Type something and hit enter

Posted by On
Tujuan artikel ini dibuat untuk Anda yang ingin mengetahui teknik dasar bulu tangkis singkat dan lengkap beserta penjelasan gambarnya.

Agar bisa bermain bulutangkis, seorang pemain harus bisa memukul kok atau shuttlecock, baik dari atas maupun dari bawah. Jenis-jenis pukulan yang harus dikuasai adalah servis, lob, dropshot, smash, netting, underhand, dan drive. Kesemua jenis pukulan tersebut harus dilakukan dengan menggunakan grip dan footwork yang benar.

Teknik Dasar Bulu Tangkis Lengkap beserta Gambarnya


Dalam olahraga bulu tangkis terdapat beberapa teknik dasar yang wajib kamu kuasai sebagai modal dasar atau modal awal menjadi seorang pemain bulu tangkis professional. Adapun teknik-teknik dasar dalam permainan bulu tangkis secara singkat dan benar beserta gambarnya adalah sebagai berikut.

1. Cara Memegang Raket

Cara Memegang Raket

Di dalam permainan bulutangkis ada beberapa macam cara memegang raket, antara lain:

a. Pegangan Geblok Kasur atau Pegangan Amerika


Cara memegang raket dengan pegangan Amerika: letakkan raket di lantai secara mendatar, kemudian ambillah dan peganglah sehingga bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar (Tohar, 1992:34).

b. Pegangan Kampak atau Pegangan Inggris


Cara memegang raket dengan pegangan Inggris: letakkan raket miring di atas lantai, kemudian raket diangkat pegangannya, sehngga bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan raket yang kecil atau sempit (Tohar, 1992:35).

c. Pegangan Forehand atau Pegangan Berjabat Tangan


Caranya adalah memegang raket seperti orang yang berjabat tangan. Caranya hampir sama dengan pegangan Inggris, tetapi setelah raket dimiringkan tangkai dipegang dengan cara ibu jari melekat pada bagian dalam yang kecil; sedang jari-jari lain melekat pada bagian dalam yang lebar (Tohar, 1992:36).

d. Pegangan Backhand


Cara memegang raket, letakkan raket miring di atas lantai kemudian ambil dan peganglah pada pegangannya. Letak ibu jari menempel pada bagian pegangan raket yang lebar, jari telunjuk letaknya berada di bawah pegangan pada bagian yang kecil. Kemudian raket diputar sedikit ke kanan sehingga letak karet bagian belakang menghadap ke depan (Tohar, 1992:37).

2. Footwork (Gerakan Kaki)


Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk bisa memikul dengan posisi baik, seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur.

3. Sikap dan Posisi


Sikap dan posisi berdiri di lapangan harus sedemikian rupa, sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu, dapat secara cepat bergerak ke segala penjuru lapangan permainan.

4. Hitting Position


Posisi memukul bola atau disebut juga dengan preparation. Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akan dilakukan. Karena itu, posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan baik dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

a. Overhead (atas) untuk right handed
  • Posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul.

b. Pukulan underhand (bawah)/net
  • Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kiri di belakang.
  • Lutut kaki kanan dibengkokkan, sehingga paha bagian bawah agak turun. Kerendaannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul. Sedangkan saat bola dipukul posisi kaki kiri harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit.

c. Untuk footwork maju-mundur.

5. Servis

Servis bulutangkis

Teknik dasar bulu tangkis servis. Dalam peraturan permainan bulu tangkis, servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik.

Dalam permainan bulutangkis, ada tiga jenis servis, yaitu servis pendek, servis tinggi, dan flick atau servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehand dan backhand. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaannya sesuai dengan situasi permainan di lapangan.

a. Servis Forehand


Servis Forehand Pendek:
  • Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan.
  • Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis.
  • Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.
  • Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok, untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan, dan pehatikan peralihan titik berat.
  • Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.

Servis Forehand Tinggi:
  • Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal.
  • Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
  • Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.
  • Perhatikan gerak ayunan raket. Ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan, harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus berlangsung kontinu dan harmonis.
  • Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok.
  • Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, dapat menguasai teknik servis forehand tinggi dengan sebaik-baiknya.

b. Servis Backhand


Jenis servis ini pada umumnya, arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis seorang pemain lawan. Dan kok sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net). Oleh karena itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda.
  1. Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki. Jangan lupa, sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.
  2. Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan, dengan irama gerak kontinu dan harmonis. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  3. Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.
  4. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan, sampai dapat menguasai gerakan dan keterampilan servis ini dengan utuh dan baik/sempurna.

Selain itu, perlu diperhatikan adanya peraturan servis. Berikut aturan bagaimana melakukan servis yang benar dan salah.

Servis yang benar:
  • Pada saat memukul, tinggi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket.
  • Perkenaan kok harus berada di bawah pinggang.
  • Kaki kiri statis.
  • Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.
  • Rangkaian mengayun raket, harus dalam satu rangkaian.
  • Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.

Servis yang salah:
  • Pada saat memukul bola, kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket.
  • Titik perkenaan kok, kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang.
  • Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan.
  • Kaki kiri melakukan langkah.
  • Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul.
  • Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus.
  • Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul.

6. Pengembalian Servis


Teknik pengembalian servis dalam permainan bulu tangkis sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Prinsipnya, dengan penempatan kok yang tepat, lawan akan bergerak untuk memukul kok itu, sehingga lawan terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya.
  1. Dalam permainan tunggal, sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan teknik pukulan keras dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan, atau dengan teknik "pukulan pendek" (drop pendek) ke sudut depan lapangan lawan.
  2. Hindari melakukan "smash keras", tatkala berdiri pada posisi di bagian belakang lapangan sendiri. Oleh karena, posisi pada saat itu kurang menguntungkan, apabila smash dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh pemain lawan.
  3. Dalam permainan ganda, seharusnya kok dipukul terarah cepat, dan arah pukulan senantiasa menukik jatuh ke lapangan lawan atau ke bagian tubuh lawan.

7. Overhead Clear/Lob

Pukulan Lob

Teknik dasar bulu tangkis lob. Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini, karena teknik pukulan lob ini mempunyai banyak kesamaan dengan teknik smash dan dropshort. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala, posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada bagian belakang lapangan.

Ada dua jenis overhead lob:
  1. Deep lob/Clear, bolanya tinggi ke belakang.
  2. Attacking lob/Clear, bolanya tidak terlalu tinggi.

8. Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash


Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash adalah bola overhead (di atas) yang dipukul di bagian belakang kepala (samping telinga sebelah kiri). Dibanding dengan overhead yang biasa, pukulan di belakang kepala ini relatif lebih sulit.

Karena untuk bisa melakukan pukulan (teknik) ini diperlukan ekstra kekuatan kaki, kelenturan, footwork yang biak, dan koordinasi. Biasanya pukulan ini dilakukan secara terpaksa karena untuk melakukannya harus dengan pukulan backhand.

9. Smash

Pukulan Smash

Teknik dasar bulu tangkis smash. Smash yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamnya untuk mematikan lawan.

Pukulan smash adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulu tangkis. Karakteristik pukulan ini adalah; keras, laju jalannya kok cepat menuju lantai lapangan, sehingga pukulan ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis.

Dalam prakter permainan bulutangkis, pukulan smash dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (king smash). Oleh karena itu pukulan smah dapat berbentuk:
  1. Pukulan smash penuh
  2. Pukulan smash potong
  3. Pukulan smash backhand
  4. Pukulan smash melingkar atas kepala.

8. Dropshot

Pukulan Dropshot

Dropshot atau pukulan potong adalah pukulan yang dilakukan mirip smash. Perbedaannya adalah pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshot yang baik adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tida melewati garis ganda.

Sikap persiapan awal dan gerak memukul tidak berbeda dengan pukulan smash. Dalam pelaksanaan dropshot adalah menempatkan kok pada sudut-sudut lapangan lawan sedekat mungkin dengan net, dengan variasi gerak tipu badan dan raket sebelum perkenaan raket dan kok, yang menyebabkan lawan terlebat mengantisipasi dan bereaksi atas datangnya kok secara mendadak.

9. Netting


Netting adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.

Pegang raket dengan jari-jari tangan (ruas jari tangan), pergelangan tangan tetap rileks, posisi kepala (daun) raket sejajar dengan lantai pada saat perkenaan raket dan kok yang harus diperhatikan selama proses pukulan jaring berlangsung. Di samping itu sikap dan posisi kaki tumpu harus tetap kokoh menapak di lantai, dengan lutut kanan dibengkokkan, sehingga tidak terjadi gerakan tambahan yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.

10. Return Smash


Return smash adalah pukulan yang lebih identik dengan pola pertahanan. Namun demikian pengembalian smash yang baik bisa menjadi serangan balik.

Jenis-jenis pengembalian smash:
  1. Pengembalian pendek, yaitu pengembalian dimana bolanya jatuh dekat net. Banyak terjadi pada permainan tunggal Tujuannya untuk memaksa lawan berlari jauh.
  2. Pengembalian drive (mendatar), lebih banyak dilakukan pada permainan ganda. Tujuannya untuk tidak memberi kesempatan lawan melakukan serangan.
  3. Pengembalian panjang, yaitu pengembalian bola ke arah belakang lagi. Pukulan ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain yang sudah terampil dan mempunyai pergelangan tangan yang kuat.

11. Backhand Overhead


Pukulan ini bisa dikategorikan paling sulit, terutama bagi pemain pemula. Karena secara biomekanik teknik pukulan ini selain menuntut koordinasi anggota badan yang sempurna, juga penguasaan grip dan timing yang tepat. Tanpa ketiga hal tersebut, tenaga besar sekalipun tidak bisa menghasilkan kualitas pukulan yang baik.

12. Drive

Pukulan Drive

Teknik bulu tangkis drive adalah pukulan cepat dan mendatar yang banyak didgunakan dalam permainan bulutangkis ganda. Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Pukulan ini menurut keterampilan grip, reflek yang cepat dan kekuatan pergelangan tangan.

13. Variasi Stroke


Setelah seorang atlet berhasil menguasai cara memegang raket, menguasai footwork, dan seluruh teknik dasar bulu tangkis dengan baik maka selanjutnya dapat membuat variasi pukulan.

Dengan kata lain, pada satu jenis posisi yang baik dapat melakukan beberapa pilihan pukulan. Misalnya pukulan overhead, selain lob dengan sedikit mengubah grip dan arah raket/putaran raket, bisa melakukan pada posisi underhand yang baik, selain melakukan netting bisa juga melakukan flick.

Itulah tadi 13 teknik dasar permainan bulu tangkis beserta penjelasannya. Bagi kalian yang ingin mengetahui materi lengkap bulutangkis silahkan baca di bawah ini.

Baca juga: Materi Permainan Bulu Tangkis Lengkap

Demikianlah artikel tentang teknik permainan bulu tangkis singkat dan gambarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar