-->

Type something and hit enter

Posted by On
Olahraga Bowling: Pengertian, Sejarah, Teknik, Perlengkapan

Materi olahraga bowling atau boling ini membahas tentang pengertiannya, sejarah, teknik dasar, jenis-jenis bowling, perlengkapan, lintasan/lapangan dan lain-lain.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai permainan boling, yang dimulai dari pengertian bowling.

Pengertian Olahraga Bowling


Apa itu permainan bowling? Kata bowling berasal dari bahasa Inggris yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi boling. Apa yang dimaksud olahraga boling? Bowling adalah cabang olahraga/cabor yang berupa permainan dengan menggelindingkan bola khusus untuk merobohkan sejumlah gada (pin) yang berderet, dan kemudian dapat tertata kembali lagi secara otomatis.

Definisi bowling/boling menurut dictionary.com adalah satu dari beberapa permainan yang dimana pemainnya berdiri pada satu bagian ujung jalur menghadap beberapa objek yang berdiri di bagian ujung lainnya, khususnya sebuah permainan yang dimana bola yang cukup berat digelindingkan dari satu sisi diatas jalur kayu menuju pin kayu yang sudah disusun di ujung jalur lainnya.

Sejarah Bowling di Dunia


Bowling merupakan salah satu olahraga paling tua di dunia untuk saat ini. Sebuah versi tua dari bola dan pin yang mirip dengan permainan bowling saat ini, ditemukan di sebuah makam seorang anak di Mesir, yang berasal dari tahun 5200 SM.

Sejarahwan asal Jerman, William Pehle, mengemukakan bahwa bowling mulai muncul di negaranya sejak tahun 300 M. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa bowling menjadi budaya di Inggris pada tahun 1366, hal itu bisa diketahui ketika King Edward III melarang olahraga bowling untuk dimainkan agar memastikan pasukan fokus dalam latihan memanah. Dan bisa dipastikan bahwa boling juga populer pada masa pemerintahan King Hendry VIII.

Tidak diketahui secara pasti kapan permainan Ten-Pin Bowling berkembang, di awal tahun 1800 permainan ini menjadi hal yang umum di beberapa negara bagian seperti New York, Ohio, dan Illinois.

Kaum wanita baru mulai bermain bowling ada pertengahan abad 19, kongres Bowling Amerika pertama hanya untuk pria. Pada tahun 1917, kongres bowling internasional untuk wanita diadakan di St. Louis yang diprakarsai oleh Dennis Sweeney.

Teknologi bowling berkembang pesat di saat bersamaan. Bola-bola bowling menjadi hal pokok dari permainan ini, dan terbuat dari kayu yang sangat keras. Namun, pada tahun 1905, bola karet pertama 'Evertrue' diperkenalkan. Dan pada tahun 1914 perusahaan Burswck dengan sukses mempromosikan bola yang menggunakan material bernama 'Mineralite', dan memamerkan karet misterius dari bola tersebut.

Setelah semua inovasi-inovasi yang muncul, media 'merangkul' olahraga boling sekitar tahun 1950 dan NBC mengadakan "Bowling Championship', yang menjadi kejuaraan pertama yang ditayangkan di TV.

Saat ini, olahraga bowling telah dinikmati oleh 95 juta orang di lebih dari 90 negara di seluruh dunia. Di bawah naungan Federation Nationale des Quilleurs (FIQ - Federasi Bowling Internasional).

Teknik Dasar Bowling


Tak ada aturan khusus mengenai cara melemparkan bola bowling di sepanjang lintasan. Selama bola boling dilempar dengan posisi pemain tidak melewati garis batas, hal tersebut dianggap sah. Pemain boleh melempar bola boling dengan kedua tangan dan mengayunkannya dari antara kedua kaki, tapi cara tersebut cenderung banyak kekurangan dari segi tenaga lemparan dan gaya.

Pada umumnya, bola bowling dipegang menggunakan 1 tangan, dimana jari tengah, jari manis, dan ibu jari dimasukkan ke dalam tiga lubang ynag ada di bola boling. Oleh karena itu, pemain sebaiknya memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari-jarinya sehingga bisa masuk dengan mudah ke dalam lubang bola.

Untuk melakukan lemparan terbaik:
  • Pemain berdiri tegak
  • Posisikan bola di depan badan (kira-kira setinggi pinggang)
  • Menggunakan tangan satunya yang bebas untuk menopang berat bola bowling
  • Melangkah ke depan sembari menekuk sedikit lutut dan mengayunkan tangan yang memegang bola ke belakang setinggi bahu untuk mengumpulkan momentum
  • Lalu mengayunkan tangan ke depan sambil melepaskan bola bowling ke lintasan menuju 10 pin yang ada di ujungnya dengan tidak melewati garis batas.

Cara Melempar Bola Bowling


Berikut ini cara melempar bola bowling dengan benar:
  • Dekati garis pelanggaran
  • Saat dilepaskan dengan benar, jempol Anda seharusnya keluar terlebih dahulu, diikuti dengan jari yang lain. Ini seharusnya membantu merotasikan bola, yang seharusnya membantu kaitan dan pengangkatan bola saat menuruni jalur.
  • Usap/bersihkan tangan saat giliran selesai.

