-->

Type something and hit enter

Posted by On
Menurut sejarah sepak bola yang pernah ditelusuri, sejarah sepak bola dunia pertama kali dimulai sejak peradaban kuno Romawi, Cina dan Yunani.

Pada abad pertengahan, sepak bola kemudian dimainkan dengan jumlah pemain yang tak terbatas. Bola yang dipakai dalam permainan sepak bola tersebut yaitu bola yang terbuat dari kulit binatang atau usus.

Pada abad ke-20, permainan sepak bola kemudian mulai memiliki peraturan-peraturan resmi untuk bisa menciptakan permainan yang dapat dinikmati oleh masyarakat dunia.

Sejarah sepak bola terbagi atas dua bagian yakni sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern.


Awal mula Sejarah Sepak Bola Kuno


Kalian pasti udah tahu olahraga sepak bola ini, permainan ini tidak asing lagi bagi kita, khususnya masyarakat Indonesia. Olahraga ini dimainkan dari anak-anak sampai dewasa. Tahukah kamu asal mula dari sepak bola? Ada berbagai versi yang menjelaskan awal mulanya, mulai dari Cina dan Inggris.

Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern)

Sejarah Sepak Bola Cina


Sejarah sepak bola kuno awal mulanya berasal dari negeri Tiongkok pada masa musim semi dan musim gugur, catatan tertua mengenai sepak bola ditemukan pada masa dinasti Tsin  (255-206 SM).

Dalam permainan sepak bola tersebut, jumlah pemain satu tim terdiri dari 6 orang , bola terbuat dari kulit binatang yang diisi rambut berdiameter 40 cm untuk jaringnya setinggi 10,5 m yang ditancapkan di tengah lapangan yang dikelilingi tembok.

Sepak bola saat itu bertujuan agar para tentara Cina tetap terlatih fisiknya sekaligus menjadi hiburan saat perayaan ulang tahun kaisar, adapun permainan sepak bola yang ada pada saat itu disebut sebagai tsu chu.

Sejarah Sepak Bola Inggris


Di Inggris sepak bola mulai dikenal sekitar abad ke 8. Namun, pada masa Raja Edward  April 1314 pemerintah Inggris melarang permainan tersebut, karena begitu banyaknya tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal yang tidak memiliki aturan yang begitu jelas.

Pada tahun 1369 Raja Edward III kemudian mencabut larangan tersebut dan kembali mengizinkan permainan sepak bola.

Walaupun sudah kembali diizinkan, rupanya mendapat larangan kembali oleh Ratu Elizabeth I di tahun 1572. Pelarangan tersebut dikeluarkan tanpa ada kompromi dengan disertai sanksi keras yang dimana barang siapa melakukan permainan sepak bola maka akan dihukum penjara.

Hingga akhirnya angin segar berhembus pada akhir tahun 1680-an, Raja Charless II segera mencabut larangan tersebut dan sekaligus memberikan perlindungan kepada siapapun yang ingin melakukan permaiann sepak bola di Inggris.

Di Yunani, permainan sepak bola telah dikenal 800 tahun SM dengan nama episkyro dan bharpastron, sedangkan di Jepang permainan sepak bola disebut sebagai "kemari".

Baca juga: Teknik Dasar Bermain Sepak Bola Terlengkap

Perkembangan Sejarah Sepak Bola di Dunia


Sejarah sepak bola di dunia sendiri bermula pada tahun 1580 Brovani Bahdi dari Italia dan Richard Mulcaster dari Inggris membukukan serentetan aturan sepak bola.

200 tahun kemudian Yoseph Strutt menyempurnakan aturan tersebut, sepak bola harus dimainkan 2 tim yang berebut bola untuk memasukannya ke gawang lawan yang terpisah jarak 70-90 meter.

Pada tahun 1863 peraturannya kembali disempurnakan lagi selain ada wasit, luas lapangan dan jumlah pemain di batasi. Sepak bola juga hanya memakai kulit binatang yang diisi oleh udara (Ina Hasanah 2009:3).

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Sepak Bola di Indonesia
tribunnews.com

Adapun sejarah sepak bola masuk ke Indonesia tidak lepas dari para pedagang Cina. Tercatat pada tahun 1915 sudah banyak terdapat klub sepakbola yang didirikan oleh warga Tionghoa. Pada tahun 1920 muncul klub sepak bola seperti UMS Surabaya dan Jakarta yang menjadi klub terhebat dalam sepakbola Hindia Belanda kala itu.

Sejarah sepak bola di Indonesia secara resmi terjadi sejak didirikannya induk organisasi sepak bola di Indonesia bernama PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Pendiri PSSI bernama Suratin Sosro Soegondo, ia merupakan alumni mahasiswa sekolah teknik tinggi di Heckelenburg Jerman, sepulangnya dari Jerman tahun 1928 ia bersama teman-temannya mendirikan PSSI.

Soeratin melihat sepakbola merupakan wahana terbaik untuk nasionalisme di kalangan pemuda sebagai tindakan untuk menentang penjajahan. (Ina Hasanah, 2009:7)

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah Sepak Bola Modern
kosovapress.com

Sejarah sepakbola modern dimulai di Inggris, ditandai dari berdirinya organisasi yaitu Football Association lewat pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepakbola di Inggris di Football Association Freemason's Tavern (London-Inggris).

Pada pertemuan tersebut, ditetapkan seri peraturan tunggal bermain sepak bola. Kemudian, peraturan tersebut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Selanjutnya, keempat asosiasi tersebut akan membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk dapat mengkoordinasi peraturan sepak bola dunia.

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan pesepakbolaan dunia, maka lahirlah Federation International de Football Association (FIFA). FIFA didirikan di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904.

Sebuah pertemuan yang telah digagas oleh dua tokoh sepak bola yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet tersebut kemudian dihadiri oleh tujuh negara yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan Belanda.

Negara-negara tersebut ditetapkan menjadi anggota FIFA yang pertama dimana diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis.


Demikianlah artikel hari ini tentang sejarah sepak bola singkat di dunia, Indonesia, sepakbola modern dan kuno terlengkap. Dalam setiap olahraga tentunya ada peraturan yang harus ditaati agar terbentuknya pertandingan yang adil. Dan terus dukung tim nasional (timnas) Indonesia dalam kancah internasional. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close