Type something and hit enter

Posted by On
Merampas bola (tackling) menurut Sukatamsi (1984:191-192) adalah teknik merampas bola dari lawan yang sedang menguasai bola. Untuk keberhasilan dalam merebut bola kecuali teknik merebut bola -nya sendiri, masih ditentukan oleh faktor keberanian, kekuatan dan ketenangan pemain.

Teknik menyapu bola (sliding tackle) sering dilakukan oleh pemain bertahan di dalam usahanya untuk mematahkan serangan lawan. Walaupun demikian sebaiknya semua pemain dapat melakukannya.

Teknik Merebut Bola dalam Sepak Bola

Herwin (2004:46) mengatakan, tujuan merebut bola adalah untuk menahan lajunya pemain menuju gawang pemain bertahan, menunda permainan yang cepat, menggagalkan serangan, dan menghalau bola keluar lapangan permainan.

Cara merebut bola menurut Herwin (2004:46), bisa dilakukan dengan berdiri, melayang atau teknik merebut bola sambil menjatuhkan diri baik dari depan maupun samping pemain, dan perhitungan waktu yang tepat agar bola benar-benar dapat direbut dan bukan merupakan sebuah pelanggaran.

Menurut Sucipto, dkk. (2000:34-35) pengertian merampas bola adalah upaya untuk merebut bola dari penguasaan lawan.

Arma Abdoellah, (1981:429) "yang dimaksud disini ialah merampas bola dari penguasaan lawan".

Baca juga: Sebutkan Macam-Macam Teknik Menghentikan Bola

Teknik Merampas Bola dalam Permainan Sepak Bola

Teknik Merampas Bola dalam Permainan Sepak Bola

Apa arti merebut bola? Menurut Subardi dan Andri Setyawan (2007:33) menyatakan tackling adalah keterampilan individu untuk bertahan yang digunakan untuk merebut bola.

Semua pemain harus mampu melakukan keterampilan ini dengan baik karena semuanya memiliki tanggung jawab untuk bertahan jika lawan melakukan serangan.

Subardi dan Setyawan (2007:33) menyatakan bahwa salah satu cara untuk merebut bola dari lawan adalah dengan melakukan tackling. Tackling dibagi atas tiga kategori yaitu, tackling membelok, tackling menyodok dan tackling meluncur.

Dari penjelasan diatas, maka penulis tarik kesimpulan, yaitu:

Merampas bola merupakan suatu teknik dasar bermain sepak bola agar menghentikan pola permainan dari tim lawan dan dapat menghambat pola penyerangan lawan yang mana dalam teknik ini memiliki bermacam pola yang dapat diterapkan dalam suatu tim.

Menurut  Sucipto, dkk. (2000:34) ada beberapa cara untuk merampas bola dari lawan diantaranya yaitu:

Baca juga: Teknik Menyundul Bola yang Benar dalam Sepak Bola

1) Teknik Merampas bola sambil berdiri


Merampas bola sambil berdiri pada umumnya dilakukan jika bola masih dalam jangkauan kaki. Merampas bola sambil berdiri dapat dilakukan dari arah samping dan arah samping dan arah depan.

Analisis teknik merampas bola sambil berdiri adalah sebagai berikut:
  • Menempatkan diri sedekat mungkin dengan lawan yang sedang menguasai bola.
  • Memperhatikan kaki dan gerak lawan.
  • Letakkan kaki tumpu di samping depan kaki lawan yang menguasai bola dan kaki tumpu ditekuk bagian lututnya sedikit.
  • Kaki yang digunakan untuk merampas bola diangkat sedikit ke belakang, kemudian ayunkan kedepan dan kenakan ketengah-tengah bola.
  • Dengan kaki bagian dalam/luar dan dengan menguatkan otot-otot kaki menahan bola dengan tekanan yang kuat.
  • Apabila lawan berdiri dengan kaki rapat, maka cepat-cepat kaki yang merampas bola menekan dan menarik bola sehingga bola bergulir di atas kaki lawan kemudian bola dikuasai.

2) Teknik Merampas bola sambil meluncur


Merampas bola sambil meluncur pada umumnya dilakukan jika di luar jangkauan kaki. Merampas bola sambil meluncur dapat dilakukan dari arah samping dan arah depan.

