Type something and hit enter

Posted by On
Sejarah Renang di Dunia Singkat & Perkembangannya Lengkap

Sejarah renang di dunia secara singkat dan perkembangannya lengkap - Ternyata, boleh Anda percaya atau tidak, manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah. Hal yang membuktikannya adalah keberadaan lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu yang ditemukan di "gua perenang" yang letaknya berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, negara Mesir bagian barat daya.

Berenang juga telah ada sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno. Buktinya berdasarkan legenda-legenda tentang orang-orang yang telah melakukan renang dengan tujuan tertentu, seperti halnya Leander pada masa pacarannya dengan Hero. Ia berenang dikarenakan kekasihnya berada jauh di seberang Sungai Hellespont (Dardenelles) di Turki.

Kemudian, ada seorang kapten perang tentara Romawi, yaitu Horatius yang terluka saat berperang. Horatius lalu melarikan diri dari musuhnya dengan berenang menyeberangi Sungai Tiber.

Adapun olahraga renang dengan gaya seperti saat ini pertama kali diperkenalkan di Jepang melalui kejuaraan renang yang diselenggarakan disana. Pada tahun 1603, sekolah-sekolah di Jepang memasukkan olahraga renang sebagai pelajaran wajib.

Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak kejuaraan renang tingkat internasional selalu didominasi oleh perenang-perenang asal Jepang.

Meskipun manusia sudah melalukan gerakan renang sejak zaman dahulu, baru pada tahun 1800 di Eropa lah perlombaan renang pertama diadakan. Awal mulanya, ketika pada tahun 1538 seorang profesor bahasa dari Jerman, Nikolaus Wynmann, menulis buku yang pertama tentang renang, yaitu "Perenang atau Dialog Mengenai Seni Berenang" (Der Schwimmer oder ein Zwiegesprach uber die Schwimmkunst).

Sejak saat itu, mulai banyak orang yang mempelajari dan melakukan olahraga renang serta banyak juga dibangun kolam-kolam renang. Sebagian besar peserta renang pada waktu itu berenang dengan renang gaya dada.

Barulah, pada tahun 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Ia menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan.

Pada tahun 1896, renang mulai dipertandingkan dalam Olimpide Athena, Yunani. Saat itu hanya ada dua gaya yang dilombakan, yaitu gaya dada dan gaya bebas dan juga masih diikuti para perenang putra. Barulah pada tahun 1900 renang gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru. Selanjutnya tahun 1912 barulah perenang putri mengambil bagian di Olimpiade Stockholm.

Pada tahun 1908 persatuan renang dunia Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk. Empat puluh tahun setelah itu, tepatnya tahun 1952, renang gaya kupu-kupu pada awalnya hanya dianggap sebagai variasi gaya dada disahkan sebagai gaya renang tersendiri.

Demikianlah artikel kali ini tentang sejarah renang di dunia lengkap. Baca juga sejarah renang di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar