lempar lembing, terlihat seperti orang yang sedang berburu mencoba menombak mangsanya bukan. Maka dari itu, olahraga ini diyakini dan dipercaya sudah ada sejak zaman dulu.

Semakin bertambahnya umur, membuat manusia lebih berpikir cerdas. Tidak digunakan sebagai alat untuk berburu saja, tombak juga dipakai sebagai ajang kompetisi. Mereka diyakini sudah membuat suatu perlombaan, dimana barang siapa yang bisa menombak sesuatu dengan tepat dialah yang menjadi pemenangnya.

Sekitar abad ke 18 M, olahraga lempar lembing mulai dipertandingkan di sekitar Eropa dengan cara melempar sejauh mungkin dari tempat yang sudah ditentukan. Perlombaan demi perlombaan terus terjadi hingga olahraga ini terkenal di seluruh dunia. Hingga akhirnya pada tahun 1908, lempar lembing menjadi salah satu olahraga pada atletik di olimpiade.

Pada awalnya lempar lembing hanya diperuntukkan bagi kaum laki – laki. Tapi sering berjalannya waktu, pada tahun 1932, dibuatlah ajang kompetisi lempar lembing bagi kaum wanita karena sudah semakin banyak wanita yang berminat pada olahraga ini.

Sama halnya dengan semua cabang olahraga di bidang atletik lainnya, lempar lembing diatur oleh IAAF atau International Amateur Athletic Federation dengan beranggotakan 212 negara yang berpusat di negara Monako.

Teknik Dasar Lempar Lembing


1. Teknik Memegang Lembing


Teknik Memegang Lembing
Dalam memegang sebuah lembing, ada beberapa gaya yang dipakai oleh para atlet:
  • American Style, bagi anda para pemula yang baru saja ingin mempelajari lempar lembing, gaya ini sangat cocok karena mudah dilakukan. Cara melakukan nya adalah dengan memposisikan jari jempol dan jari telunjuk untuk saling bertemu pada bungkusan yang terdapat pada lembing.
  • Finlandia Style, sekilas gaya ini terlihat mirip dengan American style. Namun kenyataannya berbeda, cara melakukannya adalah posisikan jari jempol dan jari tengah bertemu pada bungkusanyang terdapat pada lembing dengan jari telunjuk berada sejajar dengan lembing.
  • Tank Style, gaya ini memang tidak begitu sering dipakai oleh para atlet, tapi bukan berarti tidak bagus. Cara melakukannya adalah jari telunjuk dan jari tengah menjepit lembing.

2. Teknik Membawa Lembing

Teknik Membawa Lembing

Seperti yang terlihat pada gambar, terdapat beberapa cara dalam membawa sebuah lembing. Yaitu dengan menaruh lembing di bahu dengan ujungnya mengarah ke atas, lurus ke depan, ataupun ke bawah.

3. Teknik Melempar Lembing

Teknik Melempar Lembing

Teknik terakhir dalam lempar lembing adalah melempar. Teknik ini bisa dibilang adalah yang paling penting dari semuanya, kenapa demikian? Karena jika lemparan yang anda lakukan benar, akan berpengaruh besar pada jauhnya jarak lemparan. Berikut caranya:
  • Saat melakukan lemparan pada lembing, tangan diharuskan tetap lurus tidak boleh ditekuk sampai akhirnya lembing terlempar.
  • Lakukan dengan cepat agar menghasilkan lemparan yang maksimal dan kaki juga ikut membantu untuk melakukan dorongan. 

Baca juga: Tolak Peluru (LENGKAP): Teknik Dasar, Peraturan, Manfaat.

Demikianlah artikel hari ini tentang Pengertian Lempar Lembing & Sejarah, Teknik Dasar. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi:http://blog-nya-newbie.blogspot.co.id/2015/02/mengenal-olahraga-lempar-lembing-cabang.html
http://www.pelajaran.co.id/2017/29/pengertian-lempar-lembing-aturan-teknik-dan-cara-lempar-lembing.html
https://olahragapedia.com/teknik-lempar-lembing
https://gudangpelajaran.com/lempar-lembing/
https://id.wikipedia.org/wiki/Lempar_lembing

KLIK UNTUK BERKOMENTAR