Jenis-Jenis Bowling


Bowling secara umum dibagi dalam beberapa jenis. Hal yang membedakan dari setiap jenis boling terletak pada bowling, bentuk pin, formasi pin, dan sistem skor. Tidak semua jenis permainan bowling dimainkan secara mendunia, beberapa hanya dimainkan di beberapa wilayah. Ten-pin bowling dan nine-pin bowling merupakan jenis pin bowling yang paling banyak dimainkan di dunia.

Berdasarkan arena permainannya dan cara bermainnya, bowling/boling dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

1. Pin Bowling


Permainan ini biasa dimainkan di dalam sebuah ruangan atau indoor, serta memiliki arena berupa jalur dimana tempat bola digelindingkan. Biasanya jalur yang ada terbuat dari lapisana kayu alami ataupun sintetis.

Jenis pin bowling sendiri mempunyai beberapa jenis lagi meliputi:
  1. Ten-Pin Bowling adalah jenis bowling yang dimana pemain (disebut bowler) menggelindingkan bola di atas sebuah jalur yang terbuat dari kayu atau bahan sintetis, dengan tujuan untuk mendapat poin dengan menjatuhkan pin di ujung jalur. Sesuai dengan namanya, jenis ini menggunakan 10 buah pin yang disusun membentuk piramid, dengan 1 pin berada di posisi paling luar.
  2. Nine-Pin Bowling: pin yang digunakan dalam jenis permainan bowling ini berjumlah 9 buah. Posisi peletakan pin berbentuk 'diamond shape' dengan tali tersambung dengan pin. Hal yang membedakan Ten-Pin Bowling dengan Nine-Pin Bowling adalah pada bentuk pin serta bola yang digunakan. Bola pada Nine-Pin Bowling berukuran kecil dan tidak ada lubang untuk jari.
  3. Five-Pin Bowling: jenis ini banyak dimainkan di negara asalnya, Kanada. Dari segi ukuran lajur yang digunakan pada jenis ini 25% lebih kecil dibandingkan dengan jenis Ten-Pin Bowling. Total pin yang digunakan berjumlah 5 pin dengan posisi peletakan pin membentuk huruf 'V'. Berbeda dengan kedua jenis pin sebelumnya, pada jenis ini terdapat lingkaran karet pada badan pin. Selain itu juga ukuran pin lebih kecil. 
  4. Duckpin Bowling: variasi lain dari Ten-Pin Bowling dan Candlepin. Jumlah pin adalah 10 buah, dengan bentuk pin triangular yang pendek dan diameter yang lebih besar. Bola yang digunakan lebih kecil dari Ten-Pin Bowling, tetapi lebih besar  jika dibandingkan dengan Candlepin. Bolanya juga tidak memiliki lubang untuk jari.
  5. Candlepin Bowling: cara permainan dan jumlah pin yang digunakan sama dengan Ten-Pin Bowling, yang membedakannya adalah bentuk bola dan pin yang digunakan. Bola untuk candlepin merupakan bola bowling paling kecil diantara jenis bowling bola lainnya dan pin yang digunakan pun berbentuk silinder dan tinggi, tidak seperti bentuk pin bowling pada umumnya.

2. Target Bowling


Target boling berbeda dengan pin boling, jenis bowling ini biasanya dimainkan di luar ruangan atau outdoor. Permukaannya terbuat dari rumput alami, bebatuan, pasir, atau kerikil. Selain itu, target utama dari permainan jenis ini bukan untuk menjatuhkan pin dengan menggelindingkan bola, melainkan dengan melempar bola  khusus sedekat mungkin dengan target.

Beberapa olahraga cabang dari jenis bowling ini antara lain bowls. bocce, carpet bowls, pentaque, dan boules.

Lintasan/Lapangan Bowling/Boling


Jalur bowling/boling sepanjang 18.288 meter. Area persiapan/pendekatan sepanjang 4.572 m. Jika bola masuk ke dalam parit dan melompat keluar dan mengenai pin, itu tidak dihitung.

Istilah Bowling / Bahasa Khas Boling


Berikut ini istilah-istilah dalam olahraga bowling:
  • Strike: ketika menjatuhkan semua pin pada percobaan pertama.
  • Spare: ketika menjatuhkan semua pin pada percobaan kedua.
  • Split: ketika bola pertama atau kesempatan pertama menyisakan 2 atau 3 pin yang saling berjauhan.
  • Turkey: 3 kali strike berturut-turut.
  • Open frame: jika ada pin yang tersisa setelah giliran pemain.

Jalannya Permainan Bowling


Dalam satu permainan bowling terdiri dari 10 susunan. Pemain bisa melempar bola dua kali dalam tiap susunan, selama ia tidak mendapatkan strike.

Penilaian Permainan Bowling


Jika pemain mendapatkan spare, ia seharusnya meletakkan tanda garis miring pada lembar penilaiannya. Setelah giliran berikutnya, ia akan mendapatkan 10 poin ditambah jumlah pin yang ia jatuhkan dalam giliran tersebut.

Jadi, jika ia menjatuhkan 3 pin setelah giliran pertamanya, ia akan mendapatkan 13 poin sebelum giliran keduanya. Jika ia menjatuhkan 2 pin pada giliran keduanya, ia akan mendapatkan total 15 pin untuk susunan itu.

Jika pemain mendapatkan strike, ia seharusnya menulis X pada lembar penilaiannya. Strike akan memberikan pemain 10 poin ditambah jumlah pin yang ia jatuhkan pada dua giliran pemain yag berikutnya.

Nilai paling besar yang bisa didapatkan oleh pemain adalah 300 poin. Ini melambangkan 12 strike secara berturut-turut, atau 120 pin yang dijatuhkan dalam 12 susunan. Permainan sempurna adalah 12 strike dan bukan 10, karena jika pemain mendapatkan strike pada susunan terakhir, ia bisa mengambil 2 giliran lagi. Jika kedua giliran itu juga strike, ia akan mendapatkan 300 poin.

Jika pemain mendapatkan spare pada susunan terakhir, ia akan mendapatkan satu giliran lagi

Perlengkapan Permainan Bowling


1. Bola Bowling


Berat bola boling 14-16 pon (7-8 kg) untuk pria dewasa dan 10-14 pon (6-7 kg) untuk wanita dewasa.

Peraturan umumnya adalah bola beratnya harus 10% dari berat badan Anda, jadi jika berat badan Anda 140 pon (70 kg), Anda seharusnya menggunakan bola dengan berat 14 pon (7 kg).

Ten-Pin Bowling


Permukaan bola harus rata tanpa ada gelombang dari pola dekoratif, kecuali pada lubang untuk jari dan penomoran untuk identifikasi ukuran lubang jari pada bola. Diameter bola bowling harus sama.
Lingkar bola bowling tidak boleh dari 27 inch dan tidak boleh kurang dari 26,7 inch, dan beratnya tidak boleh lebih dari 16 lbs (tidak ada batasan minimum berat.

Berikut berat bola secara umum:
  • 6 lb = 2.72 kg
  • 7 lb = 3.18 kg
  • 8 lb = 3.63 kg
  • 9 lb = 4.08 kg
  • 10 lb = 4.54 kg
  • 12 lb = 5.44 kg
  • 14 lb = 6.35 kg
  • 16 lb = 7.26 kg

Candlepin Bowling


Syarat maksimum diameter bola Candlepin adalah 4 1/2 inch (11 cm) dengan maksimum berat 1.1 kg, dana standar berat dari pin pada jenis ini sama dengan berat bola yang digunakan yaitu 1.1 kg, oleh karena itu jenis candlepin bowling merupakan jenis yang paling sulit dimainkan.

Duckpin Bowling


Berat bola duckpin berkisar antara 2 - 4 pounds (0.91 - 1.8 kg), dengan diameter maksimum 5 inch (13 cm). Bola duckpin sedikit lebih berat dari candlepin, namun sama-sama tidak mempunyai lubang untuk jari.

Five-Pin Bowling


Tidak mempunyai lubang untuk jari, dan mempunyai diameter berkisar anatara 4.75 - 5 inch (12.1 - 13 cm). Berat bolanya berkisar anatara 1.59 - 1.64 kg. Ukuran bola lebih kecil dan lebih ringan dapat digenggam oleh telapak tangan.

2. Sepatu Bowling


Berikut beberapa hal yang membedakan sepatu bowling dengan sepatu pada umumnya:
  • Sepatu pada umumnya terbuat dari bahan kulit dengan karet pada bagian dasar sepatu (sole).
  • Menggunakan tali sebagai alat untuk mengecangkan sepatu.
  • Untuk pemain yang bermain dengan tangan kanan, sole sepatu bagiana kiri dibuat menggunakan material kulit yang keras atau vinyl agar lebih licin. Sedangkan pada sole sepatu bagian kanan menggunakan mater karet yang tidak licin dan berguna untuk menghentikan pergerakan saat melempar.

3. Tas Bowling


Pada umumnya bola bowling milik pribadi dibawa dalam sebuah tas spesial, bersama dengan sepatu dan baju. Beberapa tas cukup besar untuk menaruh sepatu, dan yang lainnya dapat menampung beberapa bola, dapat berupa roller bag atau koper.

Manfaat Bermain Bowling


Berikut ini manfaat bermain boling untuk kesehatan Anda.
  1. Bowling membantu Anda meningkatkan kinerja otot.
  2. Membantu pembakaran lemak.
  3. Membantu Anda untuk mendapat teman baru.

Baca juga: Olahraga Anggar

Demikianlah artikel tentang permainan bowling yang meliputi pengertian, sejarah, teknik dasar, jenis-jenis, perlengkapan, lintasan/lapangan bowling dan lain-lain. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close