-->

Type something and hit enter

Posted by On
Gambar Lari Estafet

Materi lari estafet yang meliputi pengertian, sejarah, teknik start, peraturan, ukuran tongkat estafet, lapangan dan nomor lari estafet.

Atletik adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu nomor lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting.

Dalam satu regu lari estafet ada empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Pada nomor lari estafet ada kekhususan yang tidak akan Anda jumpai pada nomor lari yang lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari ke-1 kepada pelari berikutnya.

Sukesesnya lari estafet sangat bergantung dari kelancaran pergantian tongkat. Waktu yang dicapai akan lebih baik (lebih cepat) jika pergantian tongkat estafet berlangsung baik pula. Suatu regu lari estafet yang terjadi dari pelari-perlari yang baik hanya akan dapat memenangkan perlombaan, jika mampu melakukan pergantian tongkat estafet dengan sukses.

Berikut merupakan penjelasan mengenai pengertian lari estafet, sejarahnya, teknik dasar, peraturan dan lain sebagainya.

Pengertian Lari Estafet


Lari sambung atau lari estafet adalah lari beregu yang dilakukan oleh empat orang pelari. Lari ini dilakukan secara bersambung dan bergantian sambil membawa tongkat dari garis start sampai garis finish. Tongkat yang dipergunakan pada lari estafet biasanya terbuat dari kayu atau fiberglass.

Tujuan lari estafet untuk melatih kecepatan, keefisien diri, melatih kerjasama antar tim, dan mempererat hubungan antar tim.

Sejarah Lari Estafet


Sejarah lari sambung dimulai dari bangsa Aztek, Inka, dan Maya bertujuan untuk meneruskan berita yang telah diketahui sejak alma. Di Yunani, estafet obor diselenggarakan dalam hubungannya dengan pemujaan leluhur dan untuk meneruskan api keramat ke jajahan-jajahan baru. Tradisi api Olimpiade berasal dari tradisi Yunani tersebut.

Lapangan Lari Estafet


Lapangan Lari Estafet


Keterangan lapangan atletik lari estafet:
  • Lebar lintasan: 1,22 m
  • Tiang finish: tinggi 1,37 m, lebar 8 m dan tebal 2 cm
  • Start blok: berfungsi sebagai pijakan kaki pada saat berlari menggunakan start jongkok

Ukuran Tongkat Estafet

Gambar Tongkat Estafet

  • Panjang tongkat: 28 sampai 30 cm
  • Diameter tingkat: 38 mm
  • Berat tongkat 50 gram

Nomor Lari Estafet


Nomor lari sambung/estafet yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Dalam melakukan lari sambung bukan teknik lari saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga pemberian dan menerima tongkat di zona (daerah) pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

Nomor lari estafet untuk putra adalah 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter sedangkan untuk nomor lari estafet putri hanya 4 x 100 meter. Untuk kelompok junior adalah 4 x 50 meter. Setiap regu terdapat empat orang pelari. Pada dasarnya, lari estafet sama dengan lari cepat, tetapi dalam lari estafet terdapat upaya memberi dan menerima tongkat estafet.

Teknik Dasar Lari Estafet


Adapun teknik-teknik lari estafet secara garis besar ada tiga. Berikut penjelasan singkatnya.

Teknik Start Lari Estafet


Berikut ini cara start pada saat lari sambung/estafet.
  • Pelari pertama menggunakan teknik start jongok (crush start).
  • Pelari ke-2, ke-3, dan ke-4 menggunakan start melayang (flying start).

Cara Melakukan Lari Estafet


Adapun cara melakukan lari estafet atau lari sambung adalah sebagai berikut.
  • Pelari ke-1 berlari cepat, kemudian memberikan tongkat kepada pelari ke-2 yang telah menunggu pada posisinya.
  • Pada waktu pelari ke-1 menginjak batas yang telah ditentukan oleh pelari ke-2 (check mark), maka pelari ke-2 segera menerima tongkat dan berlari sampai kepada pelari ke-3. Begitu seterusnya sampai memasuki garis finish.

Keberhasilan akan dicapai dalam lari bersambung harus memiliki pelari-pelari tercepat dan mampu melakukan pergantian tongkat dengan sempurna.

Teknik Pergantian Tongkat Estafet


Pada lari sambung ada beberapa macam cara dalam pemberian tongkat estafet dari pelari kepada pelari berikutnya. Secara garis besar, pergantian tongkat estafet itu ada 2 macam, yaitu dengan melihat (visual) dan tanpa melihat (nonvisual).

Bagaimana caranya memberi dan menerima tongkat dalam perlombaan estafet? Teknik pergantian tongkat estafet ada dua cara, yaitu:
  1. Cara visual, artinya penerima tongkat melihat ke belakang pemberi tongkat. Cara seperti ini sangat baik digunakan untuk lari estafet jarak 4 x 400 meter. Pergantian tongkat estafet harus berlangsung di dalam daerah pergantian yang panjangnya 20 meter. Pergantian tongkat estafet di luar daerah pergantian akan terkena diskualifikasi.
  2. Cara nonvisual, artinya penerima tongkat tanpa melihat ke belakang ke arah pemberi tongkat. Cara ini sangat baik digunakan pada lari estafet jarak 4 x 100 meter.

Teknik Memberikan Tongkat Estafet


Anda juga harus mengetahui bagaimana teknik memberikan tongkat estafet yang benar. Berikut penjelasannya:
  • Berdiri tegak dengan salah satu kaki di depan.
  • Tongkat dipegang dengan tangan kanan pada ujung bawah.

Cara Memegang Tongkat Estafet


Cara memegang tongkat estafet harus dilakukan dengan benar. Memegang tongkat estafet yang kurang cermat dapat menyebabkan tongkat estafet lepas (jatuh).

Memegang tongkat dapat dilakukan dengan cara tongkat estafet dipegang oleh pemberi tongkat, ujung yang lain akan dipegang oleh penerima tongkat estafet berikutnya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Lari Estafet


  • Pemberian tongkat sebaiknya dilakukan secara bersilang, yaitu pelari ke-1 dan 3 memegang tongkat pada tangan kanan, sedangkan pelari ke-2 dan 4 menerima atau memegang tongkat pada tangan kiri.
  • Penempatan pelari hendaknya disesuaikan dengan keistimewaan dari masing-masing pelari. Misalnya, pelari ke-1 dan 3 dipilih yang benar-benar baik dalam tikungan. Pelari ke-2 dan 4 merupakan pelari yang mempunyai daya tahan yang baik.
  • Jarak penantian pelari ke-2, 3, dan 4 harus benar-benar diukur dengan tepat seperti pada waktu latihan.
  • Setelah memberikan tongkat estafet jangan segera keluar dari lintasan masing-masing. 

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai teknik lari sambung ini, bisa Anda baca pada artikel kami berjudul Teknik Lari Estafet beserta Gambarnya

Peraturan Lari Estafet


Adapun peraturan-peraturan perlombaan dalam lari estafet ada 10 macam peraturan. Anda bisa mengetahuinya pada artikel kami sebelumnya tentang Peraturan Perlombaan Lari Estafet

Demikianlah artikel tentang olahraga atletik lari estafet meliputi pengertian, sejarah, teknik start, peraturan, ukuran tongkat estafet dan nomor lari estafet. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close