Analisis teknik merampas bola sambil meluncur adalah sebagai berikut:
  • Lari mendekati bola yang dikuasai lawan sehingga memungkinkan untuk meluncur ke arah bola.
  • Pada langkah terakhir kaki tumpu, lutut dibengkokkan dan titik berat badan direndahkan.
  • Kaki yang lain meluncur ke arah bola dengan kaki bagian dalam atau telapak kaki bola didorong kelusir penguasaan lawan.
  • Dengan bantuan tangan, badan direbahkan.

Terdapat dua teknik meluncur (sliding tackling), yaitu sebagai beirkut.
  1. Sliding tackling dengan kaki bagian luar. Cara melakukannya sebagai berikut: Dilakukan dengan sisi luar salah satu kaki dan kaki yang lain berada pada posisi di samping tubuh.
  2. Sliding tackling dengan kaki bagian dalam. Cara melakukannya sebagai berikut: Sliding dilakukan dengan melipat kaki kanan. Bola dijempit dengan sisi dalam kaki kiri, dan lutut ditekuk. Dan kaki kanan dilipat di bawah tubuh.

***

Sebutkan Macam-Macam Tackling dalam permainan sepak bola?


Pemain bertahan wajib menghadang pergerakan bola yang dibawa pemain lawan dengan cara menempatkan dirinya pada posisi yang tepat. Setelah itu, pemain bertahan berusaha mendapatkan bola yang datang dari arah depan menggunakan tenknik menghadang dan merebut bola (tackle).

Berikut ini beberapa macam teknik merebut bola/menghadang bola atau cara melakukan tackling yang benar dalam permainan sepak bola.

1. Tekel blok


Teknik ini bertujuan agar pemain dapat merebut bola tanpa kehilangan kendali pada kakinya. Langkah pertama yang dilakukannya adalah menjaga keseimbangan dengan menempatkan kaki kiri yang baik.

Ketika pemain lawan datang membawa bola dari arah depan, gerakan pemain lawan tersebut segera dihadang dengan cara menjatuhkan tubuhnya. Kemudian, gerakkan kaki kanan tegak lurus (kaki kanan yang bebas) secara cepat ke arah pemain lawan dengan tetap bertumpu pada kaki.

2. Tekel tusukan


Teknik ini dilakukan dengan cara menusuk bola dengan kaki. Sementara itu, bola sedang berada dalam penguasaan lawan. Dengan teknik ini, bola diharapkan dapat lepas dan menjauh dari kaki pemain lawan.

3. Tekel meluncur


Teknik ini merupakan jenis tekel yang cukup efektif untuk menghentikan serangan pemain lawan. Teknik ini dilakukan apabila posisi pemain cukup jauh dari daerah gawang, sementara pemain lawan sudah masuk ke daerah tendangan hukuman (penalty area).

Gerakan ini hampir sama dengan tekel blok atau tekel tusukan, hanya pemain harus bergerak meluncur terlebih dahulu untuk menghadang pergerakan bola yang dibawa pemain lawan karena jaraknya cukup jauh.

4. Gerakan membayangi


Teknik ini dipakai untuk mengantisipasi pemain lawan yang piawai melakukan teknik menggiring bola (dribble). Usaha yang dapat dilakukan dengan menjaga jarak pemain depan lawan dan daerah gawang sambil menunggu pemain tersebut berbuat kesalahan.

Untuk menahan pergerakannya, pemain dapat menekuk kedua lutut agak condong ke depan. Jangan bersikap kaku dalam mengikuti pergerakan pemain lawan. Hal itu karena pemain lawan akan mudah melewati dengan cara menabrakkan tubuhnya (body charge) atau melakukan beberapa teknik menendang bola melewati sela-sela kaki pemain yang menghadangnya.

Ia sebaiknya tidak lengah dan tetap berkonsentrasi penuh menunggu kesempatan untuk mengambil alih kendali bola.

Baca juga: Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Demikianlah artikel tentang teknik merebut, menyapu, merampas bola dalam permainan sepak bola dengan baik dan benar beserta gambarnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar