-->

Type something and hit enter

Posted by On

Setelah kamu mengetahui seluk-beluk tentang materi renang, sebelum mulai berenang, kamu harus tahu dulu peralatan renang bagi pemula yang perlu dipersiapkan atau yang biasa digunakan saat berenang agar kegiatan renang lebih menyenangkan dan berjalan lancar.


Alat-alat berikut ini akan membantu kita untuk belajar renang, cocok untuk pemula yang ingin belajar renang.


Apa alat yang dibutuhkan pemula saat berenang?

alat bantu renang pemula

Menurut Rizkiyansyah dan Mulyana (2019), dengan menggunakan bantuan peralatan renang, posisi badan seorang perenang di dalam air dapat membantu posisi tubuh menjadi streamline (seperti peluru) sehingga bentuk yang didapatkan mempunyai tahanan yang lebih kecil.


Sedangkan pendapat lain bahwa penggunaan alat bantu papan dalam pembelajaran renang dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas.


Baca juga: Materi Renang Singkat


Alat Bantu Renang Bagi Pemula dan Fungsinya


1. Ban

foto ban renang

Alat apa yang dipakai agar dapat mengapung di air? Salah satunya adalah ban.


Ban menjadi salah satu alat yang digunakan untuk membantu kita belajar renang. Dilihat dari bentuknya, peralatan renang ini seperti kue donat yang bolong di tengahnya. 


Digunakan agar kita bisa mengapung, dan biasanya pada bagian dalamnya harus diisi angin.


Untuk kamu yang belum pandai berenang, sebaiknya gunakan ban agar tidak tenggelam. Ban bisa kamu sewa atau beli di toko-toko olahraga.


2. Kacamata renang

kacamata renang

Berikutnya adalah kacamata renang. Peralatan satu ini penting baik bagi yang sudah mahir berenang ataupun belum bisa.


Kenapa? Karena alat ini digunakan untuk menutupi mata kita agar tidak terkena air secara langsung saat berenang, sehingga tidak perih dan iritasi.


Adapun jika kamu penderita rabun jauh, kamu bisa memakai kaca mata renang renang minus. 


Dan bagi yang mempunyai kaca mata renang mulai berkabut, bisa ditambahkan obat untuk diteteskan ke kaca mata renang. Namanya obat anti fog untuk diteteskan di kacamata renang, bisa kamu beli di toko alat-alat olahraga.


3. Kaki Katak

kaki katak

Kaki katak berguna untuk mempercepat renang gaya bebas. Dengan memakai ini, maka kecepatan berenang gaya bebas akan meningkat.


Kaki katak ini lebih sering digunakan sebagai perlengkapan saat seseorang ingin menyelap atau diving di laut.


4. Pakaian Renang

pakaian renang wanita

Jika hendak berenang sebaiknya gunakan pakaian renang yang baik dan benar. Jika menggunakan kaos dan celana pendek memperbesar resiko tenggelam.


Karena kaos itu kebanyakan terbuat dari katun. Saat terkena air, bahan katun menjadi berat sebab katun sifatnya menyerap air. 


Akibatnya, berat tubuh jadi bertambah dan susah untuk mempertahankan keseimbangan.


5. Papan Pelampung

papan pelampung

Ini digunakan bagi kamu yang mulai belajar berenang. Alat yang satu ini memiliki banyak kegunaan salah satunya untuk mengapungkan badan dan meluncur saat kita belum bisa berenang.


6. Pull Boy

pull boy

Alat ini lebih sering digunakan untuk kamu yang ingin belajar renang gaya kupu-kupu. Alat ini membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar renang gaya kupu-kupu.


Jadi dengan alat ini, kaki bisa terangkat ke atas permukaan air. Cara penggunaan alat ini dengan menjepitkan pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan kaki gaya kupu-kupu.


7. Hand Paddle

Hand Paddle

Alat ini digunakan untuk melatih dan memperkuat tangan (biasanya digunakan untuk renang gaya bebas). 


Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan telapak tangan kita ke dalam hand paddle dan mulailah berenang.


8. Penutup Kepala

penutup kepala renang

Penutup kepala termasuk peralatan yang penting digunakan. Berguna untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (misalnya terlalu banyak mengandung kaporit).


Selain itu, cocok buat kamu yang berambut panjang, ada baiknya gunakan penutup kepala agar rambut tidak menganggu dan menutupi pandangan saat berenang.


9. Rompi Pelampung (Life Jacket)

rompi pelampung

Pelampung jenis ini berguna untuk menjaga keselamatan saat melakukan kegiatan air maupun saat melakukan gerakan olahraga air termasuk renang.


Dengan menggunakan pelampung saat berenang membuat kamu lebih safety dan menjaga tetap terapung di atas air.


Rompi pelampung merupakan standar keselamatan yang selalu dipakai oleh anggota angkatan laut. Dengan kelebihannya memiliki daya apung yang lebih tinggi dibandingkan jenis baju pelampung lainnya.


10. Pelampung Pinggang (Swim Belt)

pelampung pinggang

Pelampung pinggang adalah pelampung dengan tali sebesar 2 inci yang pas saat digunakan di pinggang dan memiliki tali elastis di bagian belakang.


Ikat pinggang dapat mudah dipasang di pinggang dengan komponen klip yang dapat disesuaikan di setiap ujungnya. Pelampung ini dibuat untuk berbagai ukuran kolam renang.


Pelampung renang ini dirancang untuk mengambang, membuat tubuh dalam posisi vertikal yang tepat, hingga menghilangkan stress pada punggung bawah.


Swim belt ini banyak digunakan oleh para pemula maupun atlet perenang profesional bahkan juga pelatih renang.


11. Ear Plug


Ear plug dipasang di telinga yang berfungsi mencegah masuknya air ke dalam lubang telinga. Alat ini sangat mmembantu bagi pemula yang takut air masuk ke dalam telinganya.


12. Nose Clip


Nose clip memiliki fungsi yang sama dengan ear plug, jika ear untuk telinga maka nose untuk hidung, yaitu untuk melindungi lubang hidung agar tidak kemasukan air.


Baca juga: Macam-Macam Gaya Renang


Bagaimana? Sudah cukup kan pengetahuan yang sudah didapatkan tentang peralatan yang biasanya dipakai orang saat berenang.


Dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu renang berupa kaki katak, pelampung, paddle, pull boy sangat membantu daya apung sehingga dapat streamline dan dapat dengan mudah menguasai teknik dasar renang gaya bebas.


Dengan demikian perhatian belajar renang bisa terpusat pada teknik gerakan kaki dan gerakan lengan.

0 komentar

 
close