Type something and hit enter

Posted by On
Setelah mempelajari beberapa teknik mengoper bola basket, selanjutnya yang kita perlu pelajari adalah cara menangkap bola basket. Dalam permainan basket, bola dioperkan dari satu pemain ke pemain yang lain, dalam kondisi yang seperti ini pemain harus mengetahui teknik menangkap bola basket yang baik dan benar sesuai dalam aturan yang terdapat dalam olahraga basket.

Baca juga: Materi Permainan Bola Basket: Peraturan, Ukuran Lapangan, dan Sejarahnya

Menangkap bola dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan, baik dalam keadaan berhenti, berjalan maupun dalam keadaan berlari. Dalam menangkap bola harus diperhatikan bola berada dalam penguasaan.

Cara Menangkap Bola Basket dengan Baik dan Benar

Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks (santai). Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.

Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam, yaitu cara menangkap bola basket di atas kepala dan cara menangkap bola basket di depan dada.

Teknik dasar menangkap bola basket tidak terlepas dari teknik dasar mengoper bola basket. Menurut Imam Sadikun (1992:90) teknik menangkap bola dalam permainan bola basket sebagai beirkut:
  • Sikap kaki berdiri kuat dengan dua tangan lurus ke depan dan kedua telapak tangan menghadap ke depan serta jari-jari tangan terbuka (kedua ibu jari tangan saling mendekat).
  • Setelah bola menyentuh ujung jari dan telapak tangan, bawalah bola ke dada dan tahanlah dengan mencengkeram bola yaitu, semua telapak tangan dan permukaan jari-jarinya menempel dengan bola di samping kanan dan kiri.
  • Selanjutnya kuasailah bola dengan baik sambil menunggu gerakan berkutnya (melempar, menggiring atau menembak).

Berikut ini disajikan ilustrasi gambar teknik menangkap bola dalam permainan bola basket:
teknik menangkap bola basket


Jelaskan cara menangkap bola basket? Teknik menangkap bola basket dapat dilakukan di atas kepala dan di depan dada.

Cara menangkap bola basket di atas kepala


Berdiri, pandangan mengarah pada datangnya bola. Tangkaplah bola dengan kedua tangan di atas kepala. Usahakan kedua jari-jari tangan dibuka dan rileks saat menangkap bola.

Cara menangkap bola basket di depan dada


Berdiri, pandangan mengarah pada datangnya bola. Tangkaplah bola dengan kedua tangan di depan dada. Usahakan kedua jari-jari tangan dibuka dan rileks saat menangkap bola.

Baca juga: Teknik Dasar Bola Basket beserta Penjelasannya

Demikianlah artikel 2 cara menangkap bola basket dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar